CV-GEN News

IBAN dan BIC, Rekening Euro Bagi Peserta Ferienjob

IBAN (International Bank Account Number) merupakan sistem standar penomoran rekening bank di Eropa. Sedangkan BIC (Bank Identification Code) atau bisa kamu sebut kode SWIFT merupakan kode untuk mengidentifikasi bank dan lembaga keuangan secara global.

Bagi kamu yang ingin mengikuti program Ferienjob, dua istilah di atas penting sekali untuk kamu ketahui. Karena nanti kamu akan mendapatkan gaji dengan mata uang euro. Kedua rekening di atas adalah rekening euro yang aman dan terpercaya. Nantinya, perusahaan akan mentransfer gaji kamu dan atas nama kamu sendiri dengan IBAN dan BIC.

Perlu kamu ketahui, bahwa gaji kamu tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Mengapa demikian? Karena gaji merupakan termasuk hal pribadi atau privasi kamu dan perusahaan. Jadi, para koordinator atau siapapun itu selain kamu, tidak memiliki hak dan tanggung jawab untuk mewakilkannya. Kamu perlu menyimpannya dan mengelolannya dengan sebaik mungkin.

Baca Juga : Ikut Ferienjob Boleh, Tapi Jangan Sampai Begini!

Gaji Hanya Bisa Ditransfer ke Rekening Euro

Gaji kamu tidak bisa ditransfer melalui rekening Indonesia atau dari mata uang lainnya. Jadi, hanya bisa atau wajib ke rekening euro (dengan IBAN dan BIC). Kamu harus membuka rekeningnya ke Jerman langsung. Untuk proses dan persetujuannya memang tidak mudah.

Namun, untuk layanan transfer uang, kamu bisa melakukannya dengan aplikasi WISE (Whistle Blowing System). Kamu tinggal mengunduhnya di Play Store. Untuk tips lengkap membuat rekeningnya, kamu bisa klik link https://youtu.be/M7M0NciQnqE. Tak hanya euro, aplikasi ini juga menyediakan untuk rekening USD, ASD, AUD dan masih banyak lagi. Selain itu, bisa lebih menghemat ongkos kirim.

Setelah kalian melakukan proses pendaftaran dan pembukaan rekening di aplikasi WISE, kalian akan mendapatkan sebuah kartu rekening. Kartu tersebut sangat berguna untuk kebutuhan transfer uang dari Jerman ke Indonesia.

IBAN dan BIC Lebih Unggul Mana di Indonesia?

Indonesia tidak mengenal IBAN. Karena IBAN hanya untuk bertransaksi dengan bank-bank di Eropa. Namun, Indonesia lebih mengenal BIC/SWIFT. Contohnya, SWIFT/BIC untuk Bank Central Asia (BCA) kantor pusat di Indonesia adalah CENAIDJA. Istilah SWIFT dan BIC itu sama saja di Indonesia.

Alasan mengapa BIC lebih terkenal di Indonesia adalah karena BIC sudah dapat menjangkau ke hampir seluruh dunia atau internasional, termasuk Eropa ke Asia.