Energi Nuklir di Jerman: Tak Mau Dihidupkan Kembali!?Picture in PxHere: Nuclear Energy

Energi nuklir, sekali lagi, menjadi pusat perdebatan di Jerman. Keputusan monumental untuk meninggalkan energi nuklir beberapa tahun lalu kini dipertanyakan kembali oleh sebagian pihak, terutama karena lonjakan harga bahan bakar di seluruh dunia. Meskipun Jerman telah mematikan tiga pembangkit terakhirnya tanpa drama politik yang berlebihan, tantangan baru muncul: mencari tempat penampungan akhir limbah atom yang aman dan memadai.

Baca Juga: Paspor Jerman Terkuat di Dunia, Memimpin Peringkat Pertama!

Beberapa Pihak Jerman Menginginkan Energi Nuklir Kembali

Partai-partai seperti CDU dan CSU mendorong agar pembangunan pembangkit nuklir baru dipertimbangkan sebagai respons terhadap kenaikan harga energi dan tantangan iklim. Mereka melihat energi nuklir sebagai solusi yang dapat mengatasi krisis energi yang sedang terjadi. Namun, pendukung energi terbarukan dan aktivis lingkungan menyoroti risiko yang terkait dengan teknologi ini, termasuk limbah radioaktif yang berpotensi membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia untuk ribuan tahun ke depan.

Perusahaan Energi di Jerman Menolak Tegas Energi Nuklir

Sementara itu, perusahaan energi di Jerman tetap skeptis terhadap kembalinya energi nuklir. Mereka telah beralih ke strategi energi terbarukan dan menekankan penolakan terhadap energi nuklir sebagai bagian dari visi mereka untuk masa depan yang berkelanjutan.

Di sisi lain, isu penampungan limbah nuklir menjadi fokus utama. Pembangunan tempat penyimpanan akhir limbah nuklir membutuhkan waktu dan biaya yang besar. Tidak hanya itu, penolakan dari masyarakat setempat juga menjadi hambatan serius dalam proses ini. Meskipun pemerintah Jerman telah mendirikan Badan Federal untuk Penyimpanan Akhir, tantangan dalam menemukan lokasi yang cocok dan meredam protes masyarakat tetap menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan.

Selain itu, biaya pembangunan dan operasional tempat penyimpanan akhir limbah nuklir juga menjadi perhatian serius. Perkiraan biaya yang tinggi membuat beberapa pakar energi meragukan kembali energi nuklir sebagai pilihan yang realistis. Dengan situasi ekonomi yang sulit dan keengganan perusahaan energi untuk berinvestasi dalam pembangkit nuklir, kembalinya energi nuklir di Jerman tampaknya hanya menjadi sebuah mimpi.

Meskipun beberapa negara seperti Cina, Prancis, dan Inggris memiliki rencana untuk membangun reaktor baru, progres pembangunannya masih terbatas. Negara-negara lain mempertimbangkan pengembangan reaktor berskala kecil, tetapi ini juga mengundang peringatan serius dari para ahli, terutama terkait dengan risiko proliferasi senjata nuklir.

Kesimpulan: Musnahnya Energi Nuklir di Jerman

Kesimpulan artikel menyoroti potensi pembangkitan kembali energi nuklir di Jerman yang dipicu oleh lonjakan harga energi global. Meskipun beberapa partai politik konservatif, seperti CDU dan CSU, mendorong pemulihan energi nuklir untuk menjawab tantangan iklim, hal ini tidak disambut antusias oleh sebagian besar perusahaan energi Jerman dan pemerintah. Tantangan utama dalam menghidupkan kembali energi nuklir adalah menemukan tempat penampungan limbah nuklir yang memadai, yang memerlukan investasi besar dan menghadapi penolakan masyarakat setempat. Dengan situasi ekonomi yang sulit dan penolakan dari perusahaan energi, kemungkinan kembalinya energi nuklir di Jerman terlihat sebagai sebuah mimpi yang tidak realistis di tengah kondisi saat ini.

Sumber Terkait: DW News

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan inovasi teknologi terbarukan di Jerman yang sangat bagus, ini sangat berguna bagi Anda yang mau belajar lebih luas!

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *