Duales Studium: Program Lanjutan Pilihan Setelah AusbildungFotografer: Tim Reckmann. Kata Kunci : masa depan , pengambilan keputusan , pelatihan , studi , kelulusan , surat keterangan meninggalkan sekolah , ijazah SMA , pilihan karir , memutuskan.

Duales Studium, konsep pendidikan yang unik di Jerman, membawa konsep pendidikan ke tingkat baru dengan menggabungkan pembelajaran akademis dan pengalaman kerja praktis. Dalam perbandingan dengan Ausbildung, di mana pendidikan vokasional khusus mendominasi, Duales Studium melibatkan kombinasi studi di universitas dengan terlibat dalam pekerjaan kantor. Ini bukan hanya sebuah program pendidikan; ini adalah peluang bagi individu untuk membangun landasan akademis mereka sambil mendapatkan wawasan langsung ke dalam dunia pekerjaan.

Baca Juga: Skor Bahasa Jerman: Berapa Angkanya untuk Ausbildung?

Persyaratan untuk Mendaftar Duales Studium

Dalam perjalanan menuju Duales Studium, persyaratan memegang peranan kunci. Tingkat bahasa Jerman minimal C1 adalah syarat utama, sementara memiliki ijazah SMA atau setara harus untuk mendaftar Studienkolleg terlebih dahulu ke universitas di Jerman. Pemohon juga harus untuk menyusun Surat Motivasi yang meyakinkan dan menyajikan CV atau Riwayat Hidup. Poin penting lainnya adalah pengalaman kerja terkait dengan jurusan yang Anda inginkan, meskipun tidak selalu menjadi syarat mutlak. Ini bisa menjadi nilai tambah yang membedakan pelamar di mata perusahaan.

Proses pendaftaran dapat Anda lakukan melalui universitas atau, namun lebih direkomendasikan, melalui situs web perusahaan yang menyelenggarakan program ini. Langkah ini memastikan bahwa pelamar mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang kebutuhan dan kultur perusahaan yang bersangkutan. Lowongan untuk program ini dapat Anda cari melalui berbagai platform online seperti StepStone, LinkedIn, Indeed, atau Monster, menggunakan kata kunci Duales Studium.

Jenis-Jenis Duales Studium dan Durasi Program

Duales Studium memiliki dua varian utama. Pertama, Ausbildungsintegrierende Studiengänge, adalah kombinasi antara program Ausbildung dan Duales Studium. Ini menghasilkan dua sertifikat sekaligus: sertifikat Ausbildung sebagai tenaga ahli dan gelar universitas. Durasi program ini cenderung lebih lama, mencapai 4,5 tahun untuk tingkat sarjana (Bachelor). Kedua, Praxisintegrierende Studiengänge adalah model klasik program ini dengan durasi program sekitar 3,5 sampai 4 tahun.

Proses mendaftar ke program ini membutuhkan perencanaan awal. Semester dimulai pada 1 Oktober atau 1 April setiap tahunnya. Penting untuk melamar di perusahaan yang menyelenggarakan program tersebut jauh sebelum semester dimulai. Ini juga memberikan peluang bagi pelamar untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan kultur perusahaan.

Gaji Duales Studium

Gaji dalam Duales Studium bervariasi tergantung pada perusahaan. Meskipun gaji biasanya lebih besar daripada Ausbildung, faktor seperti pajak, asuransi, dan biaya hidup harus diperhitungkan. Program ini menawarkan peluang besar untuk direkrut oleh perusahaan setelah lulus, namun, penting untuk diingat bahwa pemilihan universitas seringkali dibatasi oleh kerja sama perusahaan dengan institusi tertentu.

Studienkolleg

Pertanyaan umum yang sering muncul adalah apakah perlu Studienkolleg (studi kolokasi) sebelum mendaftar Duales Studium. Meskipun studkol dapat dihindari jika sudah memiliki gelar sarjana dan mendaftar di bidang yang sama, lulusan SMA kemungkinan masih memerlukan persiapan melalui studkol.

Website Info Lengkap Duales Studium

  1. DAAD
  2. Wegweiser
  3. Einstieg
  4. Studieren

Kesimpulan

Duales Studium memberikan peluang yang luar biasa bagi individu untuk menggabungkan keuntungan dari pembelajaran akademis dan pengalaman praktis di tempat kerja. Meskipun memiliki tantangan dan persyaratan khusus, program ini memberikan landasan yang kuat untuk membangun karier yang sukses. Keberhasilan dalam program ini bukan hanya tentang mendapatkan gelar universitas, tetapi juga tentang mempersiapkan diri untuk tantangan dunia kerja yang sesungguhnya.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

CVGEN Bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Yuk! Ikutan juga dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

Selanjutnya, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2.

Hubungi Silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *