CV-GEN News

Menjadi Crew Indonesia di Kapal Pesiar Dunia

Menjadi Crew Indonesia di Kapal Pesiar Dunia. Secara umum, kapal pesiar telah menyediakan posisi untuk bekerja sama seperti di dalam industri perhotelan. Pekerjaan ini bisa dipilih sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman. Namun, biasanya dipilihkan oleh user saat interview.

Perusahaan kapal pesiar sebagian besar hanya menyediakan “entry level position” bagi crew baru. Namun, tidak menutup peluang di posisi spesifik, hal ini karena mempunyai kemampuan dan pengalaman yang bagus.

Crew Kapal Pesiar Indonesia

Kerja di kapal pesiar merupakan cita-cita bagi sebagian orang. Selain mendapatkan gaji yang tinggi, juga bisa memperoleh kesempatan untuk mengunjungi berbagai macam negara secara gratis.

Menjadi crew di kapal pesiar tidak mudah, terkecuali memiliki keahlian khusus dan kemampuan yang baik sehingga bisa bekerja secara maksimal. Selain itu diperlukan kesabaran tinggi karena akan berada di samudera berhari-hari, bertemu dengan orang yang sama dan harus bisa melayani para tamu saat berlayar. Terdapat beberapa profesi untuk menjadi crew di kapal pesiar, antara lain:

1. Pelayan Kabin

Pelayanan kabin bertugas menjadi crew untuk membersihkan bagian umum dan kabin feri di kapal pesiar. Selain membersihkan, pelayan kabin juga bisa menerima laundry dari tamu. 

Pelayan kabin ini masuk ke dalam departemen housekeeping dan akomodasi di kapal pelayaran. Profesi sebagai pelayan kabin tidak membutuhkan pengalaman kerja, bahkan diketahui gajinya sekitar $1500- $2500 perbulan.

2. Manajer Restoran

Manajer restoran masuk ke dalam departemen food dan beverage. Tugas Manager Restoran, yakni mengatur operasional restoran. Selain itu, juga bertanggung jawab atas General Manager kapal pelayaran. 

Agar bisa menjadi crew kapal pesiar ini harus memiliki pengalaman di bidang restoran. Gaji dari manager restoran ini sebesar $2.500 hingga $3.500.

3. Dokter

Apabila berprofesi sebagai dokter dan ingin jalan-jalan keluar negeri, tidak ada salahnya bekerja sebagai dokter. Tugas dari seorang dokter adalah memberikan pengobatan untuk para tamu dan awak kapal. 

Syarat menjadi seorang dokter disini adalah harus memiliki lisensi dan berpengalaman. Gaji dokter di kapal pesiar sebesar $ 4,700 hingga $ 6,000 setiap bulan.

4. Pelayan Bar

Umumnya, pelayan bar bekerja di ruang Departemen makanan dan minuman. Pelayan bar ini akan melayani tamu bar, menyajikan minuman, serta melapor ke pengawas bar. Pelayan bar ini akan memperoleh gaji sekitar $1.900 hingga $3.000 perbulan. 

5. Activity Coordinator

Activity coordinator merupakan suatu pekerjaan yang mengatur dan menyusun rencana kegiatan untuk bersenang-senang. Seorang activity coordinator akan dituntut tidak hanya kreatif dan ramah, melainkan harus bisa membuat tamu senang dengan beragam kegiatan yang dirancangnya. 

Posisi activity coordinator ini harus memiliki pendidikan khusus dan berpengalaman minimal 4 tahun. Gaji seorang activity coordinator antara $2,100 sampai $2,700 setiap bulan.

6. Akuntan

Akuntan juga diperlukan di kapal pesiar, tugas akuntan ini mempersiapkan laporan keuangan. Seorang akuntan harus bisa melihat dan membaca neraca kesimbangan dan laporan laba rugi. 

Selain itu, bertanggung jawab dalam menganalisis pendapatan, pengeluaran dan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan. Gaji seorang akuntan hampir sama dengan gaji akuntan perusahaan di darat, yakni $3,300 hingga $ 3,700 setiap bulan.

7. Cruise Staff (Staf kapal pesiar)

Cruise Staff bertugas menolong semua kegiatan penumpang misalnya membantu tamu mengurus bagasi dan menyiapkan kebutuhan bagi tamu. Jadi tidak ada syarat khusus untuk menjadi Cruise staff, namun keberadaannya cukup penting. Gaji seorang Cruise Staff hanya sekitar $2,000 hingga $ 2,700 per bulan.

Itu saja beberapa informasi berhubungan dengan pekerjaan menjadi crew di kapal pesiar. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan kemudahan untuk menjadi crew.

8. Dan Masih Banyak Posisi Lainnya

Di atas kapal pesiar dunia, departemen departemen terbagi menjadi 3 departemen utama, yakni:

  • Hotel
  • Engine
  • Deck

Dan masing masing departemen membutuhkan sangat banyak crew. Untuk kapal pesiar dengan GT sebesar 69.000 misalnya biasanya membutuhkan sekitar 600 – 1000 crew pekerja di atas kapal.

Informasi Konsultasi dan Kursus Bahasa Inggris Gratis Bagi Calon Crew Kapal Pesiar

Untuk pemuda pemudi Indonesia yang hendak meniti karir sebagai crew kapal pesiar dunia namun masih bingung harus mulai dari mana?. cv-gen.com menyediakan kursus bahasa inggris gratis. Silahkan bergabung dengan grup WA Crew Kapal Pesiar.