CV-GEN News

Terbongkar! Ternyata Ini Cara Melamar Kerja di Kapal Pesiar

Bekerja menjadi crew di kapal pesiar merupakan sebuah impian banyak orang di dunia. Akan tetapi, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara melamar kerja di kapal pesiar?

Sebenarnya, melamar kerja di kapal pesiar itu sama saja seperti Anda melamar pekerjaan pada umumnya. Namun, kamu harus selalu memperhatikan beberapa hal penting sebelum melamar kerja menjadi crew di kapal pesiar, seperti operasional dan jam kerja kapal pesiar, serta kondisi kesehatan Anda.

Mengapa demikian, karena berkarir di kapal pesiar itu sangat berbeda dengan bekerja kantoran, ya. Kerja di kapal pesiar itu akan memakan waktu yang lumayan lama, bahkan berbulan-bulan di lautan. Masing-masing orang yang bekerja di kapal pesiar itu mempunyai jam kerja yang berbeda-beda setiap harinya.

Mungkin saja Anda akan bekerja full hingga tujuh hari dalam seminggu. Uniknya, Anda juga bisa saja memperoleh satu sampai empat bulan liburan atau cuti selama kontrak kerja berlangsung. Bukan hanya itu, Anda juga harus dapat bertahan selama berbulan-bulan di kapal tanpa berkomunikasi dengan dunia luar.

Nah, berikut di bawah ini kami sudah berhasil merangkum beberapa cara melamar kerja di kapal pesiar yang bisa kamu jadikan bahan referensi. Apa saja sih? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Cara Melamar Kerja di Kapal Pesiar

cara melamar kerja di kapal pesiar

1. Membuat Resume atau Curriculum Vitae (CV) Yang Menarik

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat CV yang menarik dan relevan untuk masing-masing lowongan kerja di kapal pesiar yang Anda targetkan. Pihak manajemen kapal pesiar umumnya akan lebih tertarik dengan palamar yang sudah mempunyai pengalaman kerja di bidang tersebut sebelumnya.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan atau menulis keterampilan yang Anda miliki pada masing-masing riwayat pekerjaan yang mengarah atau relevan dengan posisi yang Anda lamar di kapal pesiar tersebut.

Kalau ada, Anda juga bisa menuliskan daftar bahasa asing yang dikuasai, berikut dengan tingkat penguasaan Anda terhadap bahasa asing tersebut, misalnya pasif atau aktif.

Kalau Anda merasa bingung bagaimana cara membuat CV atau resume yang menarik untuk melamar kerja di kapal pesiar, Anda bisa menggunakan website Curriculum Vitae Generator dari CV-Gen!

2. Menulis Surat Lamaran Yang Meyakinkan

Buatlah surat lamaran pekerjaan Anda sekitar 500 kata (boleh kurang atau lebih), gunakan format cetak tebal untuk setiap pengalaman kerja, skill atau keterampilan, dan juga jenjang pendidikan yang bisa menunjukkan dan meyakinkan kalau Anda cocok bekerja di posisi itu.

Kalau misalnya Anda melamar lebih dari satu posisi, silakan tulis saja beberapa surat lamaran pekerjaan dengan format yang berbeda-beda tentunya.

3. Mengajukan Lamaran Pekerjaan Ke Banyak Perusahaan Kapal Pesiar

Anda bisa mengajukan lamaran pekerjaan ke beberapa perusahaan kapal pesiar sekaligus, baik ke perusahaan kapal pesiar besar maupun perusahaan kecil. Hal ini bertujuan agar memperbesar peluang lamaran kerja yang Anda ajukan bisa diterima.

Sebenarnya, kalau saja Anda mempunyai banyak pengalaman kerja yang berhubungan alias relevan dengan kapal pesiar, maka Anda memiliki peluang yang sangat besar untuk diterima di perusahaan kapal pesiar besar. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu nilai tambah buat Anda jika mempunyai pengalaman.

4. Menghubungi Penyedia Jasa Penyaluran Tenaga Kerja

Jika Anda benar-benar kesulitan mencari lowongan pekerjaan di website resmi kapal pesiar, Anda bisa menghubungi penyedia jasa penyaluran tenaga kerja untuk kapal pesiar atau situs web yang di rancang khusus untuk menampilkan lowongan kerja kapal pesiar. Tapi, Anda akan dikenakkan biaya tambahan untuk bisa menggunakan jasa tersebut.

Jasa penyaluran jasa tenaga kerja kapal pesiar ataupun website loker premium biasanya akan memungut biaya. Oleh sebab itu, silakan lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap perizinan dan keabsahan dari lembaga penyedia jasa atau situs web terkait, agar Anda tidak tertipu.

5. Menghubungi Bagian Perekrutan Tenaga Kerja di Perusahaan Kapal Pesiar

Kalau ternyata Anda belum mendapatkan kesempatan bekerja (tidak diterima) pada lamaran yang diajukan pertama kali, maka Anda bisa mengajukan lamaran berikutnya kembali dengan posisi yang lain.

Anda bisa meminta kepada pihak manajemen kapal pesiar untuk memperbaharui resume atau curriculum vitae Anda jika mempunyai keterampilan atau pengalaman kerja yang baru, ya!

Selamat mencoba, good luck!