CV-GEN News

Izin Bertanya, Biar Bisa Bekerja ke Kapal Pesiar, Syaratnya Apa Ajah?

Izin Bertanya, Biar Bisa Bekerja ke Kapal Pesiar, Syaratnya Apa Ajah?

Izin Bertanya, Biar Bisa Bekerja ke Kapal Pesiar, Syaratnya Apa Ajah? sering pertanyaan ini masuk ke chat personal message saya. Untuk bisa mengarahkan dengan benar, apa yang harus dilakukan agar bisa bekerja ke kapal pesiar dunia. Beberapa profil harus dipastikan sesuai dengan persyaratan yang sesuai dengan industri kapal pesiar dunia.

Berikut pertanyaan pertanyaan yang harus dibalikkan ke diri sendiri terkait seberapa besar kemungkinan orang Indonesia bisa bekerja ke kapal pesiar dunia? Mulai dari mana? Bagaimana caranya?

  1. Lulusan apa? Tahun berapa?
  2. Bisa bahasa Inggris?
  3. Pengalaman sebelumnya Apa?
  4. Lokasi di kota mana?

Lulusan Apa? Tahun Berapa?

Lulusan SMA sederajat ataukah Diploma atau sarjana. Seberpengaruh apa tingkat pendidikan pelamar? Akan berpengaruh ke lama pendidikan dan pelatihan. Misalkan saja jika sebagai pelamar, kandidat baru saja lulus SMA sederajat. Apakah dapat langsung bekerja ke kapal pesiar? tentu saja belum. Recruiter dan agency terpercaya yang menyalurkan tenaga kerja Indonesia ke kapal pesiar akan memastikan profil kandidat. Seberapa bagus pengalaman kerja. Terutama yang berkaitan dengan industri kapal pesiar.

  1. Baru saja Lulus SMA, pilihan paling masuk akal untuk kandidat dengan profil seperti ini adalah dengan lanjut pendidikan ke sekolah kapal pesiar yang memiliki review bagus, dan tidak ada riwayat scam atau menipu siswa. Untuk rekomendasi sekolah sekolah kapal pesiar terpercaya di Indonesia, bisa menghubungi +628115995950
  2. Sudah lama lulus SMA dan memiliki pengalaman kerja, jika telah memiliki pengalaman kerja di kapal departemen engine atau deck dengan sertifikat rating, maka tidak ada salahnya mencoba peruntungan ke kapal pesiar. Apakah hanya pelaut dari departement engine dan deck saja yang boleh langsung melamar?. Tentu saja untuk kandidat yang memiliki pengalaman di hotel di darat, sangat berpeluang mendaftar melamar sebagai crew di atas kapal pesiar.
  3. Baru saja selesai kuliah dengan gelar sarjana atau diploma
  4. Sudah lama bergelar sarjana dan sudah memiliki pengalaman kerja

Bisa Bahasa Inggris?

Faktor paling penting adalah kemampuan berbahasa inggris untuk bisa ikut berlayar sebagai kru kapal pesiar.

Apa yang harus saya lakukan jika belum bisa bahasa Inggris?

  1. Solusi paling ekspres dan tepat sasaran adalah dengan memanfaatkan kelas intensif bahasa inggris yang sudah terbukti, berlokasi di kampung inggris, pare, Jawa Timur
  2. Beberapa sekolah kapal pesiar di Indonesia juga menyediakan bahasa inggris belajar insentif sebagai salah satu dari bagian kurikulum belajarnya

Lokasi di Kota Mana?

Tidak semua kota di Indonesia memiliki tempat pelatihan yang bisa memfasilitasi pelatihan crew kapal pesiar. Berdasar data kami, sekolah sekolah dan tempat pelatihan kapal pesiar di Indonesia tersebar di berbagai kota berikut:

  • Jogjakarta
  • Solo
  • Tegal
  • Lampung
  • Makassar
  • Purwakarta

Apakah ada sekolah dan tempat pelatihan kapal pesiar di kota lain?. Daftar kota kota di atas adalah lokasi sekolah yang kami telah verifikasi dan terbukti bukan scam. Banyak keluhan dan complain yang bertebaran di internet serta datang dari orang orang dekat bahwa penipuan terhadap calon siswa dan kandidat yang hendak melamar kerja sebagai pelaut mulai sangat meresahkan.

So, please always be careful

Selanjutnya Bagaimana?

Jika sudah memiliki profil komplit:

  • Bahasa Inggris OK
  • Pengalaman sebgai pelaut atau sebagai crew hotel di darat

Maka selanjutnya adalah mengirimkan lamaran ke agency terpercaya di Indonesia yang khusus menangani recruitment kapal pesiar.

  • Persiapkan CV (Curriculum Vitae) yang sesuai
  • List daftar agency terpercaya khusus kapal pesiar di Indonesia, baik website, email, nomor telepon, sosmed fanpage dan IG, kemudian, lamaran mulai dikirim ke setiap agency
  • Follow up dengan telepon
  • Follow up terus sampai mendapatkan update positif