CV-GEN News

5 Biaya Penunjang Kuliah di Luar Negeri, Wajib Diperhitungkan di Awal!

Kuliah di luar negeri membutuhkan persiapan biaya yang matang untuk berbagai keperluan selama di sana. Kebanyakan mahasiswa hanya memperhitungkan biaya hidup dan biaya kuliah, padahal masih ada biaya lain yang tidak kalah penting buat di persiapkan. Sudah tahu belum apa biaya penunjang kuliah di luar negeri? Kalau belum paham silahkan Anda simak pembahasan berikut.

Biaya penunjang di butuhkan untuk kelancaran studi Anda. Oleh karena itu, tidak boleh di sepelekan begitu saja dan sudah seharusnya di persiapkan dengan baik. Apabila Anda tidak memahami dari awal, kemungkinan besarnya kaget setelah menempuh pendidikan di negara tujuan.

Tanpa panjang lebar, langsung saja Anda simak beberapa biaya penunjang kuliah di luar negeri yang penting.

Berbagai Biaya Penunjang Kuliah di Luar Negeri yang Harus Diketahui

biaya penunjang kuliah di luar negeri

1. Buku Kuliah

Buku kuliah di butuhkan sebagai syarat utama untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Selama Anda menempuh studi, pastinya ada begitu banyak buku kuliah yang perlu di beli. Setiap mata kuliah bisa membutuhkan beberapa buku sekaligus.

Sebagai contoh, Anda mengambil jurusan sastra. Kemungkinannya adalah Anda membutuhkan novel untuk menunjang beberapa mata kuliah.

Setiap bidang studi pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, begitupun dengan harga buku yang di butuhkan. Untuk mengantisipasi biaya besar, Anda bisa bergabung ke forum jual beli buku bekas.

Ketika Anda sudah menentukan jurusan kuliah, pastikan mempersiapkan dana ini.

2. Peralatan Kuliah

Selama berkuliah, nantinya Anda butuh beberapa peralatan penunjang. Khususnya ketika Anda mengambil jurusan yang bersifat praktikal. Sebut saja Tata Boga dan Desain.

Sebagai mahasiswa di jurusan praktikal, Anda perlu menganggarkan dana khusus untuk membeli peralatan kuliah.

Sebagai contoh, Anda mengambil jurusan desain interior. Maka perlu membeli perkakas dan materi untuk membuat model rumah. Begitupun dengan mahasiswa tata boga, maka perlu membeli peralatan dapur yang di gunakan untuk praktek memasak.

3. Print

Jika bicara tentang mahasiswa, pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya ngeprint. Apalagi sekarang ini para dosen biasa membagikan tugas dan materi kuliah secara online. Nah, mahasiswa perlu ngeprint file tersebut.

Meskipun biaya per lembar murah, namun jika Anda perlu ngeprint banyak dokumen dan rutin maka biayanya lumayan besar lho.

Untuk memangkas pengeluaran, mungkin bisa mempertimbangkan membeli printer sendiri. Ini bisa menjadi investasi jangka panjang selama Anda berkuliah di luar negeri. Bisa juga menawarkan jasa print kepada teman kampus untuk menambah pundi-pundi penghasilan.

4. Kunjungan Lapangan

Biaya penunjang kuliah di luar negeri berikutnya adalah kunjungan lapangan. Namun, tidak semua jurusan kuliah memiliki aktivitas ini. Biaya yang di butuhkan untuk kunjungan lapangan tidak murah. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan sejak awal.

Agar lebih jelas, maka perlu menanyakan kepada pihak kampus apakah jurusan yang di pilih memiliki kunjungan lapangan atau tidak. Jika ada, jangan lupa menanyakan juga biaya yang mesti di keluarkan.

Sebagian universitas di luar negeri membebankan biaya tambahan kepada mahasiswa yang mengikuti kunjungan lapangan. Sementara itu, sebagian lagi memasukkannya ke dalam biaya kuliah.

5.  Biaya PC

Sebagai calon mahasiswa alangkah baiknya Anda mempersiapkan laptop atau komputer sendiri. Sebab, ada banyak sekali kegiatan yang membutuhkan laptop sebagai penunjang utama. Mulai dari mengerjakan tugas sampai membuat laporan.

Universitas di luar negeri memang sudah menyediakan komputer untuk dipakai bersama-sama mahasiswanya. Namun, agar lebih lancar dan nyaman tentu lebih baik memiliki laptop atau komputer sendiri.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai lima biaya penunjang kuliah di luar negeri yang perlu Anda ketahui. Mempersiapkan sejak awal tentu akan membantu Anda lebih siap memenuhi kebutuhan selama menempuh studi.

Untuk mendapatkan berbagai informasi menarik tentang kuliah di mancenagara dan karir profesional, Anda bisa membuka halaman website cv-gen.com. Setiap harinya selalu ada artikel menarik yang akan menambah wawasan Anda tentang karir dan pendidikan internasional.