CV-GEN News

Perkiraan Biaya Hidup di Singapura, Calon Pekerja & Pelajar Wajib Tahu!

Berapa biaya hidup perbulan di Singapura? Pertanyaan ini senantiasa melintasi pikiran banyak orang. Baik itu mereka yang ingin memulai karir dengan merantau ke Singapura atau menempuh pendidikan disana. Bagaimanapun, biaya hidup di Singapura wajib Anda perhitungkan supaya tidak kaget nantinya. Sekaligus bisa menjadi tolak ukur apakah memang gaji bekerja di Singapura yang diterima sesuai ekspektasi atau tidak.

Mengutip informasi dari CEOWORLD Megazine, Singapura menempati posisi ke-4 sebagai kota termahal di dunia. Ia berada di bawah Zurich, Paris dan Hongkong.

Dengan fakta tersebut, Anda harus memperhitungkan kembali biaya hidup di Singapura. Jangan hanya tergiur dengan gaji yang besar saja, namun harus memastikan masih ada sisa.

Daftar Estimasi Biaya Hidup di Singapura Yang Harus Anda Tahu!

biaya hidup di singapura

1. Tempat Tinggal

Hal pertama yang harus Anda tahu adalah biaya tempat tinggal di Singapura. Harga sewa apartemen bervariasi, tergantung tipe dan lokasi di mana apartemen tersebut. Sebenarnya inilah yang membuat biaya hidup di Singapura menjadi tinggi.

Terdapat 2 tipe apartemen di Singapura, yaitu Condo dan HDB. Condo adalah tipe apartemen dengan segudang fasilitas komplit, seperti kolam renang, tempat gym dan sebagainya. Sementara itu, HDB merupakan apartmen subsidi yang di berikan kepada penduduk lokal. Sehingga fasilitasnya terbatas dan lebih murah.

Untuk tipe apartemen studio di pinggiran kota sekitar SGD 1200. Harga tersebut masih bisa di kurangi dengan cara memilih tipe landlord atau berbagi bersama orang lain. Maka masih bisa mendapat harga SGD 600-800 di pinggiran.

Sementara itu, apartemen di perkotaan harga sewa 1 kamar mencapai SGD 1,400. Sedangkan untuk 1 unit sekitar SGD 2.000 – 2.500.

Selain lebih murah, tinggal di landloard biasanya bebas dari biaya listrik dan sebagainya. Sementara itu, jika memilih unit sendiri harus menyiapkan biaya lain-lain.

2. Biaya Makan di Singapura

Sebenarnya, biaya makan di negara Singapura tidaklah mahal. Tentu saja harus pandai memilih tempat makan untuk dipilih. Salah satu pilihan terbaik adalah Hawker’s Center. Ini mirip seperti foodcurt yang menyediakan berbagai macam makanan.

Untuk satu kali makan di Hawker’s Center berada di range harga SGD 4-6. Lain cerita jika Anda pergi ke restoran, satu porsinya bisa mencapai harga SGD 10-20.

Bagi penggemar kopi, harganya antara SGD 5-6. Tipe fast food semacam KFC dan McDonalds satu set seharga SGD 10.

3. Harga Kebutuhan Sehari-Hari

Barang makan sehari-hari bisa Anda beli di pasar atau mall, sesuai keinginan saja. Salah satu mall yang memiliki banyak cabang di Singapura adalah NTUC Fairprice.

Di bawah ini adalah gambaran harga untuk bahan pangan sehari-hari:

  • Tomat 600 gr: SGD 1.8
  • Susu segar 2 liter: SGD 6
  • Telur 10 biji: SGD 2
  • Nasi 5 kg: SGD 8
  • Indomie 5 bungkus: SGD 2
  • Ayam 300 gram: SGD 3

4. Biaya Transportasi Umum

Sebagaian besar pelajar dan pekerja di Singapura memanfaatkan transportasi umum untuk kebutuhan akomodasi sehari-hari. Di sana tersedia MRT dan bus yang pelayanannya cukup baik.

Agar lebih hemat dan mendapat potongan harga, Anda disarankan membeli kartu EZ-Link. Untuk bis yang jarak tempuh kurang dari 5 KM, biayanya sebesar SGD 1. MRT juga berada di sekitar SGD 1-2.

Tersedia pula Grab yang di patok seharga SGD 6 untuk jarak dekat. Tarif dasar taksi di mulai SGD 4 dan di tambah 0,7 per kilometer.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai biaya hidup di Singapura. Yang dibahas diatas hanya biaya untuk kebutuhan primer, belum termasuk belanja, liburan dan pengeluaran sekunder lain. Besaran biaya yang mesti Anda bayarkan kembali lagi menyesuaikan gaya hidup masing-masing.

Setelah mengetahui biaya hidup dan mantap ingin merantau ke Singapura, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu lowongan pekerjaan di Singapura lewat cv-gen.com. Bukan hanya menyediakan informasi seputar lowongan pekerjaan, tersedia pula hal lain yang berkaitan dengan negara Singapura. Seperti budaya kerja di Singapura, persyaratan kerja, macam-macam visa kerja di Singapura dan lain sebagainya.