CV-GEN News

3 Macam Visa Bagi Orang Asing Agar Bisa Kerja di Singapura

Bekerja di Singapura membutuhkan banyak persiapan supaya tidak banyak hambatan. Ketika seseorang berniat merantau ke mancanegara, Singapura menjadi salah satu alternatif favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain karena lokasinya yang tidak terlalu jauh, Singapura memiliki tingkat kejahatan rendah dan suasana nyaman. Sudah tahu belum beberapa macam visa kerja di Singapura?

Singapura selama ini terkenal sebagai salah satu negara dengan tingkat kepadatan bisnis. Setiap harinya, warga di sana selalu sibuk dengan urusan pekerjaan. Bisnis di Singapura berjalan secara transparan, efektif dan pajak rendah.

Tenaga asing di persilakan bekerja, mengingat ini adalah negara multi-budaya. Syarat bagi orang asing agar bisa bekerja di Singapura salah satunya memiliki visa. Silahkan Anda simak pada artikel berikut.

Macam – Macam Visa Bagi Orang Asing Agar Bisa Kerja di Singapura

macam visa kerja singapura

Bekerja di Singapura mungkin menjadi dambaan bagi sebagian besar orang, mengingat jumlah gaji yang lumayan menjanjikan. Namun, bagi orang asing membutuhkan persyaratan-persyaratan yang cukup banyak.

Anda membutuhkan bisa kerja yang valid supaya bisa mendapat pekerjaan di Singapura. Sebelum mencari lowongan pekerjaan dan menerima offering letter, maka harus bersedia mensponsori visa untuk Anda.

Di bawah ini ada beberapa visa yang tersedia bagi calon tenaga kerja di Singapura dari luar negeri.

1. EntrePass

EntrePass adalah permohonan yang harus di lakukan oleh orang asing ketika berencana menetap dan memulai bisnis di Singapura. Jenis visa kerja satu ini berlaku selama 1 tahun untuk kali pertamanya dan tidak memiliki persyaratan gaji minimum.

Setelah perpanjangan berikutnya, EntrePass berlaku selama 2 tahun. Meskipun penawaran EntrePass tampak menarik, namun sebenarnya lumayan berat.

Silahkan Anda baca selengkapnya mengenai EntrePass di website resmi milik Kementrian Tenaga Kerja Singapura.

2. Employment Pass

Employment Pass adalah jenis visa kerja yang umum di gunakan oleh pekerja asing di Singapura. Biasa di pakai oleh eksekutif, manajer dan profesional asing.

Untuk memperoleh Employment Pass, setiap pekerja harus memenuhi kualifikasi dan penghasilan minimal SGD 3.600.

Pada masa awal atau pertama kali membuat, Employment Pass berlaku selama 2 tahun. Sementara itu, perpanjangannya berlaku untuk 3 tahun.

Anda bisa membuka MOM (Ministry of Manpower) di Singapura untuk mendapat informasi lebih lanjut tentang Employment Pass.

3. S Pass

Tidak seperti EntrePass dan Employment Pass yang di pakai oleh profesional, bisa kerja S Pass di miliki para pekerja semi terampil dan terampil. Untuk memperoleh S Pass Anda perlu memenuhi kriteria penilaian dan menghasilkan uang minimal SGD 2.400.

Izin kerja ini berlaku selama 2 tahun dan pelamar harus di daftarkan oleh agen tenaga kerja atau perusahaan. Ketika berganti pekerjaan, seorang karyawan atau pekerja tidak di perkenankan menyimpan S Pass sama.

Seorang pekerja harus mengajukan S Pass yang baru jika dirinya berpindah pekerjaan. Visa kerja ini juga cukup umum di pakai oleh karyawan di sana.

Adapun izin kerja yang dipakai oleh siswa atau peserta antara lain:

  • Training Employment Pass : Bagi profesional asing yang sedang mengikuti pelatihan praktis. Seorang kandidat minimal harus berpenghasilan $ 3.000.
  • Work Holiday Pass (bagian dari Work and Holiday Visa) : Bagi lulusan dan pelajar Australia yang ingin berlibur dan bekerja di Singapura selama 1 tahun. Batas usianya adalah 18-30 tahun.
  • Work Holiday Pass (bagian Work Holiday) : bagi lulusan dan pelajar yang ingin berlibur sekaligus bekerja di Singapura selama 6 bulan. Batas usianya adalah 18-25 tahun.
  • Izin Kerja Pelatihan : bagi siswa atau peserta pelatihan asing semi terampil yang mengikuti pelatihan praktis di Singapura sampai 6 bulan. Sesuai aturan izin kerja, setiap perusahaan yang memakai jasa pekerja asing di Singapura wajib memberikan gaji atas pelayanan mereka, memberi asuransi kesehatan dan menjamin keamanan.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam visa kerja di Singapura yang harus di ketahui para pemula. Apabila Anda menginginkan informasi yang lebih lengkap tentang karir di Singapura, maka bisa mengecek langsung di https://cv-gen.com.

CV-GEN merupakan sebuah website yang akan membantu Anda mengetahui lebih lanjut tentang dunia kerja di mancanegara, salah satunya Singapura. Bahkan ada berbagai jenis lowongan pekerjaan di luar negeri yang siap Anda lamar melalui CV-GEN Job Vacancy.