CV-GEN News

Betriebsausflug: Serunya Outing Kantor ala Jerman

Popularitas masyarakat Jerman sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang disiplin dan dapat diandalkan memang sudah mendunia. Faktanya, profesionalisme tersebut berjalan beriringan dengan upaya menjaga kepuasan karyawan. Jadi, perusahaan Jerman tidak hanya fokus pada target tetapi juga kebahagiaan karyawan. Salah satu kebiasaan baik yang dilakukan perusahaan Jerman untuk menyenangkan karyawan adalah mengadakan kegiaan outing kantor atau Betriebsausflug.

Apa yang Dimaksud dengan Betriebsausflug?

2 Betriebsausflug outing kegiatan kantor kerja sama karyawan
Sumber: Survey Sparrow

Betriebsausflug (company outing) adalah program rekreasi yang digagas perusahaan dengan tujuan meningkatkan potensi, kualitas, serta kepekaan sosial para karyawan perusahaan tersebut. Secara harfiah, betriebsauslug bermakna rekreasi kedinasan. Namun, sebenarnya rutinitas tersebut lebih dari sekadar rekreasi sebab ada banyak manfaat lain yang berguna bagi perusahaan maupun karyawan.

Kapan Perusahaan Mengadakan Betriebsausflug?

Pada umumnya, perusahaan menyelenggarakan betriebsauslug sekali setahun khususnya pada musim panas. Musim tersebut menjadi prioritas karena membuat perusahaan lebih leluasa mengadakan acara luar ruangan (outdoor). Bahkan, matahari masih terlihat pada jam 9 malam sehingga membuat rangkaian acara outdoor bisa berlangsung lebih lama.

Mayoritas perusahaan Jerman mengadakan outing satu kali setahun, tetapi ada pula yang lebih dari satu kali bila bujet dan waktunya memungkinkan. Perusahaan yang tidak ingin repot merencanakan outing kerap mengandalkan jasa Event Organizer (EO) sehingga acara tersebut berlangsung lancar dan menyenangkan.

Apa Saja Acara yang Dilakukan saat Betriebsausflug?

3 kegiatan kantor kekompakan karyawan
Sumber: Short Break Company

Banyak sekali jenis acara betriebsauslug yang menarik bagi perusahaan maupun karyawan. Sebaiknya perusahaan cermat memilih jenis acara yang bukan hanya kaya manfaat tetapi juga membuat karyawan lebih bahagia. Salah satu contoh acara outing ala Jerman yang populer adalah hiking selama seharian penuh.

Dalam acara hiking, para peserta wajib melewati rute sesuai peraturan serta beristirahat sesuai jadwal. Aktivitas ini juga menjadi ajang senda gurau untuk melepas penat usai sibuk bekerja. Selain hiking, ada pula jenis aktivitas lainnya yang tak kalah menarik dan bersifat sosial, contohnya bakti sosial ke panti asuhan atau sekolah-sekolah pedalaman. Ada pula perusahaan yang berinisiatif mengadakan outing sarat manfaat seperti kursus memasak.

Apakah Outing Kantor Sangat Bermanfaat?

Beberapa manfaat betriebsauslug bagi perusahaan maupun karyawan adalah sebagai berikut:

  • Mewujudkan kekompakan dan kerja sama antar karyawan karena relasi yang hangat berhasil terjalin.
  • Meningkatkan potensi masing-masing karyawan karena ajang outing menjadi kesempatan untuk mengidentifikasi bakat sang karyawan.
  • Memperbaiki kondisi fisik dan mental karyawan yang rentan terganggu akibat stres kerja.
  • Meningkatkan kepuasan karyawan, khususnya bila aktivitas kerja sangat padat dan menyita energi.
  • Melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan maupun target perusahaan. Tak jarang pula momen outing memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk berpendapat dan menyampaikan ide-ide kreatif.
  • Memberikan kontribusi bagi lingkungan sekitar bila perusahaan memprioritaskan outing bertema sosial.

Tips Sukses Mengadakan Outing Kantor

4 membuat mencatat rencana
Sumber: Kick It Stop Smoking Service

Eksekusi rencana betriebsauslug akan berlangsung lancar bila memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Perusahaan patut mencari tahu minat mayoritas karyawan sebelum menentukan aktivitas selama outing berlangsung.
  • Tren seputar outing juga harus menjadi bahan pertimbangan supaya outing berlangsung seru.
  • Publikasi tentang rencana outing harus sejak jauh hari agar semua karyawan bisa berpartisipasi karena tidak sedang mengambil jatah cuti.
  • Pastikan bahwa dukungan meliputi cuaca, tempat, dan hal penting lainnya telah siap dengan baik.

Kalau Anda berkesempatan bekerja di Jerman, maka kemungkinan besar Anda juga akan merasakan serunya aktivitas betriebsauslug. Niscaya aktivitas tersebut membangkitkan semangat kerja sehingga Anda semakin produktif dan bahagia menjalani karier.