4 Hari Kerja di Jerman Mulai Dicoba, Bagaimana Hasilnya?Picture In PxHere: Agenda, appointment, business, calendar, computer, content

Sebanyak 45 perusahaan di Jerman memulai uji coba konsep 4 hari kerja dalam seminggu tanpa pengurangan gaji. Lembaga konsultan “Intraprenör” bersama dengan organisasi “4 Day Week Global (4DWG)” menginisiasi konsep yang memiliki tujuan ambisius untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Baca Juga: Beberapa Website Penting untuk Pemburu Impian ke Jerman

Sisi Positif Sistem 4 Hari Kerja

Meskipun banyak yang mengkritik konsep ini sebagai pemborosan di tengah kelangkaan tenaga kerja yang sedang melanda Jerman, dukungan terhadap pengurangan jam kerja tampaknya semakin meningkat. Studi-studi yang dilakukan di berbagai negara seperti Inggris, Afrika Selatan, Australia, Irlandia, dan Amerika Serikat telah menunjukkan hasil positif. Salah satu contoh sukses adalah di Inggris, di mana lebih dari 2.900 pegawai dari berbagai sektor terlibat dalam uji coba serupa.

Menurut gabungan peneliti dari Universitas Boston dan Cambridge, kasus absen karena alasan sakit berkurang lebih dari 30 persen, sementara rasa stres menurun hingga 40 persen. Bahkan, kasus pengunduran diri pegawai turut menurun sebesar 57 persen. Sebagai bukti konkrit, omset perusahaan meningkat sebesar 1,4 persen berkat peningkatan efisiensi dan produktivitas.

Keraguan Peneliti Jerman Terkait Sistem 4 Hari Kerja

Namun, seperti setiap eksperimen, konsep ini tidak luput dari keraguan. Beberapa ekonom, seperti Enzo Weber dari Universitas Regensburg, meragukan validitas studi yang dilakukan oleh Intraprenör dan 4DWG karena minimnya data yang mencerminkan seluruh spektrum perekonomian. Weber juga menyoroti kemungkinan peningkatan intensitas kerja bagi masing-masing pegawai sebagai dampak negatif.

Holger Schäfer dari Institut Perekonomian Jerman (IW) menambahkan bahwa pengurangan jam kerja secara luas dapat menghasilkan defisit kapasitas produksi jika diterapkan oleh semua perusahaan. Dia juga meragukan klaim bahwa pengurangan jam kerja secara otomatis akan meningkatkan produktivitas.

Masih Banyak yang Mendukung di Jerman

Meskipun demikian, dukungan terhadap konsep empat hari kerja masih kuat di beberapa sektor, terutama pertukangan. Jörg Dittrich, Presiden Asosiasi Sentral Pertukangan Jerman, yakin bahwa konsep ini dapat meningkatkan daya tarik perusahaan dalam merekrut tenaga kerja berkualitas. Namun, solusi individual yang disesuaikan dengan masing-masing perusahaan juga dianggap sebagai alternatif yang layak.

Dalam konteks ini, IG Metall, serikat buruh logam Jerman, telah lama menuntut pengurangan jam kerja. Beberapa perusahaan di sektor logam sudah menerapkan jam kerja 35 jam per pekan sebagai respons terhadap tuntutan ini.

Kesimpulan: Uji Coba 4 Hari Kerja di Jerman

Secara keseluruhan, uji coba konsep empat hari kerja dalam seminggu di Jerman menunjukkan polarisasi pendapat antara manfaat potensial dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan dan efisiensi bisnis dengan keraguan akan keberlanjutan serta dampak negatifnya. Meskipun studi-studi di negara lain telah memberikan bukti positif, kritik terhadap minimnya data dan potensi peningkatan intensitas kerja menimbulkan kekhawatiran. Dukungan terhadap solusi individual dan pengurangan jam kerja di sektor-sektor tertentu menunjukkan bahwa diskusi tentang masa depan kerja dan keseimbangan antara produktivitas dan kesejahteraan karyawan masih akan berlanjut dalam beberapa waktu ke depan.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan inovasi teknologi terbarukan di Jerman yang sangat bagus, ini sangat berguna bagi Anda yang mau belajar lebih luas!

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Kemudian, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *