CV-GEN News

Awas Norovirus! Penyakit Langganan di Kapal Pesiar

Norovirus merupakan sebuah penyakit dari jenis Caliciviridae. Penyakit ini menyerang sistem pencernaan. Infeksinya menyebabkan radang di lambung dan usus atau gastroenteritis akut. Yang mana gejalanya berupa sakit perut, muntah, mual, flu, dan diare. Penyakit ini juga sering kali menyerang di sebuah kapal pesiar.

Baca Juga : 6 Sertifikat Minimum Ini Jadi Hal Wajib untuk Jadi Crew di Kapal Pesiar

Mengapa Norovirus Mudah Menyerang di Kapal Pesiar?

Ruang yang padat dan tertutup di Kapal Pesiar sangat sempurna untuk Norovirus mudah menyebar di mana pun. Tempat tinggal yang saling berdekatan dapat meningkatkan jumlah orang yang terinfeksi virus ini.

Makanan dan minuman yang terkontaminasi atau kontak fisik dengan orang yang menyentuh permukaan barang yang terkontaminasi menjadi virus cepat menyebar. Termasuk membuang air kencing dan tinja yang tidak dibersihkan dengan baik.

Cara Pencegahan dan Pengobatan Norovirus

Ada pun pencegahannya adalah selalu menjaga kebersihan, terutama selalu cuci tangan setelah makan dan minum, menggunakan kamar mandi, dan melakukan kontak fisik dengan orang lain.

Makanan mentah, tinggi gula, dan berlemak. Air kemasan lebih baik daripada yang bukan kemasan. Selalu membesihkan permukaan benda-benda yang telah digunakan. Kemudian, jangan berbagi gelas dan peralatan makan kepada orang lain.

Sedangkan untuk pengobatannya, sebenarnya tidak ada yang spesifik untum mengobati virus ini. Namun, meningkatkan jumlah cairan tubuh juga sangat perlu untuk mencegah dehidrasi. Seperti mengonsumsi minuman oralit, makanan yang berkuah, buah dan sayur.

Bagaimana Pelayaran Mengehentikan Virus Ini?

Biasanya, para kru kapal yang bertugas sebagai tukang bersih-bersih akan membersihkannya dengan cairan khusus yang kuat, garam, atau sesuatu lainnya yang ampuh untuk membersihkan.

Petugas medis harus berpatroli untuk mengecek semua penumpang dan kru yang terinfeksi. Jika ada yang terinfeksi, perlu karantina selama beberapa hari.

Namun, jika penyakit ini sudah sangat parah, maka pelayaran bisa saja berhenti dari layanan selama beberapa hari. Hal tersebut guna untuk membersihkan kapal secara menyeluruh.

Begitulah penjelasannya mengenai Norovirus yang menyerang kapal pesiar. Jika Anda ingin bekerja sebagai kru atau berwisata di kapal pesiar, perlu untuk selalu waspada akan virus ini. Jagalah selalu kebersihan Anda selama di dalam kapal.