CV-GEN News

9 Jenis Beasiswa Kuliah di Jerman Yang Wajib Diketahui!

Kuliah di Jerman adalah pilihan yang mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk melanjutkan studi nanti. Terhitung sebagai kuliah di luar negeri, Jerman bukanlah negara yang mahal dari segi biaya. Ketika Anda mengenyam pendidikan di universitas negeri untuk mengambil gelar sarjana adalah gratis. Sedangkan ketika mengambil gelar PhD atau master baru di kenakan biaya. Jangan khawatir, ada beberapa jenis beasiswa kuliah di Jerman.

Jerman terkenal sebagai negara maju dari segi teknologi maupun pendidikannya. Ada banyak peraih Nobel dari Jerman di berbagai bidang ilmu. Alumni universitas Jerman di anggap sebagai salah satu calon pekerja berkualitas unggul.

Yuk, kenalan dengan berbagai jenis beasiswa kuliah di Jerman sebagai berikut.

Beberapa Macam Beasiswa Kuliah di Jerman

Jika kita hitung-hitung, setidaknya ada sembilan macam beasiswa yang di berikan kepada mahasiswa di Jerman. Beasiswa tersebut berasal dari organisasi, instansi non-pemerintah dan pemerintah.

Beasiswa Dari Pemerintah

beasiswa pemerintah jerman

1. Erasmus+

Bagi mahasiswa internasional yang berasal dari Erop, mereka bisa mendaftarkan diri ke program Erasmus+ grant. Beasiswa ini di danai oleh European Commision yang menawarkan biaya hidup selama menjalani pertukaran pelajar di negara Eropa.

Jerman adalah salah satu negara tujuan yang populer di kalangan mahasiswa peserta Erasmus+.

2. DAAD Scholarship

German Academic Exchange Service atau DDAD memiliki banyak sekali jenis beasiswa yang sumber dananya berasal dari pemerintah. Siapapun bisa mengakses database beasiswa DDAD Scholarship di website resminya.

Beasiswa Non Pemerintah

3. Deutschland Stipendium

Deutschland Stipendium adalah program beasiswa yang menyumbangkan dana sampai €300 per bulan. Ini di persembahkan bagi mahasiswa internasional yang berprestasi dan memenuhi syarat-syarat tertentu.

Tergantung bagaimana kerjasama sponsor individual dan organisasi, antar bisnis, dan negeri-swasta. Seorang mahasiswa berbakat bisa mendapatkan pendanaan setidakanya €150 per bulan yang harus melalui pendanaan dari pemerintah.

4. Heinrich Böll Scholarships

Heinrich Böll Foundation adalah instansi yang menyelenggarakan beasiswa satu ini. Baik itu mahasiswa internasional ataupun domestik keduanya sama-sama bisa mendaftarkan diri ke program Heinrich Böll Scholarships.

Beasiswa berlaku untuk berbagai jenjang pendidikan, baik itu sarjana sampai PhD atau master. Dalam kurun waktu satu tahun tersedia dua gelombang pendaftaran Heinrich Böll Scholarships.

5. Kurt Hansen Science Scholarships

Bagi mahasiswa internasional yang ingin berkarir di ilmu sains bisa mendaftarkan diri ke beasiswa Kurt Hansen Science Scholarships. Ini di danai oleh Bayer dan memiliki banyak pilihan.

Mulai dari magang, proyek studi, semester musim panas, pelatihan tenaga kerja sains, serta program persiapan dan suplementer.

Beasiswa Dari Universitas

9 jenis beasiswa kuliah di jerman yang wajib diketahui

6. RWTH Aachen University Scholarships

Sama seperti di negara lainnya, universitas yang ada di Jerman juga banyak yang menawarkan program beasiswa. Salah satunya adalah RWTH Aachen University. Bagi yang belum tahu, instansi pendidikan tinggi ini masuk ke dalam daftar 100 besar Times Higher Education Reputation Rankings.

Kesempatan pendaan terbuka lebar bagi mahasiswa domestik dan internasional.

7. Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers

Frankfurt memiliki program 10 potongan biaya kuliah yang di selenggarakan setiap tahun. Ini di persembahkan bagi mahasiswa doktorat yang mengikuti program Bahasa Inggris di bidang akuntansi, keuangan, administrasi bisnis dan matematika.

8. DRD Scholarships

Bagi mahasiswa master berprestasi yang berasal dari negara Sub Sahara Afrika bisa mendaftarkan diri ke program DRD Scholarships. Caranya dengan mengumpulkan proposal rencana penelitian untuk melanjutkan studi purna waktu di Jerman.

9. FRIAS Cofund Fellowship Programme

University of Freilburg terkenal dengan berbagai program penelitian yang sudah di lakukan. Universitas ini memiliki program beasiswa khusus bagi mahasiswa internasional yang mendaftarkan diri ke program penelitian.

FRIAS Cofund Fellowship Programme biasanya di umumkan selama musim panas.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai sembilan jenis beasiswa kuliah di Jerman yang bisa Anda coba ikuti agar biaya pendidikan lebih ringan.

Untuk mengupdate informasi terbaru tentang studi sampai pekerjaan di Jerman, maka bisa mengikuti update artikel di website cv-gen.com. Tersedia banyak artikel menarik yang akan membantu Anda lebih mengenali tentang karir mancanegara, khususnya bekerja di Jerman dan Singapura.