CV-GEN News

6 Universitas Terbaik di Jerman Yang Kualitas Pendidikannya Diakui Dunia

Kuliah di Jerman adalah mimpi bagi sebagian orang yang ingin melanjutkan pendidikan di mancanegara. Jerman di pilih karena sebagian besar perguruan tinggi di sana memiliki kualitas unggulan. Sejak dahulu kita semua tahu bahwa sistem pendidikan di Jerman sangatlah baik. B.J. Habibie dan Gita Savitri adalah contoh orang yang berkuliah di sana. Sudah tahu belum universitas terbaik di Jerman? Yuk, simak di bawah ini.

Jerman adalah negara yang berhasil mengantongi 68 Nobel di bidang ilmu kedokteran dan pengetahuan, sehingga cukup wajar apabila orang dari berbagai negara menempuh pendidikan di sana. Apakah Anda termasuk salah satu yang ingin kuliah di sana?

Sebelum itu, alangkah baiknya memahami beberapa universitas terbaik di Jerman berikut.

Deretan Universitas Terbaik di Jerman yang Populer

universitas terbaik di jerman

1. LMU (Ludwig Maximilians University) Munich

LMU adalah salah satu universitas tertua di Jerman yang masih aktif dengan pendidikannya sampai sekarang. Ia berada di kota Munich, Bavaria. Universitas ini berhasil mencetak 40 pemenang penghargaan Nobel.

LMU baru saja menyabet gelar University of Excellence di Jerman. Dari semua mahasiswa yang ada di LMU, 17% adalah berasal dari luar negeri.

2. Technical University of Munich

TUM atau Technical University Munich adalah institusi pendidikan tinggi lainnya yang berusia lebih dari 100 tahun, karena berdiri pada tahun 1868 lalu. Universitas ini adalah spesialisasi di bidang studi teknologi, teknik, ilmu alam, kedokteran dan sains terapan.

Tidak hanya sebatas di Munchen, TUM juga memiliki cabang yang berada di Freising, Garching, Straubing, Heilbronn dan Singapura. Kampus ini juga memperoleh gelar sebagai University of Excellence.

3. University of Heidelberg

Ini dia universitas tertua di Jerman yang mungkin bisa Anda pertimbangkan sebagai tujuan pendidikan nanti. University of Heidelberg sudah berdiri sejak tahun 1386 lalu. Bagaimana, sangat tua bukan?

Konon, University of Heidelberg memiliki peranan cukup besar dalam memperkenalkan ilmu sosiologi modern dan psikiatri sebagai salah satu cabang ilmu ilmiah.

Setiap tahunnya, universitas ini menghantarkan 1.000 mahasiswa menyelesaikan program doktoral. Sepertiga dari jumlah tersebut berstatus pelajar internasional.

4. Charite Universitatsmedizin Berlin

Bagi Anda yang berencana melanjutkan kuliah kedokteran di Jerman, maka wajib mempertimbangkan Charite Universitatsmedizin Berlin sebagai pilihan utama. Sebab, sekarang ini Charite di kenal sebagai universitas kedokteran terbaik di Jerman.

Charite Universitatsmedizin Berlin adalah rumah sakit pendidikan nomor satu di Eropa dan bahkan masuk salah satu terbaik di dunia.  Lebih dari 50% peraih penghargaan Nobel di bidang Fisiologi atau Medis asal Jerman pernah bekerja di sini.

5. Humboldt University Berlin

Humboldt University Berlin adalah universitas yang memulai pendidikannya sejak tahun 1809. Institusi pendidikan tinggi ini di kenal sebagai salah satu yang terbaik di ilmu pengetahuan budaya dan jurusan seni.

Di kancah internasional, Humboldt University Berlin terkenal sebagai pelopor pendidikan holistik dengan memadukan antara penelitian dan pengajaran. Beberapa tokoh besar yang di ketahui merupakan alumni Humboldt University Berlin adalah Karl Marx, Felix Mendelsshon dan Friedrich Engels.

6. University of Tubingen

Di Jerman ada 11 institusi pendidikan tinggi yang di anugerahi gelar University of Excellence, salah satunya adalah University of Tubingen. Tubingen di kenal sebagai tempat terbaik bagi mereka yang ingin mendalami kecerdasan buatan, teologi, filosofi, arkeologi dan hukum.

University of Tubingen memiliki kursus yang akan membantu mahasiswanya memperluas wawasan artistik. Seperti kursus penulisan kreatif dan fotografi.

Itu tadi adalah sedikit uraian tentang enam universitas terbaik di Jerman yang memiliki kualitas pendidikan unggulan. Anda bisa memilih salah satu untuk melanjutkan bangku perkuliahan. Masih ada banyak lagi institusi pendidikan lain di Jerman dengan kualitas bagus dan sudah di akui dunia.

Bagi Anda yang tertarik dengan pendidikan dan kesempatan berkarir di Jerman, maka bisa terus mengupdate informasi terkini di cv-gen.com. Anda bisa menemukan kumpulan artikel yang membahas karir mancanegara, salah satunya di Jerman.