CV-GEN News

5 Tips Kuliah Sambil Mengurus Keluarga di Luar Negeri, Wajib Tahu!

Kuliah sambil mengurus keluarga mungkin terdengar ribet dan tidak mungkin untuk dilakukan. Terlebih lagi bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas mancanegara. Membayangkannya sudah terlihat begitu rumit sekaligus membutuhkan kesiapan ekstra. Sebab, harus membagi waktu maupun tenaga untuk kehidupan keluarga dan kuliah. Mari kita simak beberapa tips kuliah sambil mengurus keluarga di luar negeri.

Ketika membahas tentang mahasiswa internasional, pasti bayangan kita adalah remaja yang sedang menempuh pendidikan di universitas ternama. Padahal, beberapa dari mereka mungkin ada yang sudah berkeluarga.

Karena mengetahui hal ini, maka universitas mancanegara ikut memberi berbagai dukungan. Mari ikuti berbagai tips kuliah sambil mengurus keluarga di luar negeri berikut.

Beberapa Dukungan Universitas Bagi Mahasiswa yang Berkeluarga

9 jenis beasiswa kuliah di jerman yang wajib diketahui

1. Bantuan Keuangan

Banyak universitas di luar negeri yang memiliki program khusus bagi mahasiswanya untuk memberi bantuan pendanaan. Pihak kampus akan meninjau kelayakan Anda menerima bantuan keuangan atau tidak. Mereka kemudian membantu mengurus segala syarat dan ketentuan yang berlaku.

2. Dukungan Akademik

Anda bisa berkonsultasi dengan pihak kampus, khususnya tutor akademik. Yaitu membicarakan tentang jadwal kelas, tenggat waktu tugas ataupun hal-hal lain yang berhubungan dengan akademik.

Sehingga, Anda nantinya bisa di beri arahan khusus agar sesuai rencana studi. Khususnya bagaimana langkah-langkah yang tepat agar proses belajar dan tanggungjawab di rumah bisa di selesaikan dengan baik.

3. Dukungan Kesehatan

Sebagian besar kampus di luar negeri menyediakan fasilitas dan pusat kesehatan yang bagus. Anda bisa memanfaatkan konseling mereka untuk menanyakan berbagai layanan yang tersedia.

4. Fasilitas Penitipan Anak

Universitas di luar negeri banyak lho yang menawarkan fasilitas penitipan anak kepada mahasiswanya. Karena yang butuh di sini bukan Anda saja, alangkah baiknya jika segera menanyakan kepada pihak kampus agar tidak kehabisan slot.

5. Akomodasi Keluarga

Sama seperti fasilitas penitipan anak, universitas di luar negeri memang banyak yang menyediakan akomodasi keluarga. Namun, karena peminatnya tidak kalah banyak Anda harus segera memanfaatkan layanan dukungan ini.

Tips Kuliah Sambil Mengurus Keluarga di Luar Negeri

Tips Kuliah Sambil Mengurus Keluarga di Luar Negeri

1. Jangan Menunda

Menunda adalah kebiasaan yang harus segera di hilangkan agar Anda bisa menyeimbangkan antara kehidupan keluarga dan pendidikan. Semisal Anda menerima tugas dari kampus, sebisa mungkin segera kerjakan supaya tidak menumpuk tanggungjawab.

Ketika Anda terbiasa menunda, ini akan menumpuk tugas yang seharusnya bisa di lakukan dengan mudah menjadi lebih sulit.

2. Menciptakan Ruang Belajar di Rumah

Supaya Anda bisa fokus belajar dan mengerjakan tugas kuliah, tentu lebih baik memiliki ruang khusus di rumah.  Ini akan membantu Anda memisahkan diri sejenak dari tanggungjawab keluarga. Ketika berada di ruangan tersebut yang Anda fikirkan hanyalah belajar dan menyelesaikan tugas, bukan mengurus keperluan keluarga.

3. Ngobrol dengan Orang Terdekat

Ketika memiliki rencana ingin menempuh pendidikan di luar negeri, sudah seharusnya Anda mengobrol dengan teman terdekat. Selain mendapatkan dukungan secara emosional agar lebih matang mempersiapkan diri, Anda juga bisa meminta bantuan mereka di saat membutuhkan.

4. Beritahu Pihak Universitas

Tidak perlu sungkan menjelaskan kondisi Anda sebagai mahasiswa yang sudah berkeluarga kepada pihak kampus. Sebab, Anda bisa mendapat berbagai penyesuaian yang pastinya sangat membantu kelancaran selama menempuh pendidikan.

5. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Ditengah-tengah jadwal Anda yang sudah pasti padat, jangan sampai lupa untuk menyempatkan waktu beristirahat. Istirahat tidak kalah penting buat dilakukan karena lebih rugi ketika jatuh sakit.

Semisal Anda sedang banyak tugas dan memutuskan untuk lembur selama beberapa hari dengan harapan bisa segera selesai. Ini bukan solusi tepat, karena membuat fokus Anda kurang akibat sudah kelelahan.

Lebih baik mencicil tugas sejak jauh-jauh hari, sehingga bisa selesai tanpa mengganggu waktu istirahat.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai lima tips kuliah sambil mengurus keluarga di luar negeri. Anda bisa mengikuti beberapa poin diatas untuk memperlancar program studi yang sedang diikuti.

Ingin menyimak informasi seputar pendidikan dan karir di luar negeri lebih banyak? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuka cv-gen.com. Temukan berbagai macam informasi menarik yang akan menambah wawasan Anda mengenai pekerjaan maupun kuliah mancanegara.