CV-GEN News

5 Hal Penting Tentang Ferienjob Yang Wajib Kamu Ketahui

Ferienjob atau pekerjaan selama dua pekan musim liburan di Jerman adalah salah satu hal menarik di sana. Remaja yang berusia mulai dari 16 tahun bisa mengumpulkan uang saku tambahan di sela-sela liburannya. Ada banyak manfaat mengikuti Ferienjob bagi remaja, khususnya menumbuhkan minat kerja. Yuk, cari tahu beberapa hal penting tentang Ferienjob.

Sama seperti program lainnya, ada aturan-aturan tersendiri mengenai Ferienjob. Sehingga, anak-anak bisa bekerja dengan aman dan nyaman tanpa harus memaksakan diri. Ada batasan jam kerja sampai bidang tertentu yang tidak boleh memperkerjakan remaja.

Jika Anda belum tahu beberapa hal penting tentang Ferienjob, maka bisa menyimaknya di bawah ini.

Beberapa Hal Penting Tentang Ferienjob yang Harus Anda Tahu

beberapa hal penting mengikuti program ferienjob

1. Usia Minimal Untuk Mengikuti Ferienjob

Tidak semua siswa di izinkan untuk mengikuti Ferien Job, melainkan ada batas minimal usia. Yaitu sudah berusia 16 tahun atau lebih, anak-anak yang kurang dari itu di larang bekerja.

Pemerintah Jerman tentu peduli dengan anak-anak yang masih di bawah umur dan tidak seharusnya bekerja. Jika usianya sudah beranjak dari 15 ke 16, maka sudah di perbolehkan mengikuti Ferien Job.

2. Upah Minimum Bagi Remaja

Kedua, mari kita cari tahu berapa upah minimum yang harus di berikan oleh bisnis atau perusahaan kepada peserta Ferienjob. Menurut Federasi Serikat Buruh Swiss, ia merekomendasikan sebaiknya memberi upah sebesar 15 Franc per jam kepada remaja yang bekerja.

1 Franc sendiri bernilai sekitar Rp16.700,-. Sehingga, anak remaja yang mengikuti Ferien Job di bayar kurang lebih Rp200.500 per jam. Itu baru nilai minimum yang berarti bisa lebih tergantung tempat mereka bekerja.

Gaji yang terhitung lumayan bagi anak-anak untuk mencari uang saku tambahan. Sehingga, sayang rasanya apabila sampai melewatkan Ferienjob.

3. Pekerjaan yang Tidak Diperbolehkan Untuk Anak Kurang Dari 18 Tahun

Ferienjob bukan berarti melegalkan anak-anak bekerja di semua bidang. Untuk pekerjaan di tempat yang banyak kebisingan dan berbahaya tidak di perbolehkan bagi anak-anak.

Remaja yang berusia di bawah 18 tahun tidak boleh bekerja di bar, disko dan klub malam. Jelas ini bukan tempat yang seharusnya mereka bisa temui dan berkecimpung di sana.

Untuk pekerjaan di bidang pelayanan, anak muda hanya di perbolehkan bekerja di pasar malam, tempat sirkus dan bioskop mulai dari 16 tahun.

Bagi mereka yang sudah memasuki masa-masa kuliah memiliki pilihan lebih banyak ketika ingin mengikuti Ferienjob. Mengingat usianya yang sudah lebih dari 20 tahun maka banyak bidang pekerjaan untuk dipilih sesuai minat masing-masing.

4. Batas Maksimal Bekerja Dalam Sehari

Selain bidang pekerjaan yang bisa di pilih lebih terbatas, jam kerja per hari juga menjadi fokus bagi pemerintah untuk melindungi tenaga kerja remaja. Dalam sehari mereka tidak boleh bekerja lebih dari 9 jam.

Poin penting lainnya adalah sampai seorang remaja berusia 16 tahun, mereka hanya di perbolehkan sampai pukul 8 malam. Apabila bekerja pukul 4 sore, maka bisa hingga bekerja hingga 10 malam.

Anak remaja tidak di perbolehkan untuk bekerja di shift malam.

5. Kebutuhan Kontrak Tertulis bagi Ferienjob

Setelah seorang siswa di terima untuk mengikuti Ferienjob, itu berarti mereka mendapatkan kontrak kerja. Meskipun tidak harus di buat secara tertulis, namun sebaiknya Anda meminta supaya tidak terjadi kebingungan.

Demikianlah pembahasan mengenai lima hal penting tentang Ferienjob yang perlu diketahui oleh setiap orang. Anda perlu memahaminya supaya tidak kebingungan ketika ingin mencoba mengikutinya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Ferienjob, Anda bisa membuka website Ferienjobs by CV-GEN yang beralamat di https://ferienjobs.cv-gen.com/. Di sana Anda akan menemukan berbagai macam informasi seperti pendaftaran, biaya, lowongan kerja terbaru dan masih banyak lagi.