CV-GEN News

5 Cara Meyakinkan Orang Tua Kuliah di Luar Negeri

Cara Meyakinkan Orang Tua Kuliah di Luar Negeri – Kuliah di luar negeri adalah keputusan besar bagi setiap calon mahasiswa karena nantinya akan menempuh pendidikan di negara orang lain. Salah satu hal yang perlu Anda pikirkan adalah persetujuan dari orang tua. Izin mereka sangatlah penting untuk mendukung kelancaran selama belajar. Apalagi ini mengharuskan Anda menempuh pendidikan yang jaraknya jauh.

Keputusan kuliah di luar negeri seringkali mendapat pertentangan dari orang tua. Sebab, mereka khawatir anak-anaknya tidak bisa mengurus diri sendiri ketika di sana. Sebagai orang tua, kekhawatiran ini sudah menjadi suatu kewajaran.

Terlebih lagi Anda harus menghabiskan waktu selama 1-4 tahun untuk lulus dari kuliah dan jarang pulang. Ingin tahu bagaimana cara meyakinkan orang tua kuliah di luar negeri? Simak uraian berikut.

Cara Meyakinkan Orang Tua Kuliah di Luar Negeri

Cara Meyakinkan Orang Tua Kuliah di Luar Negeri

1. Beritahu Keamanan Anda Selama Di Luar Negeri

Kekhawatiran terbesar orang tua kepada anak yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri adalah keamanan. Bisakah anak tersebut menjamin keamanan dirinya sendiri. Terlebih lagi bagi anak perempuan, rasa khawatir orang tua begitu besar.

Oleh karena itu, untuk meyakinkan orang tua Anda perlu memastikan keamanan diri sendiri terlebih dahulu. Beritahu kepada mereka bahwa Anda bisa menjada diri selama berkuliah di negara tujuan.

Universitas di luar negeri sekarang juga sudah banyak yang memiliki staf khusus untuk membantu menjaga keamanan mahasiswa internasional selama 24/7.

2. Persiapan Yang Matang

Setelah menjelaskan kemampuan Anda dalam menjaga diri sendiri, langkah berikutnya yang perlu di tunjukkan kepada orang tua adalah minat, kemampuan dan keseriusan untuk kuliah di luar negeri.

Sejak di bangku SMA, sudah seharusnya Anda mendapat nilai bagus dan peringkat di kelas. Bagaimana Anda sangat tertarik dengan budaya tujuan, di mulai dengan sering melihat film, mendengar musik dan membicarakan segala sesuatu tentang negara tujuan.

Sementara itu, keseriusan bisa di tunjukkan dengan upaya Anda belajar bahasa asing dan mengikuti kursus online untuk bekal kuliah di luar negeri.

Jika minat, kemampuan dan keseriusan Anda kuliah di luar negeri sudah di tunjukkan kepada orang tua, perkuat argumen dengan memilih universitas top di dunia.

Sebagai contoh, Anda ingin berkuliah di Stanford University (AS), University of Oxfrod (Inggris), Harvard University (AS) dan universitas top lainnya.

3. Peluang Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Selain keselamatan putra dan putri mereka, pertimbangan lain orang tua untuk mengizinkan anak kuliah di luar negeri adalah masalah finansial. Seperti yang kita tahu, kuliah di mancanegara membutuhkan biaya mahal.

Untuk masalah keuangan, Anda bisa menjelaskan kepada orang tua bahwa ada program beasiswa bagi mahasiswa internasional. Anda ingin mengikuti program beasiswa tersebut untuk meringankan biaya pendidikan.

Selain itu, jangan ragu memberitahu orang tua bahwa Anda siap bekerja paruh waktu sebagai bentuk dukungan finansial dan tidak sepenuhnya mengandalkan orang tua.

Meskipun demikian, tetap pertimbangkan kemampuan finansial orang tua. Jangan terlalu memaksa, apalagi sampai menyusahkan orang tua hanya gara-gara ingin kuliah di luar negeri.

4. Meyakinkan Orang Tua Bahwa Ini Adalah Investasi Pendidikan Terbaik

Ketika meminta izin kepada orang tua, fokuskan pembicaraan Anda kepada prospek dan keuntungan di masa depan yang bisa di dapat dengan kuliah di luar negeri. Beritahu kepada mereka bahwa Anda akan memiliki kemampuan berbahasa asing, memahami budaya negara lain dan berlatih berpikir secara global.

Karakteristik seperti itu sangatlah bagus untuk bersaing di dunia kerja mendatang. Belum lagi fakta bahwa alumni universitas luar negeri mendapatkan nilai lebih di mata perusahaan. Gelar sebagai sarjana luar negeri sangat berguna untuk mendukung karir di masa depan.

5. Berjanji Akan Terus Menghubungi Orang Tua

Dengan jarak yang sangat jauh antara Anda dan orang tua, komunikasi menjadi faktor paling penting untuk menenangkan hati mereka. Oleh karena itu, ketika Anda meminta izin kuliah di luar negeri sebaiknya membicarakan tentang komunikasi.

Meskipun tidak setiap hari, minimal 3 hari sekali Anda menghubungi orang di rumah untuk mengetahui kondisi dan kabar terkini. Jangan sungkan untuk membicarakan jika ada masalah dan bersikaplah terbuka.

Demikianlah pembahasan mengenai lima cara meyakinkan orang tua kuliah di luar negeri agar di beri izin. Bagaimanapun, izin dari orang tua sangatlah penting demi kelancaran Anda selama menempuh pendidikan di sana.

Informasi lainnya seputar pendidikan dan karir mancanegara bisa Anda baca di website cv-gen.com. Setiap harinya selalu update informasi terkini seputar karier di berbagai negara di dunia.