CV-GEN News

5 Alasan Memilih Kuliah di Jerman Yang Layak Buat Dipertimbangkan Calon Mahasiswa

Benua Eropa sejak dahulu menjadi sudah terkenal dengan sistem pendidikannya yang berkualitas unggul. Di sini ada begitu banyak negara yang siap di pilih oleh calon mahasiswa untuk melanjutkan studi mereka. Karena ada banyak pilihan tersebut, seringkali membuat bingung ingin kemana. Nah, mungkin Anda bisa mempertimbangkan Jerman sebagai salah satu tujuan. Ada beberapa alasan memilih kuliah di Jerman yang layak buat di pertimbangkan.

Jerman adalah salah satu negara maju di Eropa yang cukup populer dengan perkembangan teknologi. Kemajuan industri di sana juga begitu pesat, sehingga menempatkannya di peringkat 20 negara terkaya di dunia. Sektor pendidikannya juga terkenal bagus.

Yuk, ketahui beberapa alasan memilih kuliah di Jerman sebagai berikut.

Berbagai Alasan Memilih Kuliah di Jerman

alasan memilih kuliah di jerman

1. Kualitas Pendidikan Diakui Dunia

Menurut data statistik yang ada, sekarang ini Jerman memiliki 390 universitas negeri yang tersebar di 170 lebih tempat. Semuanya sudah diakui dunia sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas unggul.

Sebagian dari kita pasti sudah mengetahui, bahwasannya Jerman adalah rumah bagi penyair, pemikir dan penemu ternama di dunia. Sebagai contoh di bidang Kedokteran dan Ilmu Pengetahuan Alam, ada beberapa penerima Nobel seperti Harald zur Hausen, Christiane Nüsslein-Volhard, Albert Einstein, Max Planck, Robert Koch dan Wilhelm Conrad Röntgen.

Nama-nama tersebut pastinya hanya sebagian kecil saja, karena Jerman memiliki 68 peraih Nobel di bidang ini. Beralih ke tokoh pemikir dan penyair, ada deretan nama seperti Adorno, Hegel, Immanuel Kant, Brahms, Beethoven, Bach, Brecth, Heine dan Goethe.

Ada begitu banyak inovasi dan gagasan terbaru yang berasal dari universitas di Jerman. Ini membuktikan bagaimana kualitas pendidikan yang mereka miliki.

2. Pilihan Program Studi Sangat Beragam

Jika di hitung dari seluruh universitas yang ada di Jerman, setidaknya 16.000 program studi tersedia untuk di pilih setiap mahasiswa. Lebih keren lagi, 1000 di antaranya merupakan program studi internasional.

Jerman merupakan negara yang sangat cocok di pilih bagi calon mahasiswa penggemar bidang teknologi, sains dan teknik. Ada begitu banyak program studi yang siap di ikuti dan memberikan bekal ilmu terbaik.

3. Biaya Hidup Tergolong Murah

Universitas di Jerman menetapkan iuran per semester sebesar 200 Euro atau Rp. 2 juta, ini berlaku untuk seluruh universitas. Dengan membayar iuran tersebut, Anda akan di beri kartu Semesterticket. Fungsinya adalah bisa di pakai naik transportasi umum secara gratis.

Sehingga, selama kuliah di Jerman Anda tidak perlu kerepotan setiap kali ingin bepergian. Tinggal manfaatkan saja transportasi umum untuk mendukung mobilitas sehari-hari.

Menurut data statistik, rata-rata mahasiswa di Jerman membutuhkan uang bulanan sebesar 800 Euro atau Rp. 13 juta. Biaya tersebut sudah cukup atau standar untuk mengcover kebutuhan selama studi.

4. Suasana Kota Kondusif dan Nyaman Buat Belajar

Calon mahasiswa yang ingin menempuh studi di Jerman tidak perlu takut dan khawatir perihal keamanan, sebab negara ini memiliki angka kriminalitas rendah di bandingkan yang lain.

Warga Jerman bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman kapan saja, baik di siang ataupun malam hari. Hal itu semakin di sempurnakan dengan fasilitas kesehatan memadai.

Setiap mahasiswa di Jerman wajib memiliki asuransi kesehatan guna melindungi dari berbagai macam risiko merugikan. Perlindungan asuransi kesehatan memungkinkan mahasiswa mendapat perawatan kesehatan dan mengunjungi dokter cukup membayar 10 Euro per Kuartal.

5. Lulusan Jerman Terpandang

Universitas di Jerman memfokuskan mahasiswanya pada hal-hal praktikal, sehingga membuat mereka memiliki pemahaman materi lebih baik sekaligus mengetahui prakteknya.

Lulusan Jerman siap bersaing di dunia kerja dan banyak di cari perusahaan multinasional.

Jika Anda memutuskan untuk kuliah di Jerman, nanti di musim liburan bisa mengikuti yang namanya Ferienjob. Program kerja yang di khususkan bagi pelajar selama liburan musim panas.

Informasi selengkapnya tentang Ferienjobs bisa Anda lihat melalui https://ferienjobs.cv-gen.com. Baik itu tata cara pendaftaran, syarat yang di butuhkan sampai lowongan tersedia bagi pelajar. Ini terbuka untuk umum, sehingga Anda bisa mengikutinya.