Ferienjob adalah program kerja sementara bagi mahasiswa di Jerman, tetapi bukan berarti segala pengalaman selalu menyenangkan, alias pahit. Beberapa mahasiswa, seperti Kumbang, Mawar, Batangan, dan Kuncup, menghadapi pengalaman menyedihkan saat bekerja pada tahun 2022.

Keempat mahasiswa ini dipecat hanya pada hari ke-5 bekerja. Penasaran dengan alasan di balik pemecatan mereka?

Ceritanya, Mawar dan Kuncup memilih untuk dandan lebih lama demi solidaritas dengan Kumbang dan Batangan yang sedang menunggu. Sayangnya, mereka akhirnya ketinggalan kereta. Ketika akhirnya mereka tiba di tempat kerja dengan keterlambatan hanya 3 menit, mereka harus berhadapan pada keputusan yang tak terduga: dipecat.

Baca Juga: Mau Keliling Jerman saat Ferienjob, Boleh Nggak Ya?

Walaupun Pahit, Namun Ada Pesan yang Manis (Banget)

Apakah mereka akan terdeportasi? Untungnya, mereka memiliki backup sponsor di Jerman yang cukup banyak. Meskipun satu perusahaan bersikap tegas, masih ada perusahaan lain yang bersedia menerima mereka. Tentu saja, ini juga melibatkan lobi dan upaya dari pihak penyelenggara.

Pesan yang dapat kita ambil dari pengalaman ini adalah pentingnya menjaga ketepatan waktu. Di Jerman, tiba 15 menit sebelum jadwal janjian mereka (orang Jerman) anggap sebagai tepat waktu. Meskipun tampak sepele, keterlambatan hanya beberapa menit saja bisa berakibat pada pemecatan.

Tidak hanya itu, masalah bahasa juga menjadi faktor penting. Kurangnya kemampuan berbahasa Inggris dari Kumbang, Kuncup, Kembang, dan Batangan menyebabkan kesulitan dalam menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan baik.

Maka, pesan kedua yang bisa kita ambil adalah meskipun sertifikat bahasa tidak disyaratkan, kemampuan berbahasa Inggris akan sangat menguntungkan. Bahkan lebih baik jika bisa berbahasa Jerman. Kemampuan berbahasa akan membuka peluang dan memudahkan komunikasi antara para ferienjobber dengan lingkungan kerja.

Pengalaman Pahit, Tetap Menjadi Hal yang Menarik saat Ferienjob

Terlepas dari pengalaman menyedihkan yang mereka alami, ferienjob tetaplah pengalaman menarik bagi para mahasiswa. Banyak sekali hal-hal atau pelajaran baru bagi mereka yang sangat berguna untuk masa depan.

Nah, bagaimana? Seru banget kan kisah mereka?

Yuk, Magang dan Keliling di Jerman dengan Ferienjob

Apa itu Ferienjob? Ferienjob merupakan pekerjaan singkat selama 3 bulan di musim panas di Jerman. Selain gaji yang sesuai dengan UMR Jerman, Anda juga bisa menambah pengalaman dan relasi yang berguna untuk masa depan Anda. Yuk, daftar segera di ferienjobs.cv-gen.com.

Jika anda membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke https://resume.cv-gen.com/cv-generator.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *