CV-GEN News

Setelah Visa untuk Ferienjob Disetujui, Perlu Siapkan Hal-Hal ini!

Mendapatkan persetujuan visa adalah salah satu langkah yang penting dalam persiapan perjalanan Ferienjob ke Jerman. Setelah mendapatkan visa, ada beberapa hal yang perlu peserta siapkan atau dibawa sebelum memulai perjalanan ke negara tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang perlu peserta Ferienjob siapkan setelah visa tersetujui:

Baca Juga: Calon Ferienjob ke Jerman Wajib Bisa Bahasa Inggris

A. Hal yang Perlu Peserta Siapkan Sebelum Ferienjob ke Jerman

1. SIM Card Internet Roaming Selama 72 Jam

Ketika tiba di Jerman, memiliki koneksi internet yang dapat diakses selama minimal 72 jam sangat penting. Anda dapat membeli SIM card internet roaming sebelum keberangkatan atau setibanya di Jerman untuk memastikan Anda tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman Anda.

2. Pakaian Dalam yang Cukup

Pastikan Anda membawa pakaian dalam yang cukup selama tinggal di Jerman. Minimal 5 kaos dalam dan minimal 7 celana dalam laki-laki maupun perempuan akan menjadi jumlah yang memadai.

3. Kaos Kaki yang Cukup

Membawa cukup banyak pasang kaos kaki juga merupakan hal yang penting. Disarankan untuk membawa minimal 10 pasang kaos kaki agar Anda memiliki cadangan yang mencukupi selama tinggal di Jerman.

4. Jaket dan Thermo Pants Musim Dingin

Jerman memiliki iklim yang dingin, terutama pada musim dingin. Oleh karena itu, penting untuk membawa setidaknya dua jaket musim dingin dan dua pasang thermo pants agar Anda tetap hangat dan nyaman saat menjelajahi negara ini.

5. Persediaan Makanan Ringan

Untuk perjalanan dan saat transit yang lama, bawa roti, biskuit, dan minuman dalam kemasan kurang dari 100ml sebagai cadangan makanan ringan. Hal ini akan membantu Anda mengatasi rasa lapar saat dalam perjalanan.

6. Debit Card Internasional dan Uang Tunai

Pastikan Anda memiliki debit card internasional yang dapat digunakan di Jerman. Disarankan untuk menggunakan layanan seperti Wise agar Anda dapat dengan mudah mengakses uang Anda saat berada di negara tersebut. Selain itu, bawa juga uang tunai sekitar 100-200 euro sebagai cadangan.

7. Komunikasi dengan PPI Jerman atau Kenalan di Jerman

Jika memungkinkan, tetaplah berkomunikasi dengan PPI Jerman (Perhimpunan Pelajar Indonesia) atau kenalan yang sudah ada di Jerman sebelum berangkat. Mereka dapat memberikan tips dan trik yang berguna untuk bertahan hidup di Jerman, serta membantu Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

8. Persediaan Mie Instan dan Sambal

Jika Anda menyukai mie instan dan sambal, Anda dapat membawa sekitar 5 bungkus mie instan dan sambal dalam perjalanan Anda. Meskipun Indomie dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko Asia di Jerman atau melalui pemesanan online, memiliki persediaan sendiri dapat memberikan kenyamanan dan kesenangan pribadi.

Hal yang Perlu Peserta Siapkan Saat Ferienjob di Jerman

Setelah tiba di Jerman, ada beberapa hal yang perlu peserta persiapkan atau dibawa selama tinggal di negara tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang perlu peserta siapkan:

1. SIM Card Khusus untuk Jerman

Setelah tiba di Jerman, koordinator sarankan untuk mendapatkan SIM card lokal yang mencakup layanan internet dan telepon. Ini akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang-orang di dalam negeri dan mengakses internet dengan lebih mudah.

2. Jaket Musim Dingin

Jika Anda belum memiliki jaket musim dingin sebelum berangkat, Anda dapat membelinya secara online atau mengunjungi pasar lokal di Jerman. Terdapat berbagai pilihan jaket musim dingin dengan harga terjangkau, mulai dari 10 hingga 30 euro.

3. Thermo Pants

Jika Anda tidak sempat membawa thermo pants, Anda dapat membelinya di toko-toko seperti C&A, H&M, atau woolworth yang umumnya tersedia di Jerman. Thermo pants akan membantu menjaga suhu tubuh Anda tetap hangat di musim dingin.

4. Rencanakan Wisata Terdekat

Saat Anda sudah berada di Jerman, luangkan waktu untuk mencari dan merencanakan tempat-tempat wisata terdekat. Gunakan internet untuk mencari informasi tentang objek wisata populer, dan buatlah rencana untuk mengisi waktu luang dan akhir pekan dengan mengunjungi tempat-tempat menarik.

Yuk, Berkarir di Jerman dengan Ferienjob

Apa itu Ferienjob? Ferienjob merupakan pekerjaan singkat selama 3 bulan di musim panas di Jerman. Selain gaji yang sesuai dengan UMR Jerman, Anda juga bisa menambah pengalaman dan relasi yang berguna untuk masa depan Anda. Yuk, daftar segera di ferienjobs.cv-gen.com.

Jika anda membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke https://resume.cv-gen.com/cv-generator.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :