CV-GEN News

Sertifikat Bahasa Jerman, Seberapa Pentingkah Itu?

Tinggal di Jerman ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Jika di Indonesia kita perlu mengurus paspor, izin tinggal dan surat keterangan domisili, di Jerman kita juga harus menguasai bahasa Jerman dan bahkan kita harus mempunyai sertifikat bahasa Jerman. Lalu seberapa pentingkah sertifikat itu?

Wajib untuk warga negara Jerman

Meskipun kalian menikah dengan orang Jerman sekalipun kalau kalian tidak punya sertifikat bahasa Jerman kalian tidak dapat tinggal di Jerman. Sertifikat ini berlaku wajib untuk warga Jerman. Kalian harus memilikinya minimal sertifikat A1. Ini adalah sertifikat paling dasar yang harus dimiliki warga asing

Kelas sertifikat

Ada tingkatan level pada sertifikat bahasa Jerman. Tiap level memiliki fungsi yang berbeda – beda, berikut ini adalah urutannya

  • A1 = kursus dasar bahasa Jerman bagi orang asing. Materi mencakup Salam dan perkenalan, menelepon dan SMS, rencana, cuaca, deskripsi orang, perjalanan, sarana transportasi, belanja, mencari flat, surat kabar dan televisi, restoran, rumah sakit, situasi kerja, mencari pekerjaan, penghasilan, korespondensi bisnis. Ada tesnya.
  • A2 = kursus dasar bahasa Jerman bagi orang asing) yang materinya lebih dalam dari A1. Ada tesnya.
  • B1 = kursus bahasa Jerman bagi orang asing yang menikah dengan orang Jerman atau bagi mahasiswa Indonesia yang hendak kuliah di Jerman. Materinya ada juga tentang Hauptstadt, Bundesländer, EU, “typisch deutsch“. Ada tesnya.
  • B2 = kursus bahasa Jerman bagi orang asing yang menikah dengan orang Jerman dan sudah tinggal dalam kurun waktu tertentu di Jerman. Atau bagi mahasiswa Indonesia yang hendak kuliah di Jerman. Materi penekanan misalnya pada cara membuat surat (informal sampai formal). Ada ujiannya dengan penilaian Leseverstehen und Sprachbausteine, Hörverstehen, Schriflicher Ausdrück dan Mündliche Prüfung (tes membaca, mendengar, menulis dan lesan).
  • C1 = kursus bahasa Jerman bagi mahasiswa Indonesia yang hendak kuliah di Jerman (jurusan tertentu cukup B1 atau B2, tak jarang harus C1) atau diikuti orang asing (bukan Jerman) yang menikah dengan orang Jerman dan sudah tinggal dalam kurun waktu tertentu (bulan, tahun) di Jerman dan ingin meningkatkan kemampuan bahasanya.
  • C2 = kursus bahasa Jerman bagi orang asing yang menikah dengan orang Jerman dan sudah tinggal dalam kurun waktu tertentu di Jerman dan ingin melamar pekerjaan seperti guru di sekolah formal. Ada tesnya

Ada banyak sekali tempat yang menyediakan kursus bahasa jerman. Namun sedikit tips dari saya jika anda ingin mendapatkan sertifikat bahasa Jerman yaitu cari tempat belajar bahasa Jerman yang sudah mempunyai reputasi. Pastikan lembaga tersebut mempunyai persyaratan kurikulum yang sesuai standar Goethe Institut atau GI.