CV-GEN News

Pfand : Hanya dengan Botol Bekas Bisa Dapat Uang!

Botol dan kaleng minuman bekas, yang di Indonesia seringkali kita anggap tak berharga, memiliki arti yang berbeda di Jerman. Negara ini telah menerapkan sistem daur ulang yang biasa orang Jerman sebut Pfand, Pfandsystem, atau sistem deposit sejak tahun 2003. Kemudian, dalam sistem ini, saat Anda membeli minuman dalam kemasan botol atau kaleng, Anda membayar deposit di atas harga minuman itu sendiri. Deposit ini bisa mencapai €0,25 ($0,29) tergantung jenis kemasan.

Maka dari itu, sistem ini telah berhasil mengubah pola pikir masyarakat Jerman terhadap botol dan kaleng bekas. Sekitar 98% lebih botol dan kaleng mendapatkan daur ulang, yang merupakan lonjakan signifikan dari masa sebelum sistem ini diterapkan, di mana sekitar 3 miliar wadah minuman sekali pakai dibuang ke lingkungan setiap tahunnya.

Kemudian, dalam Pfandsystem Jerman, ada dua jenis kemasan yang berbeda. Pertama, botol yang bisa Anda gunakan berkali-kali dengan harga deposit yang ditetapkan oleh produsen, mulai dari €0,08 hingga €0,25. Botol ini dapat diisi ulang hingga 50 kali tanpa kehilangan kualitasnya. Yang kedua adalah wadah sekali pakai dengan harga deposit €0,25 yang pemerintah telah tetapkan.

Baca Juga : Sampah di Jerman : Pengelolaan dan Daur Ulang yang Oke!

Botol Mana yang Termasuk Pfand?

  • Botol dengan deposit

Botol-botol ini memiliki deposit. Anda dapat mengembalikannya di toko mana pun yang menjualnya, dan juga Anda akan mendapatkan sejumlah uang kembali.

  1. Botol bir – 0,08 € ( 0,15 € untuk botol yang dapat ditutup kembali )
  2. Kaleng aluminium – 0,25 €
  3. Botol plastik sekali pakai ( Einweg ) – 0,25 €
  4. Botol kaca dan plastik sekali pakai ( Mehrweg ) – 0,08 € hingga 0,15 € 2
  5. Wadah yoghurt Landliebe
  6. Beberapa botol anggur – 0,03 €
  • Botol Tanpa Deposit

Botol-botol ini masih bisa mendapat daur ulang, namun tidak memiliki deposit.

  1. Karton dan botol susu – masukkan ke tempat sampah daur ulang berwarna kuning.
  2. Wadah dengan logo Grüne Punkt 3 – Wadah tersebut Anda masukkan ke tempat sampah daur ulang berwarna kuning.
  3. Botol yang Anda beli di negara lain.

Di mana Melakukan Pfand Botol di Jerman?

  1. Supermarket: cari mesin pengembalian botol ( Pfandautomat ). Tempatnya terlihat seperti ini: Letaknya di dekat pintu masuk, atau di belakang toko. Mesin akan mencetak kupon. Kemudian, Anda harus membawa kupon itu ke kasir untuk mendapatkan uang Anda kembali. Beberapa toko kelontong seperti Aldi dan Lidl tidak menerima botol sekali pakai ( Mehrweg ). Rewe dan Edeka menerima sebagian besar botol.
  2. Toko minuman keras (Getränkemarkt): jika Anda memiliki banyak botol untuk dikembalikan, ini adalah tempat yang tepat.
  3. Spätis: Spätis akan menerima botol yang Anda jual ke mereka. Namun, Itu bukan tempat yang baik untuk mengembalikan banyak botol.
  4. Badan Amal: Selanjutnya, beberapa badan amal akan menerima sumbangan botol. Pfandgeben adalah cara terbaik untuk menemukannya.

Mengembalikan jenis botol tertentu mungkin sulit. Jika satu tempat tidak menerima semua botol Anda, coba juga ke tempat lain.

Tempat dan Botol dengan Logo Pfand

Kesimpulan

Proses daur ulang botol dan kaleng ini sangat efisien. Botol yang akan mendapatkan daur ulang akan menuju ke fasilitas penyortiran, di mana minuman yang kosong dimasukkan ke dalam botol serupa sebelum dikirim kembali ke toko. Botol plastik sekali pakai, setelah terkumpul, terproses menjadi pelet, akan berguna untuk membuat botol plastik baru atau benda plastik lainnya.

Maka dari itu, dengan tingkat daur ulang yang sangat tinggi seperti ini, Indonesia mungkin bisa mengambil inspirasi dari sistem Pfand Jerman untuk memberikan “nilai” pada wadah minuman bekas. Kemudian, dengan mendorong masyarakat untuk mengembalikan botol dan kaleng, kita dapat mengurangi tumpukan sampah dan mendukung upaya daur ulang yang lebih berkelanjutan.

Sumber Terkait :

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

CVGEN Bekerjasama dengan Mina Mulia. Layanan konsultasi dan coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: https://www.minamulia.com/).

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))
  • Ferienjob (Magang 3 bulan di Jerman)

Merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2.

Hubungi Silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke https://resume.cv-gen.com/cv-generator.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

  • Isi waktu luang Anda di Jerman dengan mengunjungi Samurai Museum DE, pesan tiketnya di website official Samurai Museum :https://tidd.ly/3Zne3TA