Perbedaan English Marlin Test dan TOEFLPhoto by Andy Barbour: Person checking test papers

Dalam dunia yang semakin terkoneksi secara global, kemampuan berbahasa Inggris menjadi kunci utama untuk kesuksesan dalam berbagai bidang. Dua tes yang sering menjadi tolak ukur dalam menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang adalah English Marlin Test dan Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Meskipun keduanya memiliki tujuan serupa, yakni mengukur kompetensi berbahasa Inggris, perbedaan mendasar dalam konteks penggunaan dan pendekatannya membuat keduanya unik.

English Marlin Test

1. Komunikasi Efektif dengan Penumpang dan Juga Tamu

Marlin Test memberikan fokus pada kemampuan berkomunikasi staf kapal pesiar dengan penumpang dari berbagai belahan dunia. Penguasaan bahasa Inggris di sini tidak hanya sebagai keahlian tambahan, tetapi sebagai unsur integral dalam memberikan layanan yang berkualitas.

2. Keamanan dan Keselamatan

Dalam kondisi darurat di laut, Marlin Test menempatkan pentingnya komunikasi yang efektif untuk keselamatan. Pelaut yang dapat memahami instruksi dengan jelas dalam bahasa Inggris memiliki keunggulan dalam merespons situasi darurat.

3. Peningkatan Peluang Kerja dan Kemajuan Karir

Sertifikasi Marlin Test tidak hanya membuka pintu bagi pekerjaan di kapal pesiar tetapi juga menjadi batu loncatan untuk kemajuan karir di industri ini. Meningkatkan skor dalam tes dapat membuka peluang untuk posisi yang lebih tinggi.

4. Standardisasi dan Profesionalisme

Marlin English Test berkontribusi pada standardisasi komunikasi di industri kapal pesiar, memastikan bahwa staf memiliki kemampuan bahasa Inggris setara. Hal ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang lebih profesional tetapi juga memberikan keyakinan kepada penumpang.

TOEFL

TOEFL, di sisi lain, merangkum kemampuan bahasa Inggris seseorang secara umum, tanpa keterkaitan langsung dengan industri pelayaran. Tes ini lebih difokuskan pada persiapan akademik dan kesiapan untuk berinteraksi dalam lingkungan global yang menggunakan bahasa Inggris.

1. Persyaratan Masuk Kuliah dan Program Beasiswa

TOEFL menjadi syarat umum untuk masuk ke universitas di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Eropa. Hasil tes ini sering kali digunakan sebagai kriteria dalam program beasiswa atau pertukaran pelajar.

2. Penguasaan Empat Keterampilan Bahasa

TOEFL mengukur kemampuan menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Inggris. Dalam konteks akademik, tes ini menjadi alat screening untuk program beasiswa dan pertukaran pelajar.

3. Tiga Generasi Pergantian Format

TOEFL telah mengalami evolusi format dari Paper Based Test (PBT) ke Computer Based Test (CBT), dan kemudian ke Internet Based Test (IBT). Setiap perubahan format membawa perbedaan dalam cara skor dihasilkan.

Kesimpulan: Perbedaan English Marlin Test dan TOEFL

Dalam merinci perbedaan English Marlin Test dan TOEFL, penting untuk memahami bahwa keduanya berfungsi di konteks yang berbeda. Marlin Test lebih berfokus pada kebutuhan komunikasi di industri kapal pesiar, sementara TOEFL menilai kesiapan bahasa Inggris untuk konteks akademik global.

Bagi individu yang berminat bekerja di kapal pesiar, Marlin Test menjadi langkah yang nyata untuk memasuki industri ini dengan kemampuan bahasa Inggris yang diakui. Sementara TOEFL tetap menjadi standar dalam mengukur kemampuan bahasa Inggris bagi mereka yang bercita-cita untuk mengejar pendidikan tinggi di luar negeri.

Dengan memahami perbedaan ini, calon pelaut dan juga pelajar dapat memilih tes yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan mereka, membawa mereka lebih dekat kepada kesuksesan dalam karir atau studi mereka.

Sumber Terkait:

Yuk, Jadi Kru Kapal Pesiar Profesional!

Tertarik menjadi seorang pelaut?

Yuk! Wujudkan impian menjelajahi lautan dunia sebagai seorang kru kapal pesiar profesional! cv-gen.com menghadirkan platform pelaut yang menjamin penempatan di kapal pesiar internasional.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari industri maritim yang menarik ini. Untuk itu, CV-Gen telah membuka pendaftaran untuk posisi kru kapal pesiar yang menarik di seluruh dunia. Kemudian, dengan mengunjungi Pelaut CVGEN, Anda akan memiliki akses ke berbagai peluang karir yang menantang dan mengasyikkan.

CVGEN dan layanan peluang kerja ke kapal pesiar dunia. Layanan termasuk pelatihan, dokumen kepelautan, STCW, diklat, dan juga tidak perlu cari kapal. Kemudian, yang paling penting, yaitu interview pihak perusahaan kapal pesiar datang langsung ke sekolah.

CVGEN dan layanan asrama bahasa inggris juga bekerjasama dengan kampung Inggris Pare. Asrama bahasa Jerman termasuk pemantapan bahasa Inggris dari nol sampai bisa conversation, lulus marlin test, atau lulus TOEFL dan IELTS sesuai target program ke negara maju.

Maka dari itu, bergabunglah dengan ribuan profesional maritim terampil dan berbakat yang telah memilih CV-Gen sebagai mitra karir mereka.

Kemudian, jika anda membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *