CV-GEN News

Memperpanjang Visa di Jerman: Bagaimana Caranya?

Bagi para pengunjung yang tiba di Eropa dengan visa jangka pendek Jerman, memperpanjang visa mereka menjadi mungkin dalam beberapa kasus. Namun, perlu Anda ingat bahwa perpanjangan visa tersebut membatasi perjalanan hanya di wilayah Jerman.

Baca Juga: Kebutuhan Dasar WNI Sebelum dan Setelah Ke Jerman

Alasan Memperpanjang Visa di Jerman

Peraturan Parlemen dan Dewan Eropa memungkinkan perpanjangan visa kunjungan jangka pendek di Jerman dalam situasi tertentu. Ini termasuk kondisi kahar, alasan kemanusiaan, alasan pribadi penting, dan juga keterlambatan masuk ke Jerman.

Proses Aplikasi

Proses aplikasi perpanjangan visa relatif sederhana dan cepat. Calon harus mengajukan permohonan dan menyertakan dokumen yang diperlukan, serta melewati wawancara singkat.

Di mana Mengajukan Permohonan

Lamaran perpanjangan visa harus seseorang ajukan di Service Point Kantor Pendaftaran Orang Asing terdekat dengan tempat tinggal saat ini di Jerman.

Dokumen yang Diperlukan untuk Memperpanjang Visa Jerman

  • Paspor , bersama dengan visa yang masih berlaku yang Anda gunakan untuk memasuki Jerman, artinya Anda harus mengajukan permohonan sebelum masa berlaku visa Anda habis, bukan setelahnya.
  • Surat Kuasa dengan paspor atau Dokumen ID Pribadi
  • Formulir permohonan perpanjangan Visa Schengen Jerman
  • Satu foto sesuai standar ICAO
  • Bukti Penghasilan, berupa rekening koran atau tiga lembar slip gaji terbaru
  • Asuransi Kesehatan – untuk seluruh masa tinggal yang diperpanjang di Jerman
  • Dokumentasi lain yang membuktikan situasi Anda di Jerman

Waktu Proses dan Biaya

Proses perpanjangan visa biasanya memakan waktu hingga satu bulan. Biaya perpanjangan berbeda tergantung pada alasan permohonan, namun ada kemungkinan biaya dispensasi untuk alasan kemanusiaan atau keadaan kahar.

Tindakan Lanjutan

Memperpanjang visa adalah langkah penting untuk mempertahankan status legal di Jerman. Namun, perubahan dalam status pribadi atau pekerjaan dapat memengaruhi izin tinggal Anda, sehingga penting untuk menghubungi otoritas imigrasi atau pengacara jika menghadapi situasi yang kompleks.

Kesimpulan: Memperpanjang Visa di Jerman

Dalam kesimpulannya, proses perpanjangan visa kunjungan jangka pendek di Jerman membutuhkan pemahaman yang mendalam akan persyaratan, prosedur, dan alasan yang dapat menjadi dasar permohonan. Meskipun dapat memungkinkan tinggal lebih lama di Jerman dalam situasi tertentu, pengunjung harus memperhatikan batasan-batasan yang berlaku, seperti keterbatasan perjalanan di luar Jerman selama proses perpanjangan. Oleh karena itu, penting bagi mereka yang ingin memperpanjang visa mereka untuk mempersiapkan dokumen dengan cermat, memahami waktu dan biaya yang terlibat, serta mengambil tindakan lanjutan yang diperlukan untuk menjaga status legal mereka di Jerman.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan sistem hukum di Jerman yang sangat bagus, ini sangat berguna bagi Anda yang ingin belajar lebih luas!

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Kemudian, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :