CV-GEN News

Cara Membuat Passport Indonesia di Jerman

Seringkali kita sebagai orang Indonesia yang menetap di Jerman kebingungan, bagaimana harus memulai saat ingin membuat passport baru bagi anak baru lahir di Jerman maupun kita sendiri sebagai orang Indonesia yang hendak memperpanjang passport saat di Jerman.

Sebagaimana yang kita ketahui, di Jerman ada 3 fasilitas Kedutaan di 3 kota besar di Jerman untuk WNI (Warga Negara Indonesia), yakni:

Yang mana masing masing konsulat memiliki fungsi hampir sama untuk urusan kewarganegaraannya sebagai WNI di Jerman. Nah, bagaimana dengan urusan perpanjang passport atau membuat passport baru saat di Jerman? Berikut ringkasan yang penulis rangkum untuk mempermudah WNI yang menetap di Jerman.

Syarat dan cara cara di bawah ini juga mencakup permohonan passport anak berkewarganegaraan ganda.

Jika anda adalah WNI yang menetap di Jerman, menikah dengan WN non Indonesia dan memiliki anak hasil pernikahan campuran, maka anak anda sesuai hukum di Jerman dan di Indonesia berhak memiliki 2 kewarganegaraan mengikuti orang tuanya sampai berusia 18 tahun. Olehnya kesempatan ini dapat anda manfaatkan untuk segera membuat passport Jerman dan passport Indonesia bagi anak anda. Bagaimana syarat syarat dan langkah langkahnya?

Passport Anak Berkewarganegaraan Ganda

Pertama tama, Ajukan Passport Jerman Anak

  1. Saat di RS setelah melahirkan, RS biasanya akan konfirmasi ke kita kalau mereka akan notice pemerintah setempat dan Akta Lahir Anak akan dikirim ke alamat rumah kita
  2. Buat Termin Pengajuan Passport Anak ke pemerintah setempat
  3. Akta lahir tersebut dapat dibawa ke Membuat Passport Jerman. Saat termin jangan lupa bawa foto anak/bayi untuk Passport. Cara mudahnya, anda ke studio foto di Jerman request foto untuk passport bayi. Jadi dalam waktu 5 menit.
  4. Tidak sampai 10 menit Passport Jerman untuk anak jadi oleh pemerintah Jerman

Kemudian, Ajukan Passport Indonesia Anak

  1. Bikin email khusus untuk lapor diri anak di website imigrasi Indonesia . Klik Daftar
  2. Anak/Bayi Anda akan diberikan kode Lapor Diri berawalan LD. Meskipun status belum terferivikasi, kode LD ini merupakan kode LD anak anda.
  3. Membuat Termin di konsulat Indonesia terdekat di kota tinggal anda di Jerman. KBRI Berlin, KJRI Frankfrut, KJRI Hamburg
  4. Setelah mengisi formulir termin pengajuan passport, anda akan menerima email konfirmasi waktu dan jam yang disetujui agar anda dapat datang untuk pengajuan passport Indonesia anak/bayi anda. Bersama email tersebut juga lengkap diinformasikan syarat syarat pengajuan passport di konsulat Indonesia terdekat di tempat tinggal anda di Jerman

Pengajuan Passport bagi WNI di Jerman

Syarat syarat yang dicantumkan melalui link di nomor 8 telah mencakup syarat pengajuan passport secara umum, yakni:

  • Punya nomor Lapor Diri
  • Membuat Termin Datang ke konsulat Indonesia untuk membuat/memperpanjang passport anda
  • Datang di waktu dan hari yang telah ditentukan membawa kelengkapan persyaratan lengkap
  • Passport anda akan jadi dalam waktu 2-3 minggu. Anda dapat memilih untuk datang mengambil passport anda saat jadi atau passport yang telah jadi akan dikirim ke alamat anda di Jerman oleh konsulat Indonesia di Jerman. Silahkan konsultasikan ke petugas konsulat saat anda datang saat termin passport anda

Demikian, semoga membantu.

Bergabung dengan Komunitas Jerman Indonesia

Sebagai orang Indonesia, tergabung dalam komunitas komunitas dengan member supportive adalah salah satu privilidge yang dapat menyelamatkan anda dari hal hal negative. Informasi yang akan anda peroleh adalah langsung dari sumbernya.

Dari mana kita mengukur keberhasilan sebuah komunitas? Adalah dari kemampuan komunitas tersebut menyelesaikan masalah anggota anggotanya secara langsung dan terarah.

Jika anda menemui kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya. Bergabung dengan komunitas komunitas orang Indonesia di negara negara di Eropa juga akan sangat membantu anda meski baru mulai dari 0 ataupun telah memiliki sebagian dan beberapa pengetahuan tentang menetap dan berkarir di Jerman.

Berikut beberapa link yang akan bermanfaat bagi anda jika anda ingin mencari tau lebih banyak informasi karir dan menetap di Jerman: