CV-GEN News

Mahasiswa dan Azubi di Jerman: Perubahan Gembira di 2024!

Mulai Maret 2024, Jerman membuka pintu lebar-lebar bagi mahasiswa dan calon Azubi dari luar negeri, termasuk Indonesia, dengan menghadirkan berbagai kemudahan dan peluang baru. Perubahan signifikan pemerintah lakukan dalam regulasi visa pelajar dan persyaratan Ausbildung. Hal ini memberikan harapan baru bagi para pencari pendidikan dan karier di negeri Jerman.

Baca Juga: IR GmbH di Jerman: Penyelamat Ferienjob 2023

Untuk Mahasiswa di Jerman

Pertama, untuk mahasiswa di Jerman. Peluang kerja paruh waktu bagi warga negara asing, termasuk Indonesia, semakin meluas dengan perubahan dalam visa pelajar. Batas waktu kerja tahunan dinaikkan menjadi 140 hari penuh atau 280 hari paruh waktu, dari sebelumnya hanya 120 hari penuh atau 240 hari paruh waktu. Bahkan, calon mahasiswa yang sedang menunggu penempatan di universitas atau mempersiapkan bahasa juga mendapat kesempatan untuk bekerja paruh waktu hingga 20 jam per minggu. Keputusan ini tidak hanya memberikan kesempatan ekonomi tambahan, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar di Jerman.

Untuk Azubi di Jerman

Kemudian, bagi calon Azubi, Jerman kini menjadi tujuan yang lebih menarik dengan perubahan signifikan dalam persyaratan Ausbildung. Batas usia untuk pelamar dinaikkan dari 25 menjadi 35 tahun. Sementara persyaratan kemampuan bahasa Jerman turun menjadi level B1 (GER), membuka pintu bagi lebih banyak orang untuk mengejar karier di bidang mereka. Durasi tinggal maksimum dinaikkan menjadi 9 bulan, sambil memungkinkan pekerjaan tambahan hingga 20 jam per minggu dan percobaan dua minggu sebelum memutuskan untuk mengambil Ausbildung yang diinginkan.

Tidak hanya itu, bagi mereka yang sudah menjalankan Ausbildung, peluang pekerjaan tambahan juga semakin luas. Semua Azubi sekarang mendapat kesempatan untuk mengambil pekerjaan tambahan hingga 20 jam seminggu, memberikan kesempatan untuk memperluas pengalaman praktis mereka dan meningkatkan keterampilan.

Jadi jangan ragu-ragu untuk mencari kerja tambahan, jika calon pemberi kerja meragukan, jangan sungkan-sungkan untuk ke ABH (Ausländerbehörde) meminta surat keterangan di visum Anda. ABH adalah kantor imigrasi atau kantor yang bertanggung jawab atas urusan imigrasi dan visa di Jerman. Mereka bertanggung jawab untuk mengurus izin tinggal, visa, dan masalah imigrasi lainnya bagi penduduk asing yang tinggal atau ingin tinggal di Jerman. Kantor ini juga bisa memberikan informasi tentang peraturan imigrasi, prosedur aplikasi visa, dan persyaratan izin tinggal.

Kesimpulan: Kabar Gembira untuk Mahasiswa dan Azubi di Jerman

Dalam kesimpulan, perubahan signifikan dalam regulasi visa dan persyaratan Ausbildung di Jerman memberikan berita baik bagi mahasiswa dan calon Azubi, termasuk dari Indonesia. Peningkatan dalam peluang kerja paruh waktu untuk mahasiswa serta fleksibilitas dalam pencarian tempat Ausbildung bagi calon Azubi menciptakan peluang baru yang menarik. Dengan demikian, Jerman semakin menjadi tujuan yang menjanjikan bagi mereka yang ingin mengejar pendidikan dan karier di negara tersebut, memberikan harapan baru dan potensi pertumbuhan yang berharga bagi para pencari pendidikan dan peluang kerja.

Dengan berbagai perubahan ini, mahasiswa dan calon Azubi dari Indonesia dan seluruh dunia memiliki lebih banyak alasan untuk memilih Jerman sebagai destinasi pendidikan dan karier. Namun, penting bagi mereka untuk tetap mematuhi aturan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan kesesuaian visa dan izin tinggal mereka.

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen. Dengan sistem hukum di Jerman yang sangat bagus, ini sangat berguna bagi Anda yang ingin belajar lebih luas!

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Kemudian, apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :