Krisis Keuangan di Jerman: Dampaknya Pada Program FSJ/BFDGambar dari Rawpixel Ltd: Group of happy and diverse volunteers

Program Freiwilliges Soziales Jahr (FSJ) dan Bundesfreiwilligendienst (BFD) di Jerman mengalami perubahan signifikan yang mengejutkan calon relawan. Mulai tahun 2024, pemerintah Jerman akan mengurangi drastis jumlah lowongan untuk kedua program ini sebagai bagian dari upaya penghematan anggaran di bidang dinas sosial. Menurut pernyataan resmi pemerintah, sekitar 30.000 lowongan FSJ/BFD akan pemerintah hapus pada tahun 2024, menciptakan tantangan besar bagi individu yang bercita-cita menjadi relawan atau pekerja sosial selama setahun penuh. Pemangkasan anggaran dinas sosial sebesar 75 juta euro pada tahun 2024 menjadi indikator nyata dari situasi ekonomi yang sulit di Jerman atau krisis keuangan.

Baca Juga: Pembatalan Tiket Instan di Deutsche Bahn – Panduan Ringkas!

Alasan di Balik Keputusan Kontroversial Akibat Krisis Keuangan di Jerman

Krisis ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 tahun lalu dan krisis energi saat ini menjadi pemicu utama pemotongan anggaran ini. Pemerintah Jerman, dalam upayanya untuk memprioritaskan sektor energi dan memodernisasi industri, memutuskan untuk mengalihkan anggaran dari beberapa area, termasuk dinas sosial.

Keputusan ini menimbulkan dampak negatif, terutama pada industri kesehatan yang membutuhkan relawan dari program FSJ/BFD. Kurangnya dana akan membuat kekurangan tenaga kerja semakin sulit terpenuhi, mengingat populasi Jerman yang semakin menua.

Dampak Luas dan Kekhawatiran Masa Depan

Dampaknya tidak hanya dirasakan oleh calon relawan, tetapi juga secara keseluruhan pada industri kesehatan. Banyak calon peserta FSJ/BFD yang sekarang harus merencanakan ulang keberangkatan mereka, menciptakan ketidakpastian dan kepanikan.

Keterpaksaan Pemerintah Jerman Karena Krisis Keuangan

Pembekuan anggaran yang diumumkan pada 21 November 2023 oleh Kementerian Keuangan Federal menambahkan ketidakpastian, dengan pembatalan perjanjian dan perpanjangan yang berlaku mulai tahun 2024. Calon relawan diharapkan untuk tidak mengirimkan perjanjian mereka, sementara perpanjangan hanya dapat disetujui hingga akhir layanan pada 31 Desember 2023.

Pemerintah Jerman meminta pengertian atas tindakan luar biasa yang diperlukan, namun reaksi dari masyarakat, termasuk dari dalam Jerman sendiri, menunjukkan ketidaksetujuan terhadap keputusan ini. Meskipun program FSJ/BFD tetap ada, pemangkasan anggaran ini mempersempit peluang dan menimbulkan keprihatinan akan masa depan program ini.

Kesimpulan: Dampak Krisis Keuangan di Jerman bagi Program FSJ/BFD

Dalam kesimpulan, perubahan dramatis pada program Freiwilliges Soziales Jahr (FSJ) dan Bundesfreiwilligendienst (BFD) di Jerman menciptakan tantangan serius bagi calon relawan. Pemotongan anggaran yang signifikan, seiring dengan pembekuan anggaran untuk tahun 2024, menciptakan ketidakpastian besar dan meruncingnya persaingan untuk mendapatkan tempat dalam program tersebut. Alasan di balik keputusan ini, yaitu krisis ekonomi dan fokus pemerintah pada sektor energi, memberikan dampak negatif yang meluas, terutama pada industri kesehatan yang sangat bergantung pada relawan dari program ini. Kesimpulannya, kebijakan ini menimbulkan kekhawatiran akan masa depan program FSJ/BFD dan menyulitkan para calon peserta dalam merencanakan partisipasi mereka.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Walaupun program FSJ/BFD di Jerman sedang krisis, bukan berarti impian Anda ke Jerman pupus begitu saja. Anda juga bisa loh mengikuti program lain, misalnya Ausbildung, yaitu program sekolah sambil kerja di Jerman. Tak hanya itu, program lain juga ada, jika Anda sudah mempunyai skill, yaitu menjadi pekerja profesional di Jerman. Menariknya, sekarang ada CVGEN sebagai lembaga support, yaitu lembaga yang membimbing Anda untuk bisa berkarir di Jerman tanpa agen. Sekalian, CVGEN juga menawarkan kesempatan belajar bahasa Jerman, jika Anda sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia, dengan mengikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2.

Tertarik? Yuk! Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *