CV-GEN News

Mahasiswa Indonesia boleh Ferienjob ke Jerman? Kok Bisa?!

Kok Bisa Mahasiswa Indonesia Ferienjob ke Jerman?

Bermula dari seorang perempuan Indonesia asal Madiun, Enik Waldkönig. Enik menikah dengan seorang IT Recruitment asal Jerman. Ron Waldkönig. Awal mulanya pasangan Waldkonig ini team up sebagai recruiter mengisi kebutuhan tenaga kerja di Jerman. Pekerja pekerja dan mahasiswa yang melamar sebagai pekerja sampingan didominasi oleh mahasiswa dan pekerja dari negara negara tetangga EU, seperti Rusia, Hungary, Ukrain, Bulgaria, Yunani, dan lain sebagainya.

Ketika perang antara Rusia dan Ukraina kembali meledak tahun 2022, kebutuhan tenaga kerja musiman oleh mahasiswa yang memanfaatkan waktu liburnya tidak dapat diisi lagi oleh negara negara pemasok di atas. Banyak perusahaan perusahaan di Jerman panik. Dampak dari perang tersebut bukan hanya isu energi, melainkan juga adalah isu kekurangan pasokan tenaga kerja musiman.

Melihat peluang ini, Pasangan Waldkönig dengan mantap maju dan menyodorkan Indonesia sebagai prioritas negara yang akan mereka propose ke badan otoritas Jerman dan ke Perusahaan Perusahaan Partner di Jerman.

Administrasi

Ferienjob awal mulanya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari dalam Jerman sendiri, negara negara EU atau negara negara eropa tetangga. Pasangan Waldkönig menguatkan argumennya bahwa tidak ada landasan hukum Ferienjob di Jerman hanya untuk negara negara EU. Ini berarti pelamar dari negara negara dunia ke tiga seharusnya tidak memiliki masalah untuk turut berpartisipasi.

Bukan hanya argumen dasar hukum, kelengkapan administrasi yang harus dilalui oleh pasangan Waldkönig memperjuangkan ferienjob untuk Indonesia dapat dikatakan tidak mudah.

Akhirnya, dengan backup penuh dari 4 perusahaan partner di Jerman yang bersama sama mendukung pasangan Waldkönig, badan otoritas Jerman luluh dan membolehkan ferienjob pertama kalinya untuk Indonesia di 2022.

Foto Ron Waldkönig bersama salah satu mahasiswa peserta ferienjob 2022 asal Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia, Lukman Hakim.

Pertama Kalinya Indonesia boleh Ferienjob ke Jerman

2022 menjadi tahun manis bagi Indonesia. Mahasiswa mahasiswi Indonesia atas inisiatif pasangan Waldkönig dan dukungan 4 perusahaan partner di Jerman berhasil membuat ratusan mahasiswa dari Indonesia menerima persetujuan badan otoritas pemerintah Jerman. November 2022 untuk pertama kalinya, mahasiswa mahasiswi Indonesia menginjakkan kaki di Jerman untuk ferienjob.

Mahasiswa Mahasiswi Indonesia dinilai sebagai Peserta Ferienjob Terbaik oleh Jerman

Dalam pelaksanaannya untuk pertama kali, tidak sedikit kendala dan rintangan yang dihadapi. Seperti:

  • Bagaimana caranya memiliki rekening euro sebelum di Jerman?
  • Bagaimana dengan jenis visanya?
  • Bagaimana sistem mobilisasi mahasiswa/i sampai ke apartemen di Jerman
  • Dan hal hal teknis dan non teknis

Yang pertama kali tentu saja adalah yang paling menantang dan membekas. Mahasiswa/i Indonesia berhasil melampaui semuanya dengan tanpa rintangan berarti. Bahkan metode metode solutif oleh tim dari Indonesia menjadi contoh untuk peserta ferienjob dari negara lain.

Semua ini bertolak dari tim solid koordinator yang dibentuk oleh pasangan Waldkönig baik di Indonesia maupun yang di Jerman.

Ke-3 dari kanan, Enik Waldkönig, pelopor Ferienjob ke Jerman untuk Indonesia
Ke-3 dari kanan, Enik Waldkönig, pelopor Ferienjob ke Jerman untuk Indonesia

Ke-tiga dari kanan, Enik Waldkönig. Bersama mahasiswa peserta ferienjob 2022 asal Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Website Daftar Ferienjob untuk Mahasiswa di Indonesia

Berkat prestasi dan kerja keras banyak pihak sehingga untuk pertama kalinya Ferienjob oleh mahasiswa/i Indonesia, kini dan sampai 10 tahun ke depan, tidak sedikit perusahaan perusahaan di Jerman antri untuk peroleh pekerja musiman ferienjob dari mahasiswa/i Indonesia.

Berdasarkan pengakuan pasangan Waldkönig, untuk tahun 2023 ini saja permintaan dari perusahaan perusahaan partner di Jerman yang masuk ke mereka adalah 3000 mahasiswa/i Indonesia. Perusahaan perusahaan di Jerman bahkan menawarkan pendanaan dan dana talangan yang akan mereka berikan ke mahasiswa/i Indonesia untuk melancarkan program ini bagi Indonesia.

Melalui Website Ferienjob Indonesia, mahasiswa mahasiswi Indonesia dari Universitas yang diakui oleh Jerman dapat melakukan pendaftaran baik secara mandiri ataupun atas rekomendasi universitas.

Manfaat untuk Indonesia

Perjalanan masih panjang. Ibarat kata astronot yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan akan dikenang, tetapi pencapaian hingga terbit ribuan satelit buatan mengelilingi bumi sebagai dampak dari pencapaian tersebut akan terus berproses.

Manfaat bagi mahasiswa/i Indonesia atas ferienjob ke Jerman untuk Indonesia tentu saja akan berdampak pada banyak hal, seperti:

  • Pengalaman
  • Gaya hidup generasi kita
  • Melakukan perbandingan perbandingan sebelum memutuskan untuk memilih Jerman sebagai negara tujuan untuk karir jangka panjang
  • Universitas memiliki program yang dapat menyalurkan minat bakat mahasiswa langsung ke negara dengan sistem yang dapat kita tiru
  • Banyak hal yang mungkin saat ini belum terpikirkan akan menjadi efek positif bagi Indonesia ke depannya.

Harapan kita semua adalah untuk yang terbaik. Benar, kan?

Bergabung dengan Komunitas Jerman Indonesia

Sebagai orang Indonesia, tergabung dalam komunitas komunitas dengan member supportive adalah salah satu privilidge yang dapat menyelamatkan anda dari hal hal negative. Informasi yang akan anda peroleh adalah langsung dari sumbernya.

Dari mana kita mengukur keberhasilan sebuah komunitas? Adalah dari kemampuan komunitas tersebut menyelesaikan masalah anggota anggotanya secara langsung dan terarah.

Jika anda menemui kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya. Bergabung dengan komunitas komunitas orang Indonesia di negara negara di Eropa juga akan sangat membantu anda meski baru mulai dari 0 ataupun telah memiliki sebagian dan beberapa pengetahuan tentang meniti karir ke Jerman dan negara negara maju lainnya.

Berikut beberapa link yang akan bermanfaat bagi anda jika anda ingin mencari tau lebih banyak informasi karir dan menetap di Jerman: