CV-GEN News

Kehidupan Warga Muslim di Jerman: Apakah Baik-Baik Saja?

Di kota Bonn, Jerman, terdapat banyak tempat makan yang menyediakan makanan halal, masjid, dan komunitas muslim yang ramah. Kota Bonn sebagai bekas ibukota Jerman menawarkan berbagai fasilitas dan layanan untuk memenuhi kebutuhan warga muslim yang tinggal di sana. Selain itu, fakta ini juga sejalan dengan data statistik yang menunjukkan bahwa Nordrhein-Westfalen (NRW), negara bagian di mana kota Bonn berlokasi, adalah negara bagian Jerman dengan populasi muslim terbesar.

Baca Juga : Masjid di Jerman ini Pertama Kali Mengumandangkan Adzan?

Warga Muslim Jerman Mayoritas di NRW

Menurut data, sekitar 30 persen dari sekitar 5 juta muslim di Jerman tinggal di NRW. Hal ini menjadikan NRW sebagai pusat kehidupan muslim yang beragam dan aktif. Tidak mengherankan juga jika masjid terbesar di Jerman berlokasi di kota Köln, yang terletak di negara bagian NRW. Jumlah total masjid di Jerman mencapai sekitar 2800, namun hanya sekitar 300 di antaranya yang memiliki ciri khas yang mudah warga kenali sebagai masjid berdasarkan menara atau kubahnya.

Masjid Termegah di Jerman

Salah satu masjid yang menjadi sorotan adalah Zentralmoschee atau masjid pusat Köln. Masjid ini merupakan bangunan megah dengan luas sekitar 4500 meter kuadrat dan mampu menampung hingga 1200 jemaah. DIBIT, sebuah organisasi muslim Turki, membangun masjid ini dengan biaya sekitar 30 juta euro atau sekitar 450 miliar rupiah. Dua pertiga dari dana pembangunan berasal dari sumbangan jamaah dan 884 organisasi Islam, sementara sisanya donasi oleh gereja Katolik Santo Theodor, yang khusus menggalang dana untuk pembangunan masjid ini.

Di Jerman, tanggal 3 Oktober setiap tahunnya menjadi “Tag der Offenen Moschee” atau “Hari Masjid Terbuka”. Pada hari ini, masjid-masjid di seluruh Jerman membuka pintu untuk para pengunjung, terutama mayoritas non-muslim. Mereka menawarkan tur masjid, diskusi panel, serta pameran buku dan seni untuk mengenalkan kehidupan muslim kepada masyarakat umum.

Organisasi Islam di Jerman

Terkait pengelolaan masjid di Jerman, berbagai asosiasi Islam turut berperan. Asosiasi yang paling terkenal dan terbesar di Jerman dalam hal jumlah anggota adalah DITIB. Meskipun DITIB mengelola banyak masjid di Jerman, asosiasi ini juga mendapat kritik karena memiliki keterkaitan dengan Diyanet, otoritas keagamaan Turki. Sebagai akibatnya, sebagian imam yang berada di masjid-masjid di Jerman mendapatkan pelatihan di Turki dan mendapat dana oleh pihak Turki.

Untuk meningkatkan jumlah imam yang juga mampu berkhotbah dalam bahasa Jerman, berdirilah akademi pendidikan agama Islam pertama di Jerman, yang bernama Islamkolleg Deutschland (IKD). Akademi ini berlokasi di Osnabrück dan merupakan bagian dari program khusus yang merupakan rancangan oleh Kementerian Dalam Negeri Jerman. Sebagai kementerian yang bertanggung jawab atas urusan agama dan kepentingan kelompok agama, langkah ini berharap dapat mendukung perkembangan kehidupan muslim di Jerman.

Warga Muslim Indonesia Juga Punya Masjid di Jerman

Di Jerman, juga ada masjid yang dikelola oleh warga muslim Indonesia. Meskipun bentuknya adalah ruangan yang disewa dan difungsikan sebagai tempat ibadah, masjid Indonesia ini telah hadir di beberapa kota seperti Berlin, Frankfurt am Main, Hamburg, München, dan Bremen.

Tingkat Religiositas Warga Muslim di Jerman

Untuk lebih memahami tingkat religiositas warga muslim di Jerman, Pusat Penelitian Migrasi, Integrasi, dan Suaka dari Kantor Federal Jerman untuk Migrasi dan Pengungsi melakukan penelitian “Muslimisches Leben in Deutschland 2020” atau “Kehidupan Muslim di Jerman Tahun 2020.” Penelitian ini berlangsung dari Juli 2019 hingga Maret 2020 dan melibatkan ribuan responden muslim di Jerman, menjadikannya sebagai studi representatif nasional terbesar tentang kehidupan muslim di Jerman.

Hasil penelitian menunjukkan beberapa poin menarik. Pertama, masih banyak warga muslim di Jerman yang berasal dari Turki, mencapai 45% dari total 5,5 juta muslim di negara itu. Kedua, mayoritas populasi muslim di Jerman relatif muda, dengan hanya 5% yang berusia di atas 64 tahun. Ketiga, sekitar 47% dari warga muslim di Jerman memiliki kewarganegaraan Jerman. Terakhir, 70% warga muslim di Jerman menyatakan bahwa mereka mematuhi aturan makan atau minum yang halal, sementara 66% merayakan hari raya keagamaan. Namun, proporsi mereka yang menunaikan shalat setiap hari lebih rendah, yakni hanya 39%.

Integrasi Sosial Warga Muslim di Jerman

Tentu saja, integrasi sosial juga menjadi aspek penting dalam kehidupan muslim di Jerman. Berdasarkan penelitian, tidak ada tanda-tanda segregasi etnis di kalangan muslim, bahkan sebagian besar merasakan hubungan yang kuat dengan Jerman. Perkumpulan atau klub yang disebut “Verein” dalam bahasa Jerman menjadi wadah bagi warga muslim dan non-muslim di Jerman untuk bergabung dan berinteraksi satu sama lain. Banyak muslim yang menjadi anggota Verein tergabung dalam asosiasi atau perkumpulan Jerman, menunjukkan integrasi yang kuat dalam kehidupan sosial masyarakat. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa warga muslim yang memiliki lebih sedikit kontak sosial lebih ingin meningkatkan interaksi dengan warga Jerman tanpa latar belakang migrasi, menunjukkan keinginan kuat untuk berintegrasi dengan masyarakat setempat.

Sumber Terkait : https://youtu.be/tqkTgx6SThc

Yuk, Magang dan Keliling di Jerman dengan Ferienjob

Ingin berkunjung ke masjid pusat Köln di Jerman? Ingin merasakan mendengarkan suara Adzan di Eropa yang minoritas muslim? Hal ini pastinya sangat menarik bagia kalian yang beragama Islam. Untuk mewujudkannya, Anda bisa loh! Yuk, ikut program Ferienjob!

Apa itu Ferienjob? Ferienjob merupakan pekerjaan singkat selama 3 bulan di Jerman. Kini hadir peluang untuk para mahasiswa Indonesia. Selain gaji yang sesuai dengan UMR Jerman, kamu juga bisa menambah pengalaman dan relasi yang berguna untuk masa depan kamu.

Langsung aja! Yuk, daftar segera di ferienjobs.cv-gen.com. 

Jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke https://resume.cv-gen.com/cv-generator.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :