Kasir Mandiri di Jerman: Bisa Bayar Sendiri, Jadi Lebih Santai!Photo by Marco Verch: Den Einkauf bei Rewe mit dem Handy scannen: Scan&Go Technologie im deutschen Supermarkt

Di Jerman, pengalaman membayar di kasir biasa bisa menjadi momen yang cukup membuat panik, dengan petugas kasir manual yang cenderung menekankan kecepatan. Namun, perubahan signifikan terjadi dengan diperkenalkannya kasir mandiri di Jerman, seperti yang diterapkan oleh beberapa toko dan supermarket, termasuk supermarket terkemuka, REWE.

Baca Juga: Mengembalikan Paket di Jerman VS di Indonesia: Mudah Mana?

Kemudahan Kasir Mandiri di Jerman

Salah satu inovasi yang REWE tawarkan adalah sistem pembayaran bernama REWE Scan and Go. Prosesnya mudah, dengan pelanggan hanya perlu membawa barang belanjaan ke alat kasir mandiri, memindai masing-masing item menggunakan alat pemindai genggam atau aplikasi.

Cara penggunaannya juga mudah, di mesin REWE Scan and Go, tinggal memencet tombol di layar, yang nantinya mesin akan memilihkan alat pemindai dengan lampu menyala berwarna hijau. Alat lalu Anda ambil dan siap Anda gunakan untuk memindai kode batang di produk atau di rak untuk item tertentu. Untuk memindai, tinggal pencet tombol yang akan mengaktifkan sensor pembaca kode batang, yang jika berhasil, nama produk dan harganya akan masuk ke daftar belanja.Layar pada alat bisa Anda sentuh untuk mengubah jumlah atau menghapus barang. Jumlah yang harus Anda bayar muncul juga di layar, sehingga kita bisa dengan cepat tahu berapa total belanjaan. Jika ada promo dan diskon, Anda juga bisa tahu karena potongan atau diskonnya juga muncul di layar.

Di troli bahkan disediakan holder untuk meletakkan alat pemindai ini di bagian gagang. Setelah selesai, lalu memencet tombol yang bertuliskan “Selesai dan Bayar”, yang kemudian layar akan menampilkan kode batang untuk dipindai di mesin kasir otomatis atau ke kasir biasa. Pembayarannya juga mudah, bisa pakai tunai, menggunakan kartu atau melalui Handphone. Tinggal membayar berapa total belanjanya tanpa memindai ulang. Sistem ini memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk mengelola daftar belanjaan mereka sendiri.

Kasir Mandiri Apakah Dapat Menggeser Kasir Manual?

Meskipun memberikan kenyamanan, penggunaan kasir mandiri juga menghadirkan pertanyaan tentang nasib para kasir manual. Seiring adopsi teknologi ini, pertanyaan muncul tentang apakah pekerjaan kasir akan tergantikan oleh mesin? Namun, perlu Anda ingat bahwa kasir mandiri tidak sepenuhnya menggantikan peran kasir konvensional, karena keberadaan petugas masih diperlukan untuk memastikan integritas transaksi, terutama pada produk dengan batas usia seperti minuman beralkohol atau rokok.

Ketidakpastian terkait pekerjaan kasir juga mencuat, dengan pertimbangan kejujuran pelanggan menjadi kunci utama. Tanpa pemeriksaan fisik antara barang yang dipindai dan yang diambil, kepercayaan pada sistem ini sangat penting. Meskipun demikian, kasir mandiri memberikan efisiensi dalam proses pembayaran dan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mandiri bagi pelanggan.

Kesimpulan: Kasir Mandiri di Jerman

Dalam era ini, teknologi terus berkembang, dan perubahan dalam industri ritel tidak dapat dihindari. Bagi para kasir, adaptasi terhadap perubahan ini menjadi kunci untuk mempertahankan relevansi dan keberlanjutan dalam karier mereka. Sebagai konsumen, penggunaan kasir mandiri mungkin menjadi simbol kemajuan teknologi, tetapi juga memunculkan pertanyaan etis tentang dampaknya pada lapangan pekerjaan konvensional.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen.

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

Apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *