Housekeeping di Kapal Pesiar: Pengertian dan TugasnyaPicture by Les Roches Global Hospitality Education: Craft Based Learning - Housekeeping

Housekeeping, sebuah departemen vital dalam manajemen hotel, juga menjadi tulang punggung dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan di kapal pesiar. Departemen ini bertanggung jawab atas segala aspek kebersihan, kerapian, dan kenyamanan, mulai dari kamar tamu hingga area publik.

Struktur Organisasi Housekeeping di Kapal Pesiar

  1. Kepala Housekeeping Eksekutif: Menjadi otak di balik operasional housekeeping, memerlukan pengalaman minimal 5 tahun di hotel berbintang atau kapal pesiar.
  2. Asisten Kepala Housekeeping: Mendukung tugas Executive Housekeeper dan bertanggung jawab atas koordinasi staff housekeeping, memerlukan pengalaman minimal 2 tahun.
  3. Supervisor Deck: Bertanggung jawab sebagai pengawas di berbagai bagian housekeeping, memerlukan pengalaman di departemen housekeeping.
  4. Public Area Supervisor: Mengawasi kebersihan area publik, memerlukan pengalaman minimal tiga tahun.
  5. Stateroom Steward: Membersihkan kamar penumpang dan memberikan pelayanan terbaik, menjadi pilihan banyak pemula.
  6. Assistant Stateroom Steward: Membantu Stateroom Steward, memerlukan pengalaman di housekeeping department.
  7. Butler: Melayani tamu khusus di kamar VIP atau Suite, memerlukan pengalaman minimal 2 tahun sebagai butler.
  8. Captain’s Steward dan Officer’s Steward: Membersihkan kamar milik kapten dan awak kapal, memerlukan pengalaman di hotel berbintang atau kapal pesiar.
  9. Pool Deck Service Host: Bertanggung jawab atas kebersihan dan kenyamanan di area kolam renang.
  10. Hotel Steward dan Laundry Manager: Membersihkan area publik dan mengawasi operasional laundry, memerlukan pengalaman di bidang terkait.

Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping

  • Membersihkan ruangan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  • Menyiapkan kamar untuk penumpang kapal.
  • Membantu dalam distribusi barang bawaan penumpang.
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada tamu.
  • Menjaga kebersihan seluruh area publik kapal.
  • Melaporkan status kamar kepada front office.

Berapa Gaji Housekeeping di Kapal Pesiar?

Gaji housekeeping berkisar antara $500 hingga $7000, tergantung pada posisi dan pangkat. Namun, belum termasuk uang tip yang mereka dapatkan dari tamu.

Kesimpulan

Dalam keseluruhan, housekeeping di kapal pesiar memiliki struktur organisasi yang terperinci dan tugas yang jelas untuk memastikan kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan di seluruh area kapal. Dari kepala housekeeping eksekutif hingga laundry attendant, setiap posisi memerlukan pengalaman dan tanggung jawab yang berbeda untuk menjaga standar tinggi dalam pelayanan kepada penumpang. Meskipun gaji mereka bervariasi, tip juga menjadi bagian penting dari pendapatan, menyoroti penghargaan atas layanan yang diberikan. Dengan fokus pada pelayanan yang terbaik dan juga kebersihan yang bagus, housekeeping di kapal pesiar memainkan peran yang krusial dalam menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi semua penumpang.

Sumber Terkait:

Yuk, Jadi Kru Kapal Pesiar Profesional!

Tertarik menjadi seorang pelaut?

Yuk! Wujudkan impian menjelajahi lautan dunia sebagai seorang kru kapal pesiar profesional! cv-gen.com menghadirkan platform pelaut yang menjamin penempatan di kapal pesiar internasional.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari industri maritim yang menarik ini. Untuk itu, CV-Gen telah membuka pendaftaran untuk posisi kru kapal pesiar yang menarik di seluruh dunia. Kemudian, dengan mengunjungi Pelaut CVGEN, Anda akan memiliki akses ke berbagai peluang karir yang menantang dan mengasyikkan.

CVGEN dan layanan peluang kerja ke kapal pesiar dunia. Layanan termasuk pelatihan, dokumen kepelautan, STCW, diklat, dan juga tidak perlu cari kapal. Kemudian, yang paling penting, yaitu interview pihak perusahaan kapal pesiar datang langsung ke sekolah.

CVGEN dan layanan asrama bahasa inggris juga bekerjasama dengan kampung Inggris Pare. Asrama bahasa Jerman termasuk pemantapan bahasa Inggris dari nol sampai bisa conversation, lulus marlin test, atau lulus TOEFL dan IELTS sesuai target program ke negara maju.

Maka dari itu, bergabunglah dengan ribuan profesional maritim terampil dan berbakat yang telah memilih CV-Gen sebagai mitra karir mereka.

Kemudian, jika anda membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *