CV-GEN News

Belanja di Jerman: Tips Hemat

Hemat berbelanja di Jerman perlu kita lakukan sebagai pelancong di negeri yang jauh. Karena itu, menyesuaikan kebutuhan kita dengan kesediaan barang di sini adalah salah satu kunci penghematan yang luar biasa. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips hemat berbelanja di Jerman agar Anda dapat lebih bijak menggunakan uang belanja.

  • Rencanakan anggaran belanja Anda di Jerman
  • Gunakan diskon saat Anda belanja di Jerman
  • Belanja di pasar tradisional Jerman
  • Belanja barang bekas di toko / platform Jerman
  • Bandingkan harga agar Anda lebih hemat berbelanja di Jerman

Baca juga: Trik “Ngebut” Belanja di Jerman Ala Ferienjobber!

Rencanakan Anggaran Belanja Anda di Jerman

Sebelum berbelanja, penting untuk merencanakan anggaran keuangan yang sesuai. Pastikan berapa uang yang dialokasikan. Alokasi pengeluaran dapat berupa rencana keuangan setiap bulannya. Kalian dapat membuatnya dalam bentuk Spreadsheet ataupun juga menggunakan aplikasi bantuan untuk budgeting.

(Sumber gambar: Pixabay)

Membuat Patokan Pengeluaran Maksimum Belanja di Jerman

Dengan membuat patokan pengeluaran maksimum kita dapat mencegah pengeluaran tertinggi yang akan terjadi di masa yang akan datang. Kita dapat juga mempertimbangkan kenaikan harga / inflasi terhadap barang kebutuhan kita sehari – hari. Hal ini tentunya dapat memberi keamanan finansial terutama bagi freelancer dimana di beberapa bulan hanya ada uang yang lebih sedikit masuk.

Membuat Skala Prioritas Keuangan

Skala prioritas keuangan memastikan bahwa kebutuhan yang paling penting dan tujuan keuangan utama Anda terpenuhi sebelum mempertimbangkan pengeluaran yang kurang penting. Anda mungkin mengenal metode 50/30/20, dimana 50% merupakan pengeluaran dasar, 30% untuk keinginan, dan sisanya dapat Anda alokasikan untuk tabungan dan investasi.

Gunakan Diskon Saat Anda Belanja di Jerman

Belanja di Jerman: Tips Hemat

(Sumber gambar: Pixabay)

Anda dapat mendapatkan banyak sekali diskon dan penawaran saat berbelanja di Jerman, terutama selama musim liburan atau saat periode penjualan tertentu. Misalnya, diskon Black Friday 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 November 2023. Selain itu, terdapat pula diskon di hari Singles Day (11-11-2023) dan Cyber Monday (27-11-2023). Pada hari tersebut, diskon berlaku baik di toko fisik maupun di ecommerce.

Belanja di Pasar Tradisional Jerman

Christmas Market Wallpapers - Top Free Christmas Market Backgrounds ...

(Sumber gambar: Wallpaperaccess)

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman belanja unik dan tradisional khas Jerman, maka pasar natal (Weihnachtsmarkt) menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai barang kerajinan tangan, makanan dan juga minuman lokal serta buah tangan khas Jerman. Pastikan bahwa Anda dapat mengendalikan pengeluaran Anda dengan baik selama mengunjungi pasar ini.

Berbelanja Barang Bekas di Toko / Platform Jerman

(Sumber gambar: Dokumen pribadi)

Kemudian, Jerman memiliki budaya belanja barang bekas yang sangat kuat. Jangan khawatir, Anda bisa menemukan barang – barang berkualitas dengan harga yang jauh lebih terjangkau di toko barang bekas (Flohmarkt) ataupun bazar barang bekas. Platform eBay Kleinanzeigen / Vinted menawarkan tempat berbelanja online untuk Anda tanpa perlu repot keluar rumah. Maka dari itu, belanja barang bekas dapat mendukung program peduli lingkungan (recycle) dan pastinya Anda mendapatkan barang yang pas dengan budget Anda

Bandingkan Harga Agar Anda Lebih Hemat Berbelanja di Jerman

(Sumber gambar: Pixabay)

Bandingkan harga barang di Jerman  Hal ini berlaku terutama untuk barang – barang mahal seperti elektronik atau perhiasan. Beberapa situs menyediakan fitur pengingat untuk kita ketika harga sesuai sudah cocok dengan keinginan kita. Fitur inilah yang dapat menghemat pengeluaran Anda saat belanja di Jerman.

Kesimpulan

Itulah tips belanja hemat di Jerman. Anda bisa menikmati pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan efisien sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan pastinya selamat berbelanja!

Setiap Euro Anda memiliki potensi besar untuk menghasilkan penghematan yang luar biasa!

Website untuk Informasi Memesan Tiket Transportasi di Jerman

  • Bahn Card : Informasi terkait diskon tiket kereta api nasional di Jerman. Klik di BahnCard Germany.
  • 49 euro DT : Informasi detail terkait tiket seharga 49 € perbulan di Jerman. Klik di Deutschland-Ticket.

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

CVGEN Bekerjasama dengan Mina Mulia. Layanan konsultasi dan coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))
  • Ferienjob (Magang 3 bulan di Jerman)

Merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2.

Hubungi Silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman

Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :