Basa Basi Ala Jerman: Tips Biar Nggak Dicuekin Orang JermanPhoto by William Fortunato : Cheerful multiethnic men having fun on street

Dalam dunia percakapan, bahasa Jerman sering kali dianggap sebagai jendela kejujuran dan kekhususan. Terkenal dengan ketelitiannya terhadap fakta dan angka, masyarakat Jerman memiliki cara unik dalam memulai dan menjalani basa basi. Namun, apakah benar orang Jerman tidak mengenal basa basi sepenuhnya? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi nuansa basa basi versi Jerman, dari pertanyaan dasar hingga topik sensitif yang sebaiknya Anda hindari. Mari kita temukan kebenaran di balik klaim bahwa orang Jerman tidak kenal basa basi. Berikut, penjelasan basa basi ala Jerman!

Baca Juga: Polemik Ferienjob: KBRI Respon Cepat dengan Hotline & Formulir

Perkenalan dan Pertanyaan Dasar Basa Basi Ala Jerman

Bahasa Jerman dikenal sebagai bahasa yang jujur dan spesifik, di mana percakapan memiliki makna mendalam meskipun singkat. Ketika Anda ingin memulai percakapan, pemilihan topik yang sesuai menjadi kunci. Pertanyaan dasar seperti “Apa yang salah dengan itu?” untuk situasi resmi atau “Apa maksudnya?” untuk situasi tidak resmi dapat Anda gunakan dengan memperhatikan perbedaan kata ganti formal dan informal.

Dalam konteks santai, frasa seperti “Wie geht’s?” atau “Bagaimana kabarmu?” dapat Anda andalkan. Penting untuk memahami konteks dan memilih kata ganti yang sesuai, dengan “Ihnen” (Anda) untuk situasi formal dan “dir” (Anda) untuk situasi sehari-hari.

Tanya Jawab dan Obrolan Kecil Tentang Sepak Bola

Percakapan ringan tentang sepak bola dapat menjadi jembatan yang baik. Pertanyaan seperti “Mengapa Anda menyukai Mannschaft?” atau “Apakah Anda pernah memainkan permainan ini?” dapat memicu diskusi yang seru, memungkinkan orang untuk berbagi dukungan tim atau pengalaman pribadi mereka.

Waktu Senggang dan Hobi

Menanyakan tentang hobi adalah cara efektif untuk memperdalam percakapan. Bahasa Jerman memiliki variasi yang kaya dalam hal hobi, seperti olahraga, musik, dan kegiatan lainnya. Misalnya, “Apa hobimu?” atau “Apa yang Anda lakukan di waktu luang Anda?” dapat membuka pintu untuk memahami minat dan preferensi seseorang.

Basa Basi Ala Jerman Terkait Perjalanan & Liburan

Orang Jerman dikenal sebagai pembelanja wisata outbound terbesar kedua di dunia. Pertanyaan tentang liburan, seperti “Bagaimana liburan Anda?” dapat membuka diskusi tentang pengalaman perjalanan, cuaca, dan kegiatan yang dilakukan selama liburan.

Contoh:

“Kami berada di Mallorca untuk berlibur dan itu luar biasa!”

Namun, penting untuk diingat bahwa orang Jerman menghargai fakta. Sebuah percakapan tentang perjalanan dapat membuka ruang untuk pertanyaan rinci tentang rute perjalanan, kondisi jalan, dan bahkan biaya bensin yang dikeluarkan.

Basa Basi khas Jerman: Fakta dan Angka

Orang Jerman memiliki pendekatan yang unik terhadap basa basi. Mereka cenderung mengutamakan fakta dan angka. Pertanyaan seperti “Berapa biaya bensin yang kamu keluarkan?” dapat dianggap lumrah dalam obrolan sehari-hari. Persiapkan diri dengan menyajikan angka dan statistik tentang tempat asal Anda, dan jangan heran jika pertanyaan seperti luas rumah atau harga sewa per meter persegi muncul.

Obrolan tentang Cuaca dan Suasana dalam Ruangan

Cuaca menjadi topik umum dalam basa basi versi Jerman. Mereka tidak ragu-ragu untuk mengeluhkan atau memuji kondisi cuaca. Menyajikan komentar seperti “Terlalu panas” atau “Terlalu dingin” dapat menjadi langkah awal yang baik untuk membangun obrolan santai.

Contoh:

“Hari ini dingin!” atau “Besok akan turun hujan.”

Selain itu, suhu dalam ruangan juga menjadi perhatian khusus. Menyapa dengan “Pengap ya di sini” atau komentar seputar kondisi suhu di ruangan dapat memulai percakapan yang menarik.

Topik Obrolan Kecil yang Harus Anda hindari

Dalam konteks basa basi Jerman, terdapat beberapa topik yang sebaiknya Anda hindari, seperti masalah gaji pribadi, urusan keluarga pribadi dan hal-hal yang menyangkut privasi orang tersebut. Ini sejalan dengan norma di banyak negara, menunjukkan bahwa ada kesamaan nilai dan etika dalam percakapan sehari-hari.

Mengapa Belajar Obrolan Ringan Bahasa Jerman?

Meskipun obrolan ringan jarang digunakan dalam bahasa Jerman, mempelajarinya tetaplah penting. Obrolan ringan sering kali terdiri dari frasa dasar dan struktur kalimat, memberikan peluang untuk melatih keterampilan percakapan. Selain itu, usaha untuk berbicara dalam bahasa Jerman umumnya lebih mereka hargai, membantu membangun rasa hormat dan membuka pintu bagi pembicaraan lebih mendalam. Obrolan ringan juga memegang peran penting dalam membangun jaringan sosial di Jerman, terutama dalam konteks pekerjaan atau perjalanan.

Penting untuk menyadari bahwa stereotip tentang “orang Jerman tidak suka basa-basi” tidak selalu berlaku untuk semua individu. Adanya variasi dalam preferensi dan perilaku menunjukkan pentingnya keberagaman dalam menghadapi budaya dan bahasa asing.

Kesimpulan: Basa Basi Ala Jerman

Dari perjalanan melalui dunia basa basi versi Jerman, dapat kita simpulkan bahwa meskipun terkenal dengan kecenderungan mereka terhadap fakta dan angka, orang Jerman tidak sepenuhnya asing dengan seni basa basi. Percakapan ringan, walaupun jarang digunakan, memiliki peran penting dalam membangun hubungan sosial dan membuka pintu untuk obrolan yang lebih mendalam. Kesimpulannya, menghormati kekhasan budaya Jerman sambil tetap memahami keunikan setiap individu adalah kunci untuk sukses dalam basa basi versi Jerman.

Sumber Terkait:

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. Berita di atas membuktikan! Maka dari itu, CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen.

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *