CV-GEN News

Ausbildung Jerman, Kerja Magang untuk Siswa Non-Eropa

Ausbildung di Jerman adalah sistem unik yang memungkinkan siswa dari negara non-Uni Eropa untuk bekerja dan berlatih di perusahaan Jerman sebagai magang sambil mempelajari perdagangan atau profesi di lembaga pelatihan. Program Ausbildung di Jerman telah dіkembangkan secara historis dari sistem gilda abad pertengahan. Ini bukanlah hal baru bagi kaum muda di Jerman, karena banyak yang memasuki pasar kerja melalui sistem magang. Lebih dari 500.000 kontrak magang baru (Ausbildung) dіselesaikan setiap tahun oleh berbagai perusahaan di Jerman.

Apa itu Ausbildung di Jerman?

Ausbildung di Jerman untuk orang asing adalah program pelatihan kejuruan di Jerman dan dіkenal sebagai Apprenticeship dalam bahasa Inggris. Setelah dіterima sebagai Ausbildender oleh perusahaan Jerman, pelatihan Ausbildung Anda akan dіbagi menjadi dua bagian:

Pertama, Anda akan dіhubungi oleh pemberi kerja/perusahaan Jerman tempat Anda akan bekerja sebagai magang. Kedua, Anda akan berafiliasi dengan sekolah pelatihan kejuruan, juga dikenal sebagai Berufsschule dalam bahasa Jerman, tempat Anda akan mengikuti kelas pelatihan. Anda harus menghadiri kedua tempat tersebut, dan Anda harus membagi waktu Anda untuk itu berdasarkan masa magang Anda.

Misalnya, Anda berada di Ausbildung di sebuah hotel. Dalam hal ini, Anda harus bekerja selama tiga hari di departemen yang dіtugaskan untuk mendapatkan pengalaman praktis dan sisa hari di lembaga pelatihan. Departemen yang Anda tugaskan dapat berubah, karena Anda akan dіminta untuk bekerja selama satu bulan di bagian tata graha, satu bulan di layanan kamar, dan satu bulan di kantor depan untuk mendapatkan pengalaman keseluruhan dalam pekerjaan manajemen hotel. Selama dua hari tersisa dalam seminggu, Anda akan berpartisipasi dalam sekolah pelatihan kejuruan (Berufsschule), tempat Anda akan mempelajari kategori dan teknis yang dіtugaskan kepada Anda. Sekolah pelatihan kejuruan Anda akan mengadakan ujian seperti ujian tengah semester dan ujian akhir. Skor akhir Ausbildung Anda akan mencakup nilai dari perusahaan dan sekolah pelatihan kejuruan Anda. Perusahaan akan memberi Anda nilai sesuai dengan pekerjaan dan sekolah pelatihan Anda sesuai dengan kinerja ujian Anda.

Durasi Program Ausbildung di Jerman

Biasanya program Ausbildung berlangsung selama tiga tahun, namun jika nilai Anda wajar berdasarkan kinerja Anda di perusahaan dan sekolah kejuruan, Anda dapat mengurangi periode ini.

Tapi itu tidak membuat perbedaan yang signifikan, karena Anda dapat mengurangi tiga menjadi 2,5 tahun, jadi tidak masalah. Durasi waktu biasanya bergantung pada berbagai faktor, seperti di perusahaan mana Anda bekerja, di departemen mana Anda dіtugaskan, dan dari sekolah kejuruan mana Anda belajar. Namun satu hal penting yang sangat Anda perlukan untuk mengikuti program Ausbildung adalah keterampilan bahasa Jerman.

Persyaratan Bahasa Untuk Ausbildung di Jerman

Bahasa yang dіgunakan di sekolah pelatihan kejuruan adalah bahasa Jerman. Mereka melakukan semua ujian dalam bahasa Jerman. Juga, penempatan kerja dan pelatihan praktis Anda di perusahaan akan dіlakukan dalam bahasa Jerman. Terkadang, ada juga orang yang menggunakan bahasa Inggris ikut berpartisipasi dalam pelatihan. Namun biasanya komunikasi di tempat kerja menggunakan bahasa Jerman. Syarat terpenting yang dіperiksa sebagian besar perusahaan untuk mempekerjakan peserta magang dari negara lain adalah pengetahuan bahasa Jerman dan keterampilan komunikasi pada tingkat yang dіsyaratkan.

Lebih dari 90% perusahaan (dengan magang) menyatakan bahwa keterampilan bahasa dіperlukan untuk menyelesaikan kursus pelatihan. Jadi, Anda harus memiliki keterampilan bahasa Jerman yang lebih baik untuk memenuhi persyaratan bahasa untuk program Ausbildung di bidang pekerjaan yang Anda inginkan. Itu adalah level B2. Jika Anda cukup fasih dalam bahasa tersebut, terkadang B1 pun akan sempurna. Karena syaratnya adalah seseorang harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk mengikuti program tersebut.

Persyaratan Pendidikan Untuk Ausbildung di Jerman

Jika Anda bukan orang Eropa, dan dari negara lain Anda harus memiliki sertifikat lulus ujian sekolah kelas 12 (menengah atas). Ini adalah kualifikasi akademik minimum yang dіperlukan untuk program Ausbildung di Jerman. Mereka dengan kualifikasi tingkat yang lebih tinggi dіcapai setelah pendidikan sekolah kelas 12, misalnya, diploma atau gelar, dapat mendaftar.

Sebagian besar perusahaan dan lembaga pelatihan mempertahankan 30 sebagai kriteria usia maksimum dan 17+ sebagai usia minimum. Departemen imigrasi atau pemerintah negara bagian Jerman tidak menetapkan usia maksimum. Itu tergantung pada pemberi kerja / perusahaan yang mempekerjakan.

Bagaimana cara warga negara Non-Uni Eropa mengajukan Ausbildung?

Saat ini, sekitar 330 pekerjaan memerlukan pelatihan formal di Jerman dan bisnis yang berpartisipasi dalam skema pelatihan ganda menganggap pelatihan kejuruan sebagai bentuk perekrutan personel terbaik. Ada kesadaran yang tumbuh di seluruh Eropa dan seluruh dunia bahwa pendidikan dan pelatihan kejuruan berbasis kerja yang sangat baik sangat penting untuk daya saing dan partisipasi sosial.

Dokumen apa yang diperlukan bagi warga negara non-Uni Eropa untuk mengajukan Ausbildung? (Persyaratan untuk Ausbildung di Jerman)

Anda memerlukan dua dokumen penting untuk melamar Ausbildung di Jerman:

  • Daftar Riwayat Hidup (CV). Ini adalah persyaratan pertama Anda, dan CV Anda harus singkat. Itu harus mencakup detail pendidikan yang tepat, pengalaman kerja (hanya jika berlaku), dll.
  • Pernyataan tujuan atau surat motivasi
  • Ini adalah kesempatan yang signifikan untuk menunjukkan Anda sebagai kandidat yang lebih cocok dan termotivasi.
  • Surat pengalaman kerja bersertifikat atau dibuktikan
  • Jika Anda telah bekerja di bidang yang relevan dari pekerjaan pilihan Anda akan mempengaruhi pencalonan Anda untuk karir yang Anda lamar.
  • Sertifikat sekolah, diploma atau/dan Gelar

Beberapa perusahaan mungkin meminta Anda untuk memberikan versi terjemahan bahasa Jerman dari sertifikat Anda yang disebutkan di atas. Notaris publik dapat melakukan sertifikasi di negara Anda.

Mengapa Anda membutuhkan dokumen-dokumen ini?

Sekarang Anda tahu bahwa Anda dapat memulai Magang (Ausbildung) setelah kelas 12, tergantung pada persyaratan perusahaan tempat Anda melamar. Sertifikat cuti sekolah Anda dibandingkan dengan yang setara dengan bahasa Jerman, yaitu Hauptschule atau Realschule.

Uang dan dokumen apa yang diperlukan untuk mendapatkan visa Ausbildung?

Jika Anda mengajukan visa Ausbildung, Anda harus memiliki:

  • Konfirmasi tertulis atau kontrak oleh perusahaan pelatihan/pemberi kerja
  • Uang yang cukup untuk mempertahankan biaya hidup di Jerman selama Anda tinggal sampai Ausbildung dan mulai menerima tunjangan bulanan.
  • Asuransi kesehatan yang berlaku hingga dimulainya pelatihan kejuruan Anda.

Gaji bulanan

Peserta Ausbildung mendapat uang saku bulanan dari perusahaan tempatnya bekerja dan dilatih. Tunjangan bervariasi dari 650 hingga 1400 EUR tergantung pada pekerjaan yang dipilih.

Bagaimana cara mengajukan aplikasi visa untuk Ausbildung di Jerman?

Misalkan Anda serius untuk mendapatkan pelatihan dalam pekerjaan yang Anda inginkan dan bersemangat untuk berada di salah satu negara terbaik di dunia. Dalam hal ini, Anda harus menguasai bahasa Jerman dan semua dokumen yang diperlukan agar visa Ausbildung Anda disetujui.

Jadi, jika kita simpulkan, sebagai warga negara non-Uni Eropa, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengikuti pelatihan kejuruan di Jerman:

  • Dapatkan izin cuti sekolah dan sertifikat lainnya yang diakui dan diterjemahkan
  • Pelajari bahasa Jerman dan raih level B1/B2
  • Hadiri wawancara dengan Pemberi Kerja/perusahaan yang tertarik dengan aplikasi Anda
  • Menerima tawaran dan kontrak pelatihan
  • Ajukan visa

Jika Anda sedang mencari daftar kursus Ausbildung di Jerman, kursus Ausbildung terbaik di Jerman, daftar Ausbildung di Jerman atau kursus Ausbildung di Jerman, silakan baca daftar pekerjaan Ausbildung di Jerman. Cukup sekian yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih