Aufbau-Ahr : Atasi Kelangkaan Pekerja Pertukangan di JermanGambar In PxHere : Pekerja kerah biru, tukang, konstruksi.

Jerman menghadapi tantangan serius dalam mencukupi kebutuhan pekerja pertukangan, terutama di wilayah yang dipengaruhi perubahan iklim. Kilian Bizer dari Universitas Göttingen menyoroti permasalahan ini, menyebut sektor bisnis pertukangan mengalami kesulitan mendapatkan tenaga kerja muda. Maka dari itu, mereka meluncurkan sebuah proyek bernama proyek”Aufbau-Ahr” .

Baca Juga: Perbedaan Ausbildung dan Kuliah di Jerman, Jangan Salah!

Apakah Proyek “Aufbau-Ahr” Berhasil?

Menyikapi hal ini, proyek “Aufbau-Ahr” di Ahrtal menjadi sorotan. Diluncurkan pada Maret 2022 oleh Kementerian Tenaga Kerja Rheinland-Pflalz dan Kamar Dagang Pertukangan Koblenz, proyek tersebut memberikan peluang kepada kaum muda untuk menjalani pelatihan pertukangan selama enam hingga delapan bulan sambil membantu rekonstruksi Ahrtal pasca-banjir 2021.

Lebih dari 50 perusahaan terlibat, membuka pintu bagi calon tukang kayu, tukang batu, tukang mebel, tukang ubin, pengecat, pekerja logam, dan spesialis mekatronik otomotif. Hasilnya, proyek ini tidak hanya berhasil menyediakan pekerja terampil untuk sektor pertukangan, tetapi juga meningkatkan minat generasi muda terhadap bidang kerja yang membutuhkan keahlian fisik.

Ralf Hellrich, manajer umum Kamar Dagang Pertukangan Koblenz, menyatakan keberhasilan proyek dengan pertumbuhan pengisian posisi pemagangan mencapai rekor tertinggi dalam 10 tahun terakhir di Ahrtal. Dengan pencapaian ini, proyek Aufbau-Ahr berpotensi untuk diperpanjang setelah rencana awalnya berakhir pada akhir 2023.

Diskusi sedang berlangsung antara pihak terkait, termasuk Kementerian Tenaga Kerja dan Sosial, menandakan bahwa solusi inovatif seperti ini dapat menjadi model untuk mengatasi tantangan serupa dalam sektor pekerjaan lainnya di seluruh Jerman.

Kesimpulan: Proyek “Aufbau-Ahr”

Dalam menghadapi kelangkaan pekerja pertukangan di Jerman, proyek “Aufbau-Ahr” muncul sebagai solusi inovatif. Melibatkan lebih dari 50 perusahaan dan membuka peluang bagi kaum muda untuk pelatihan sambil membantu rekonstruksi Ahrtal, proyek ini berhasil meningkatkan minat generasi muda terhadap bidang pertukangan. Keberhasilannya tercermin dalam peningkatan pengisian posisi pemagangan, memperlihatkan bahwa pendekatan kreatif seperti ini dapat menjadi langkah positif dalam mengatasi tantangan serupa di sektor pekerjaan lainnya.

Sumber Terkait:

Bagaimana Jerman Mengatasi Kelangkaan Pekerja Pertukangan?

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

Jerman sedang kekurangan banyak tenaga kerja, loh. Berita di atas membuktikan! Maka dari itu, CVGEN (sebagai tenaga support Jerman) siap membimbing kamu untuk menempuh karir di Jerman tanpa agen.

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))

Apakah Anda merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Yuk! ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2 dengan CVGEN.

CVGEN juga bekerjasama dengan Mina Mulia. Memberikan layanan konsultasi dan juga coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Selanjutnya, silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com atau email ami@cv-gen.com.

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Juga Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :

By Neisya Putri Rahmawati

INFP-T | Prokopton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *