CV-GEN News

Alasan Singapura Lebih Fokus ke Bidang Industri dan Perdagangan

Singapura adalah negara di Asia Tenggara yang dikenal maju dari segi bisnis dan industri. Meskipun hanya memiliki luas wilayah yang tergolong kecil di bandingkan negara lain, namun perekonomian di sana sangatlah maju. Orang dari luar negeri banyak yang berbondong-bondong kesana untuk meraup pundi-pundi penghasilan. Salah satunya warga negara Indonesia. Kira-kira, apa sih alasan Singapura lebih fokus ke bidang industri dan perdagangan?

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwasannya sektor perdagangan di Singapura sangatlah maju. Bahkan ia termasuk salah satu negara negara terkaya di dunia yang menempati posisi ketiga.

Mari kita ulik bersama mengapa Singapura lebih fokus ke bidang industri dan perdagangan. Selengkapnya seperti berikut ini

Alasan Singapura Lebih Fokus ke Bidang Industri dan Perdagangan

alasan singapura lebih fokus ke bidang industri dan perdagangan

Keberhasilan Singapura sebagai negara makmur tidak lepas dari peran warganya yang mayoritas menggeluti bidang perdagangan dan industri. Singapura terkenal sebagai salah satu negara sibuk di dunia yang selalu ramai dengan aktivitas bisnis warganya.

Ada banyak bidang industri yang di tekuni oleh warga Singapura. Beberapa di antaranya adalah produksi peralatan elektronik dan bahan kimia. Keduanya merupakan contoh komoditi yang banyak di produksi oleh Singapura.

Banyaknya pabrik dan bisnis yang berjalan di Singapura membuat lowongan tersedia secara lebar. Mulai dari posisi buruh biasa sampai eksekutif bergaji tinggi.

Ternyata ada dua alasan utama yang membuat Singapura sejak dahulu lebih fokus pada perdagangan dan industri. Yaitu sumber daya yang terbatas dan lokasinya strategis.

1. Sumber Daya Alam Yang Minim

Alasan Singapura lebih fokus sektor industri yang pertama adalah mereka tidak memiliki sumber daya alam melimpah sebagai komoditi utama.

Jika di bandingkan dengan Indonesia, luas wilayah Singapura tidak ada apa-apanya. Itu berarti sumber daya alam yang bisa di ambil tidak melimpah layaknya Indonesia.

Negara Singapura tidak memiliki hasil tambang dan laut yang bisa mereka jual. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan tersebut Singapura mengandalkan impor.

Apabila hanya mengandalkan sumber daya alam, Singapura pastinya tidak akan maju seperti sekarang. Sebagai gantinya, Singapura memiliki sumber daya manusia berkualitas unggulan.

Warga Singapura di kenal mempunyai banyak keterampilan dan disiplin dalam bekerja. Keterampilan ini khususnya di bidang jasa dan industri.

Sumber daya manusia yang berkualitas tersebut di manfaatkan sebaik mungkin sebagai pendorong ekonomi di sana. Hal ini di buktikan dengan kemampuan Singapura dalam memajukan industri mesin dan elektronik.

Produk mesin dan elektronik dari pabrikan Singapura di ekspor ke berbagai negara di dunia. Salah satunya adalah Indonesia.

Singapura mengajarkan kepada kita untuk tidak mempermasalahkan keterbatasan yang di miliki. Namun, memfokuskan diri kepada kelebihan lain yang bisa mendapatkan hasil serupa atau bahkan lebih besar.

Semisal Anda tidak memiliki banyak lahan untuk dikelola, minimal memiliki sikap pekerja yang disiplin, tekun dan cerdas.

2. Singapura Berada di Lokasi Strategis

Warga Singapura yang menggeluti bidang industri dan perdagangan semakin di dorong oleh lokasi strategis. Sehingga, potensi mereka bisa di maksimalkan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil sesuai harapan.

Singapura adalah negara yang berada di jalur silang pelayaran internasional. Sebelah Utara dan Barat, negara ini berbatasan dengan Malaysia (Selat Johor). Sedangkan di sebelah Selatan dan Timur, berbatasan dengan Selat Singapura (Indonesia).

Lokasi tersebut memudahkan akses impor dan ekspor Singapura. Mereka tidak kesulitan mengimpor sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan warganya, begitupun ketika ingin menjual produk buatannya ke negara lain.

Tidak heran apabila Singapura seringkali menjadi pilihan bagi banyak orang sebagai tujuan mencari pekerjaan. Teruntuk Anda yang mungkin tertarik berkarir di sana, maka bisa mengunjungi cv-gen.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang berkarir di Singapura. Mulai dari lowongan yang tersedia sampai persyaratannya.