CV-GEN News

6 Langkah Pertama Universitas untuk Berpartisipasi di Ferienjob

Universitas dapat berpartisipasi dalam program Ferienjob ke Jerman setiap tahun dengan mengikuti 6 langkah berikut. Program ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja di Jerman dan juga untuk memperluas jaringan internasional.

Baca Juga : Ferienjob di Jerman: Kaget-Kagetan Tapi Tetap Semangat!

Cek Kepastian Universitas di ANABIN

Mengecek apakah universitas terdaftar di ANABIN merupakan langkah pertama yang harus universitas lakukan untuk dapat berpartisipasi dalam program Ferienjob ke Jerman setiap tahun.

Cek di : https://anabin.kmk.org/anabin.html

Ikuti langkah-langkah cek Universitas terdaftar di ANABIN di artikel ini : Cara Cek Universitas di ANABIN

Pihak Universitas Mengikuti Webinar Perkenalan

Penyelenggara akan menjadwalkan webinar online agar universitas dapat mengenal lebih dalam tentang program Ferienjob ke Jerman dan memahami bahwa mahasiswa akan melewati 3 tahap assessment di program ini, yaitu:

  • Asesmen oleh Koordinator, jika lulus akan mendapatkan Letter of Acceptance oleh perusahaan di Jerman.
  • Asesmen oleh Badan Otoritas Tenaga Kerja Asing di Jerman.
  • Asesmen oleh Kedutaan Jerman di Indonesia.

Universitas Mendaftarkan Mahasiswa Melalui Website

Universitas harus mendaftarkan kandidat mahasiswa secara terstruktur dan terorganisir melalui website yang telah tersedia, yaitu di http://ferienjobs.cv-gen.com.

Melalui Tiga Tahap Assessment

Setelah mendaftarkan mahasiswa, pihak kampus tersebut harus mengkoordinasikan total mahasiswa sesuai format database dan softcopy dokumen ke Koordinator. Mahasiswa akan melewati tiga tahap assessment sebagai berikut:

  • Tahap 1: Dokumen yang telah Koordinator asesmen akan diberikan Letter of Acceptance oleh perusahaan.
  • Tahap 2: Dokumen asli akan diasesmen oleh Badan Otoritas Jerman dan akan diberikan Approval Badan Otoritas Tenaga Kerja Asing di Jerman.
  • Tahap 3: Dokumen akan diasesmen oleh Kedutaan Jerman di Indonesia. Jika lulus, mahasiswa akan mendapatkan Visa.

Setelah itu, mahasiswa akan berangkat ke Jerman pada tanggal 29-30 September dan mulai bekerja pada tanggal 1 Oktober. Kemudian pada tanggal 27-31 Desember, mahasiswa akan kembali ke Indonesia dan pada tanggal 21-30 Januari mendapatkan gaji terakhir, slip gaji, serta Laporan Setoran Pajak Bulanan. Setelah itu, mahasiswa akan mulai mengajukan pajak kembali dari Jerman.

Pilihan Pendanaan Tiket Pesawat di Oktober di Jerman

Mahasiswa memiliki tiga pilihan pendanaan tiket pesawat, yaitu:

  • Cicilan Traveloka.
  • Perusahaan akan membelikannya, tapi akan ada pemotongan gaji .
  • Kerjasama dengan Travel Agent.

Kembali ke Indonesia pada Bulan Desember

Setelah selesai menjalani program di Jerman, mahasiswa akan kembali ke Indonesia pada bulan Desember.

Kesimpulan

Melalui 6 langkah ini, universitas dapat mempersiapkan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam program Ferienjob ke Jerman setiap tahun. Tahapan yang harus mahasiswa lalui pun cukup detail dan membutuhkan peran aktif pihak kampus dalam mengkoordinasikan dan memfasilitasi proses assessment.

Kemudian, Universitas dapat memfasilitasi mahasiswa dalam mengikuti program Ferienjob ke Jerman setiap tahun. Selain itu, program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan, meningkatkan kemampuan bahasa Jerman, dan mendapatkan pengalaman kerja internasional yang berharga.

Mulailah Berkarir di Jerman dengan Ferienjob

Apa itu Ferienjob? Ferienjob merupakan pekerjaan singkat selama 3 bulan di musim panas di Jerman. Selain gaji yang sesuai dengan UMR Jerman, Anda juga bisa menambah pengalaman dan relasi yang berguna untuk masa depan Anda. Yuk, daftar segera di ferienjobs.cv-gen.com.

Jika anda membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke https://resume.cv-gen.com/cv-generator

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :