CV-GEN News

5 Cara mudah buat CV Standar Eropa

CV atau Curriculum Vitae adalah tulisan singkat yang menggambarkan diri seseorang. CV juga bisa menjadi wadah kamu mengenalkan dirimu ke perusahaan atau instansi dengan menonjolkan kemampuanmu. Baik kemampuan soft skill maupun hard skill. Selain isi dari CV ini yang tidak kalah penting juga adalah format CV tersebut. Biar CV kamu makin terlihat profesional dan mudah dipahami, kamu bisa menggunakan standar eropa.

Europass

Europass adalah website standarisasi uni eropa bagi warganya. Hal ini memudahkan pertukaran informasi dan kualifikasi warga dari sesama unieropa. Namun sebelum itu lebih baik masuk menggunakan Laptop dan menyediakan foto bebas rapih unutk upload saat pengisian data di CV. Berikut 5 hal yang perlu anda ketahui untuk membuat CV di Eropass webiste klik di sini.

Informasi pribadi

Setelah masuk ke website tersebut, Ikuti langkah di bawah ini

  • Silahkan klik Continue As guest untuk masuk sebagai tamu tanpa melakukan registrasi. Menurut kami ini adalah cara efektif, karena jika registrasi dan membuat akun akan memerlukan beberapa langkah dan verifikasi yang rumit.
  • Selanjutnya klik Create my profile dan anda akan masuk ke biodata untuk mengisi Personal Information atau Informasi Pribadi. Di sini anda akan mengisi beberapa informasi seperti Nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, hingga alamat rumah.
  • Jika selesai, harap baca dan cek kembali jika ada kesalahan penulisan atau Typo. kemudian tekan Next

Pengalaman Kerja

Pada tahap Work Experience ini anda bisa menuliskan kerjaan freelace, magang, relawan, dan kerjaan sebelumnya. Sebaiknya anda menulisnya mulai dari kerjaan paling terbaru hingga paling lama, Anda harus mengisinya dalam Bahasa Inggris. Istilah yang harus anda pahami :

  • Occupation or Position Held adalah posisi atau nama jabatan kerjaan anda
  • Employer adalah intansi atau lembaga tempat anda bekerja
  • Ongoing menunjukkan anda masih atau sementara bekerja di instansi yang sedang anda jelaskan.
  • Main Activities and Responsibilities. Pada kolom ini anda menjelaskan secara detail tugas dan tanggungjawab pekerjaan anda secara ringkas menggunakan bullet point.

Jika anda memilki lebih dari satu pengalaman pekerjaan, anda bisa menambahkannya dengan klik pada Add New work experience untuk menambahkan pengalaman kerja anda dengan langkah-langkah seperti sebelumnya.

Pendidikan dan Pelatihan

Education and Training, pada tahap ini anda akan mengisi jenjang pendidikan yang telah anda tempuh atau pelatihan yang telah anda ikuti dan menulisnya dalam bahasa inggris. Namun anda perlu memperhatikan hal berikut :

  • Tittle of qualification awarded. Untuk pendidikan berarti tingkat pendidikannya misal anda bisa mengisinya dengan Elementary School untuk SD, Junior High School untuk SMP, Senior High School untuk SMA sederajat, Bachelor of Law untuk Sarjana Ilmu Hukum atau silahkan gunakan translate untuk menerjemahkan jurusan anda dalam bahasa inggris pada jenjang S1. Tapi jika untuk pelatihan berarti nama pelatihan yang anda ikuti yang juga tulis dalam bahasa inggris.
  • Organisation providing education and training. Untuk pendidikan berarti nama sekolah atau nama universitas, namun jika untuk pelatihan berarti tulis nama lembaga atau instansi yang menyelenggarakan pelatihan tersebut.
  • Untuk Website anda bisa menyalin nama web sekolah atau univesitas di google dan salin ke kolom ini. Begitupun dengan intansi pada lembaga pelatihan yang anda ikuti.

Anda bisa klik pada Add New Education and Training untuk menambahkan jenjang pendidikan atau pelatihan lainnya dengan langkah-langkah seperti sebelumnya.

Keahlian dan potensi diri

Personal skill berarti anda menjelaskan kemampuan atau keahlian apa saja yang menjadi daya jual dan nilai penting yang anda miliki seperti kemampuan menguasai bahasa asing, kemampuan menggunakan microsoft dan lainnya. Hal yang perlu anda pahami :

  • Mother Tongue atau bahasa ibu di sini tulis dengan Indonesian sebagai bahasa utama kita
  • Other Language untuk menambahkan bahasa asing yang anda kuasai.
  • Digital Skills untuk mengisi kemampuan hard skill anda. Website ini telah menyediakan beberpa daftar yang tinggal anda pilih, namun jika skill anda tidak tersedia pada daftar. Anda bisa mengetik di kolom pencarian dan menggabungkannya.
  • Jika telah selesai, baca dan cek kembali kemudian tekan Create

Upload Foto

Pada tahap terakhir ini anda akan mengupload foto yang menjadi profil anda di CV. Usahakan menggunakan foto dengan wajah yang jelas dan latar belakang foto yang polos agar lebih rapih. Foto yang anda unggah tidak boleh lebih dari 20 MB.

Selain foto di sini juga anda dapat melihat ringkasan data yang telah anda isi sebelumnya. Jika merasa sudah benar anda dapat menekan Icon balok 3 bersusun di pojok kanan atas lalu :

  • pilih My Europass kemudian Create a CV
  • plih Start from your profile, kemudian pilih Next
  • tekan No Thanks untuk melanjutkan
  • Kemudian pilih template CV yang ada inginkan. Contoh tampilan format CV juga tersedia di sini, Kemudian pilih Next
  • Pilih Download CV anda
  • Selesai

Jika anda menulis CV dengan lengkap dan detail maka akan semakin bagus. Informasi yang anda berikan akan mejadi referensi dan pertimbangan perusahaan dalam menerima lamaran anda. Europass memberikan kualitas CV yang fokus pada isi dan informasi daripada desain Cv tersebut sehingga terlihat lebih sederhana namun profesioan.

Baca juga : Kartu Debit Euro pesan di Indonesia