CV-GEN News

Mengintip Suka Duka Kru Asal Indonesia di Kapal Pesiar Jerman

Setiap profesi pasti memiliki suka duka dan risikonya masing-masing. Orang-orang yang bersedia mengambil risiko dan menaklukkan tantangan cenderung berani menekuni profesi yang unik demi mendapatkan banyak hal berharga. Salah satu profesi unik yang jarang menjadi pilihan masyarakat Indonesia adalah kru kapal pesiar. Hingga saat ini, kapal pesiar Jerman menjadi salah satu sarana wisata bertaraf internasional yang populer. Karena fasilitasnya lengkap dan menawarkan pengalaman menakjubkan.

Menjadi kru kapal pesiar memang tidak mudah karena banyak proses adaptasi yang harus dilalui demi menjadi seorang profesional. Hal tersebut juga diakui Gede Diva Sukma Putra, salah seorang kru asal Indonesia yang berkarier sebagai staf senior housekeeping di kapal pesiar Jerman bernama Mein Schiff TUI. Pria yang akrab disapa dengan panggilan Diva tersebut sudah menekuni karir sebagai kru kapal pesiar sejak tahun 2016.

Ingin tahu lebih banyak seputar perjalanan karier kru asal Indonesia di kapal pesiar Mein Schiff TUI asal Jerman? Yuk simak dulu ulasan berikut ini!

Tugas Penting Sang Kru Indonesia di Kapal Pesiar

Sumber: Pixabay

Sebagai seorang staf senior housekeeping, Diva bertugas menjaga kebersihan ruangan para tamu di kapal pesiar Jerman yang berjumlah kurang lebih 20 kamar. Diva bersama stafnya harus membersihkan seluruh kamar tamu sebanyak 2 kali setiap hari. Jam kerjanya mencapai 10 jam per hari yang terbagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pagi selama 5 jam dan sesi sore selama 5 jam.

Karier sebagai kru kapal pesiar rupanya membuat Diva merasa betah. Hal tersebut tercermin dari lamanya masa kerja yang sudah mencapai 6 kali perpanjangan kontrak. Berdasarkan penuturan Diva, durasi kontrak kerja di kapal pesiar Jerman tempat ia bekerja berkisar antara 8 bulan hingga 300 hari. Bila sudah menandatangani kontrak, berarti kru kapal pesiar setuju untuk bekerja setiap hari tanpa libur selama periode kontrak berlangsung.

Suka Duka Kehidupan ABK

Sumber: Mein Schiff

Profesi sebagai kru kapal pesiar Jerman memang terbilang unik dan penuh suka duka. Diva menyatakan bahwa ia menikmati pekerjaannya karena bisa mengunjungi banyak negara di dunia dan berkesempatan mempelajari berbagai budaya dari teman-teman kru lintas negara. Di samping itu, Diva juga mengakui bahwa gaji sebagai kru kapal pesiar Jerman terbilang besar dan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Gaji besar membuat Diva sangat bersyukur karena bisa hidup dalam kondisi finansial yang baik, terlebih bila dibandingkan dengan kawan-kawan setanah air yang terpaksa dirumahkan dari pekerjaan akibat pandemi.

Meskipun profesi sebagai kru kapal pesiar Jerman terasa menyenangkan, Diva juga tidak memungkiri kekurangan yang ada di balik pekerjaan tersebut. Sebagai kru asal Indonesia, Diva sering merasa tidak cocok dengan rasa makanan kapal pesiar yang sangat berbeda dari selera nusantara. Selain itu, pekerjaan yang mengharuskannya berada jauh dari rumah juga membuatnya tidak bisa sering bertemu keluarga. Pria asal Bali tersebut harus menunjukkan profesionalitas kerja tanpa hari libur pasca menandatangani perpanjangan kontrak. Namun, pekerjaan tanpa hari libur tersebut tidak terlalu membebani. Karena Mein Schiff TUI menyediakan banyak fasilitas khusus kru, antara lain kafe, sun deck, gym, dan pool sebagai sarana hiburan.

Pesan Bagi Calon Kru Kapal Pesiar

Sumber: Pixabay

Diva tak lupa berbagi pesan bagi siapa pun yang ingin menjadi kru kapal pesiar asing sepertinya. Pria kelahiran tahun 1994 tersebut menyatakan bahwa calon kru kapal pesiar wajib berani mengambil keputusan karena wajib menjalani profesi tersebut secara profesional setelah menandatangani kontrak. Jangan lupa pula menyempurnakan kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris bila ingin menjadi kru kapal pesiar. Diva mengatakan bahwa kapal pesiar Mein Schiff TUI tempatnya bekerja menyediakan kelas bahasa Jerman bagi para kru yang tertarik mempelajari bahasa tersebut. Terakhir, Diva juga mengimbau generasi muda untuk memiliki pola pikir siap kerja dan siap merantau bila ingin menjadi kru kapal pesiar.

Apakah kamu tertarik menjadi kru kapal pesiar asing seperti Diva?

Semoga kisah tentang profesi kru kapal pesiar kali ini menjadi inspirasi menarik untukmu, ya. Apapun profesi yang kamu pilih, pastikan bahwa kamu akan menjalaninya secara profesional serta sudah siap menerima semua konsekuensinya.