CV-GEN News

Kartu SIM dan Pulsa di Jerman – Tips!

Ketika tiba di Jerman, mendapatkan kartu SIM dan pulsa menjadi salah satu hal yang penting kita lakukan. Kita membutuhkan internet untuk mengakses maps, menerjemahkan bahasa Jerman, atau menghubungi kerabat atau keluarga melalui panggilan. Namun, dengan banyaknya pilihan yang tersedia, memilih kartu SIM dan paket pulsa yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan. Berikut adalah tips untuk mendapatkan SIM Card dan pulsa di Jerman.

Baca Juga : Transportasi di Jerman Unik! Tidak Ada Kernet di dalam Bus!

Jenis Kartu SIM di Jerman

Di Jerman, terdapat dua jenis kartu SIM, yaitu kartu SIM prabayar dan pascabayar. Kartu SIM prabayar memungkinkan kita untuk membayar dimuka dan memiliki kontrol atas pengeluaran, sehingga kita dapat mengisi ulang sebanyak yang kita butuhkan, kapan pun kita mau. Kartu SIM prabayar sangat cocok untuk siswa internasional di Jerman, karena cenderung lebih murah dan lebih fleksibel. Sementara itu, dengan paket pascabayar, kita akan mendapatkan tarif tetap untuk panggilan dan SMS, dan sejumlah data pilihan yang akan ditarik setiap akhir setiap bulan.

Kontrak Telepon

Kontrak telepon di Jerman tersedia dengan sejumlah data seluler (5G/4G LTE), tarif tetap untuk panggilan dan SMS, dan beberapa menit internasional. Ini biasanya memiliki jangka waktu 24 bulan tetap atau paket 12 bulan, yang berarti kita terikat dan biaya dari rencana dibayar setiap bulan melalui debit langsung. Ini sangat ideal untuk orang yang ingin tinggal beberapa tahun, misalnya ketika pindah ke Jerman untuk bekerja. Ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk kita yang ingin upgrade ponsel kita. Biaya paket dilunasi dengan cicilan bulanan. Di akhir kontrak, ponsel kita adalah milik kita untuk dinikmati.

Penyedia Jaringan Utama di Jerman

Di Jerman, terdapat tiga penyedia jaringan utama, yaitu Telekom, Vodafone, dan O2. Setiap penyedia jaringan menawarkan beberapa paket dan penawaran yang berbeda. Sebelum membeli kartu SIM, coba teliti paket dan penawaran yang tersedia terlebih dahulu untuk memastikan bahwa mereka sesuai dengan kebutuhan kita. Perhatikan jumlah data, panggilan, dan juga pesan yang ada dalam paket tersebut.

Website untuk mencari atau membandingkan semua provider di Jerman :

Kartu SIM dan Pulsa di Jerman - Tips!

Kecepatan Internet di Jerman

Selanjutnya, kecepatan unduh internet rata-rata di Jerman per Februari 2023 adalah 83,69 Mbit per detik. Ini lebih cepat daripada Oktober 2022, ketika kecepatan rata-rata adalah 77,34 Mbit per detik. Kecepatan yang bisa kita dapatkan tergantung di mana kita berada, dan apakah kita tinggal di gedung tua atau modern atau bagian dari kota. Jika kita membandingkan dengan Indonesia, rata-rata kecepatan unduhnya adalah 43,35 Mbps per detik.

Tarif Roaming

Jangan lupa untuk mencari tahu tentang tarif roaming jika kita berencana untuk berpergian ke negara-negara lain selama tinggal di Jerman. Penting untuk kita memahami tarif roaming yang ditawarkan oleh operator telekomunikasi yang kita pilih. Beberapa operator menawarkan paket roaming khusus yang dapat menghemat biaya komunikasi internasional saat kita berada di luar negara ini. Pastikan untuk memeriksa opsi dan tarif roaming yang tersedia agar sebelum pergi, kita tidak harus membayar biaya tambahan.

Gambar perbandingan harga Kartu SIM, pulsa, dan kuota internet di Jerman :

Kartu SIM dan Pulsa di Jerman - Tips!
Kartu SIM dan Pulsa di Jerman - Tips!

Tempat Membeli Kartu SIM di Jerman

Ada beberapa tempat untuk membeli kartu SIM di Jerman, di antaranya adalah:

  • Bandara Frankfurt dan Berlin: Ini adalah opsi utama yang bisa kita dapatkan dengan cepat tetapi sebagian besar turis dan pendatang hampir tidak memiliki pilihan. Hanya ada kartu SIM O2 yang tersedia dan jelas harganya sangat mahal.
  • Supermarket atau Toko Elektronik: Kedua tempat ini adalah tempat populer lainnya untuk membeli kartu SIM data Jerman. Tetapi tentunya layanan di sini jelas tidak seperti di toko telepon, kita hanya bisa memilih semua pilihan yang tersedia saja.
  • Toko Cabang Langsung: Pilihan ini adalah pilihan terbaik untuk kita yang masih ragu memilih pilihan SIM card yang paling cocok untuk kita, di sini kita akan dibantu oleh pekerja toko dan mendapat rekomendasi terbaik sesuai dengan kebutuhan kita.

Apakah perlu membeli kartu SIM di Jerman?

Dengan membeli kartu SIM Jerman akan membuat hidup kita lebih mudah jika kita memiliki kartu SIM non-Eropa. Memiliki SIM lokal berarti kita tidak perlu menghabiskan pengeluaran lebih hanya untuk tagihan yang sangat tinggi untuk roaming selama tinggal di Jerman.

Cara Mengisi Ulang Pulsa

Kemudian, setelah kita membeli kartu SIM dan paket pulsa, kita dapat mengisi ulang pulsa dengan mudah melalui beberapa cara, di antaranya:

  • Melalui aplikasi: Hampir semua operator telekomunikasi di Jerman memiliki aplikasi resmi yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengisi ulang pulsa, memeriksa penggunaan data, dan mengubah paket layanan.
  • Melalui mesin ATM: Beberapa mesin ATM di Jerman memungkinkan kita untuk mengisi ulang pulsa melalui kartu bank.
  • Melalui toko-toko: Banyak toko-toko yang menjual voucher pulsa yang dapat kita gunakan untuk mengisi ulang pulsa.

Contoh gambar SIM Card yang dijual di Supermarket :

Paket Data Terbaik di Jerman

Setiap operator telekomunikasi di Jerman menawarkan paket data yang berbeda-beda, dengan kecepatan yang berbeda-beda juga. Berikut adalah beberapa paket data terbaik yang ditawarkan oleh operator telekomunikasi di Jerman:

  • Telekom: Paket data terbaik dari Telekom adalah MagentaMobil M dengan 12 GB data dengan kecepatan 5G/4G LTE.
  • Vodafone: Paket data terbaik dari Vodafone adalah Red XL dengan 40 GB data dengan kecepatan 5G/4G LTE.
  • O2: Paket data terbaik dari O2 adalah Free Unlimited Smart dengan data tanpa batas dengan kecepatan 5G/4G LTE.

Kesimpulan : Tips Mendapatkan Kartu SIM & Pulsa di Jerman

Mendapatkan kartu SIM dan pulsa di Jerman bukanlah hal yang sulit jika kita tahu cara memilih operator telekomunikasi yang tepat dan paket layanan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan mengikuti tips di atas, kita dapat memilih kartu SIM dan paket pulsa yang tepat untuk kita dan juga memastikan bahwa kita selalu terhubung dengan keluarga, teman, dan dunia luar.

Alternatif Bantuan untuk Kemudahan Mendapatkan Kartu SIM

Anda tertarik untuk mendapatkan SIMCARD Jerman Anda dengan pengalaman yang lebih mudah? Yuk! Klik di : CVGEN Virtual Assistance.

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

CVGEN Bekerjasama dengan Mina Mulia. Layanan konsultasi dan coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))
  • Ferienjob (Magang 3 bulan di Jerman)

Merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2.

Hubungi Silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :