CV-GEN News

Cara Membuat Rekening Bank di Jerman

Rekening bank adalah rekening keuangan yang dikelola oleh bank atau lembaga keuangan lainnya di mana transaksi keuangan antara bank dan pelanggan dicatat.

Ketika kamu bekerja di Jerman, terutama Ferienjob. Sangat wajib bagi kamu untuk mempunyai rekening bank. Kamu dapat membuka rekeningnya di bank atau bank tabungan, sebagian memiliki cabangnya masing-masing. Untuk membukanya, biasanya kamu harus membayarnya. Namun, untuk para pelajar tidak dipungut biaya. Kemudian, bank atau bank tabungan harus memverifikasi identitas kamu terlebih dahulu. Begitu juga harus kamu tunjukkan kartu identas dan paspor milik kamu pribadi.

Jadi, penasaran dengan cara membuat rekening bank di Jerman? Berikut rangkumannya.

Baca Juga : IBAN dan BIC, Rekening Euro Bagi Peserta Ferienjob

Cara Membuat Rekening Bank di Jerman

Secara Online

Untuk membuka rekening di Jerman, bisa kamu lakukan secara online. Caranya adalah dengan kamu membuka situs web bank di Jerman terlebih dahulu. Kemudian, formulir aplikasinya kamu cetak. Setelah dicetak, formulir tersebut kamu isi dengan jelas dan benar. Jangan lupa untuk cetak dan tanda tangani formulirnya. Paspor dan ID resmi kamu juga perlu kamu cantumkan. Kemudian, salinlah alamat terdaftar kamu di Jerman. Setelahnya, kamu kunjungi saja kantor pos terdekat untuk proses legitimasi.

Nah, saat semua proses di atas sudah kamu jalani. Maka, selang beberapa minggu kemudian, buku tabungan, PIN dan ATM kamu akan dikirim melalui pos oleh pihak bank.

Secara Offline

Kemudian, jika dengan cara online kurang memuaskan bagi kamu, secara offline juga bisa, loh. Caranya dengan kamu langsung saja datang ke bank yang kamu inginkan, dengan membawa dokumen-dokumen penting (Seperti surat registrasi kependudukan, paspor dan visa yang masih berlaku). Jika semuanya sudah lengkap dan kamu berikan ke pihak bank, maka kamu hanya tinggal menunggu selesainya saja. Karena untuk proses selanjutnya, pihak bank tersebut yang akan mengurusnya.

Seperti saat membuatnya secara online, saat semua berkasnya sudah jadi akan dikirim melalui pos ke alamat kamu.

Nah, itu dia tips membuat rekening bank di Jerman. Jika kamu sudah mempunyai rekening sendiri, maka lebih mudah bagi kamu untuk mentransfer uang dari Jerman ke Indonesia. Selamat mencoba!