CV-GEN News

Bikin Rindu! Ada di Indonesia, Tapi Tidak Ada di Jerman


Selama ini, banyak orang Indonesia yang menempuh perjalanan jauh ke Jerman untuk studi, pekerjaan, atau mengunjungi keluarga. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa di balik kegembiraan dan tantangan baru yang dihadapi, terdapat rasa rindu yang mendalam terhadap berbagai hal yang khas Indonesia. Dalam artikel ini, akan membahas hal-hal yang paling orang Indonesia rindukan di Jerman. Begini ulasannya!

Baca Juga : Belajar Bahasa Jerman Sukses: Hindari 5 Kesalahan Ini!

Hal-Hal yang Bikin Rindu di Jerman bagi Orang Indonesia :

  • :Rasa Pedas yang Membakar Lidah : Di Jerman, tidaklah mudah untuk menemukan makanan dengan tingkat kepedasan yang setara dengan makanan Indonesia. Bagi pecinta makanan pedas, rindu akan sensasi membakar lidah dengan sambal atau cabai terasa sangat kuat. Mulai dari sate ayam dengan sambal khas Indonesia hingga nasi goreng yang pedasnya bisa bikin berkeringat, perasaan rindu terhadap makanan pedas tidak terelakkan.
  • Keramahtamahan yang Hangat: Indonesia terkenal dengan keramahtamahan penduduknya. Ketika berada di Jerman, orang Indonesia kerap merindukan interaksi hangat dan ramah dengan orang-orang sekitar. Sapaan hangat atau senyuman tulus ketika bertemu dengan orang yang baru dikenal menjadi hal yang sangat dirindukan.
  • Keberagaman Budaya : Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya dan festival. Orang Indonesia di Jerman kerap merindukan momen-momen berharga seperti Lebaran, Natal, atau perayaan tradisional seperti Nyepi dan Cap Go Meh. Mereka merindukan kerumunan, musik, tarian, dan hidangan khas yang menggambarkan keindahan dan keunikan Indonesia. Walaupun di Jerman ada perayaan keagamaan atau festival, tentunya suasanannya sangat berbeda dengan Indonesia.
  • Keindahan Alam Hijau dan Laut : Indonesia memiliki keindahan alam yang tak tertandingi. Orang Indonesia yang berada di Jerman kerindukan hijaunya pemandangan sawah, gemericik sungai, dan keindahan pantai yang eksotis. Mereka merindukan momen menjelajahi alam terbuka dan merasakan kedamaian yang hanya dapat ditemukan di tanah air.


Meski berada di Jerman, orang Indonesia tidak pernah melupakan akar budaya mereka. Rasa kangen terhadap makanan, kehangatan sosial, keberagaman budaya, panggilan sayang, dan keindahan alam Indonesia senantiasa membayangi mereka. Namun, rasa kangen ini juga mendorong mereka untuk mengenalkan keindahan Indonesia kepada teman-teman baru di Jerman. Itu adalah cara mereka untuk tetap terhubung dengan tanah air, meski berada di benua yang berbeda.

Sebagai warga Indonesia yang berada di Jerman, tak ada yang dapat mengalahkan kenangan manis dan rasa kangen akan hal-hal yang membuat tanah air begitu istimewa.

Yuk, Magang dan Keliling di Jerman dengan Ferienjob

Mau juga merasakan rindunya Indonesia di luar negeri? Cobalah dengan Ferienjob!

Apa itu Ferienjob? Ferienjob merupakan pekerjaan singkat selama 3 bulan di Jerman. Selain gaji yang sesuai dengan UMR Jerman, kamu juga bisa menambah pengalaman dan relasi yang berguna untuk masa depan kamu.

Langsung aja! Yuk, daftar segera di ferienjobs.cv-gen.com. 

Jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke https://resume.cv-gen.com/cv-generator.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :