CV-GEN News

Ausbildung: Magang di Jerman Bukan Sekadar Impian

Banyak orang beranggapan bahwa syarat bekerja di luar negeri sangat rumit dan butuh pendidikan tinggi. Anggapan tersebut tentu membuat mayoritas orang merasa harus mengubur mimpinya. Padahal, kini ada berbagai program yang memfasilitasi kegiatan magang di luar negeri, seperti program Ausbildung dari Jerman.

Apakah Anda pernah mendengar istilah Ausbildung? Jika Anda masih menempuh pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengikuti program magang Jerman tersebut.

Kenalan Lebih Dekat dengan Ausbildung

Ausbildung adalah program magang di Jerman bagi generasi muda Indonesia usia 18 hingga 35 tahun. Masa program berlangsung selama kurang lebih 3 tahun. Ketika mengikuti program tersebut, Anda bukan hanya wajib bekerja tetapi juga belajar. Dengan demikian, Anda berkesempatan memperoleh ilmu baru sekaligus langsung mempraktikkannya selama berada di Jerman.

Syarat Pendaftaran Program Ausbildung

2 ausbildung bekerja karier di jerman
Sumber: Expatrio

Beberapa syarat yang patut Anda penuhi bila ingin mengikuti program magang di Jerman tersebut adalah sebagai berikut:

  • Punya kemampuan bahasa Jerman minimal level B1 dengan bukti berupa perolehan sertifikat lulus ujian.
  • Pendidikan terakhir minimal SMA atau sederajat.
  • Berada dalam rentang usia produktif, yaitu 18 hingga 35 tahun. Pendaftar yang merupakan lulusan SMA tanpa pengalaman disarankan mendaftar sebelum usia 30 tahun. Sementara itu, pendaftar lulusan diploma sarjana semua jurusan disarankan mendaftar sebelum usia 35 tahun. Jika Anda memiliki latar belakang pendidikan sarjana perhotelan, tata boga, atau keperawatan, Anda bisa mendaftar meskipun usia sudah lebih dari 35 tahun.
  • Mampu membiayai tahap awal registrasi program hingga berangkat ke Jerman secara mandiri sebab tidak ada sistem potong gaji.

Rutinitas Magang ala Jerman

Beberapa hal yang akan Anda lakukan dan dapatkan selama mengikuti program Ausbildung, antara lain:

  • Mengalokasikan waktu sebanyak 20% hingga 30% untuk menempuh pendidikan di sekolah kejuruan Jerman (Berufsschule). Sementara itu, sisa waktu lainnya akan digunakan untuk bekerja. Ada perusahaan yang menetapkan 2 hari belajar dan 3 hari kerja, tetapi ada pula yang menetapkan 1 bulan belajar dan 1 bulan praktik secara bergantian.
  • Menekuni pekerjaan di berbagai bidang selama mengikuti program tersebut. Mulai dari pekerjaan yang sederhana hingga pekerjaan yang tanggung jawabnya terbilang besar.
  • Mendapatkan hak berupa gaji (gehatt) berkisar antara €750 hingga €1500.
  • Memperoleh sertifikat yang dapat digunakan di seluruh Eropa.

Persiapan Mengikuti Program Magang di Jerman

3 persiapan dokumen CV lamaran kerja surat
Sumber: Meridian Imaging Solutions

Bila Anda tertarik mengikuti program Ausbildung, maka Anda harus melakukan beberapa persiapan berikut ini agar permohonan magang lekas lolos:

  • Belajar bahasa Jerman di lembaga pendidikan resmi yang berwenang mengeluarkan sertifikat lulus ujian.
  • Siapkan seluruh dokumen persyaratan sebagai ketentuan utama pendaftaran program magang. Beberapa dokumen yang menjadi syarat wajib, yaitu sertifikat lulus ujian bahasa Jerman, surat motivation letter, Curriculum Vitae, surat lamaran kerja, serta ijazah terakhir yang diterjemahkan dalambahasa Jerman.
  • Tahap berikutnya yaitu wawancara kerja dengan perusahaan di Jerman.
  • Jika pengajuan tersebut diterima, Anda akan memperoleh kontrak Ausbildung sebagai syarat pembuatan visa dan asuransi. Jangan lupa menyiapkan tiket keberangkatan agar bisa mengajukan visa.

Tertarik mengikuti program Ausbildung dalam waktu dekat?

Anda berkesempatan memperluas wawasan, menambah pengalaman, sekaligus mendapatkan penghasilan jika dapat mengikuti program tersebut. Bekerja di Jerman bukan sekadar impian bila Anda berusaha mewujudkannya dari sekarang. Mari belajar bahasa Jerman sebagai langkah awal persiapan magang di negeri panzer.