CV-GEN News

Anmeldung di Jerman : Tips Mudah!

Setelah sampai di Jerman, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan registrasi diri atau Anmeldung. Registrasi diri ini berlaku bagi semua orang pemegang visa schengen dengan tujuan apapun yang ingin tinggal di Jerman selama satu bulan atau lebih. Tujuan Anmeldung adalah untuk mendapat surat bukti tinggal atau kependudukan.

Namun, banyak orang yang merasa bingung dan takut ketika harus melakukan Anmeldung di Jerman. Bagaimana cara melakukannya? Dimana harus pergi? Kemudian, apa saja dokumen yang Anda perlukan?

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda yang akan melakukan Anmeldung di Jerman:

Baca Juga : Transportasi di Jerman Unik! Tidak Ada Kernet di dalam Bus!

1. Cari tahu Kantor Warga Setempat untuk Anmeldung di Jerman

Pertama-tama, setelah tiba di Jerman, carilah kantor warga setempat atau Bürgeramt di kota tempat Anda tinggal. Anda dapat mencarinya melalui Google dengan mengetikkan nama kota yang Anda tuju dan juga sertakan kata kunci Bürgeramt.

Jika Anda masih bingung, bisa kunjungi website umziehen.de, seperti di gambar berikut :

2. Buat Janji Temu atau Termin

Pastikan Anda membuat janji temu atau termin sebelum pergi ke kantor warga setempat. Karena ini dapat membantu Anda menghindari antrian yang panjang dan mempersingkat waktu tunggu.

Kabar baiknya, Anda bisa Anmelden di Landratsamt yang lain selama itu masih di kota yang sama. Misalnya, jika Anda tinggal di Hamburg di kota bagian Horn, Anda bisa Anmelden di kota bagian Hamburg Mitte, jika disana ada termin yang tersedia di waktu dekat. Tetapi, jika semua landratsamt penuh, bahkan hingga berbulan-bulan kedepan, tidak perlu khawatir, Anda bisa langsung menelfon kantornya atau siaga memantau jadwal termin yang kosong di internet mereka.

Ketika Anda sudah terdaftar, beginilah tampilan formulir yang akan Anda dapatkan :

3. Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Beberapa dokumen yang biasanya Anda perlukan untuk melakukan Anmeldung di Jerman adalah Wohnungsgeberbestätigung atau Mietvertrag beserta nama Anda dan penyewa atau landlord yang menyertakan tanggal kontrak dimulai dari tinggal hingga keluar, form Anmeldung dari Bürgeramt setempat, paspor dan visa, serta sertifikat kelahiran dan anak (jika datang bersama keluarga).

4. Jangan Lupa Melakukan Anmeldung di Jerman

Jika dalam 4 atau 5 minggu Anda lupa atau tidak melapor, Anda bisa kena denda yang besar. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk melakukan Anmeldung.

5. Lapor Diri di KJRI

Terakhir, Warga Negara Indonesia (WNI) yang pindah dan menetap di luar negeri, wajib mendaftarkan diri kepada Perwakilan Republik Indonesia di wilayah tempat tinggalnya dalam waktu 30 hari sejak kedatangan.

WNI yang berada di luar negeri wajib melaporkan keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal serta kejadian penting lainnya (seperti kelahiran, perkawinan, perceraian maupun kematian) kepada Perwakilan Republik Indonesia di negara setempat.

Hal ini berarti setiap WNI yang berada di Jerman, baik itu untik tujuan menetap, bekerja, belajar, kuliah, atau wisata/jalan-jalan/singgah sementara, harus memiliki kesadaran untuk segera mencatatkan dirinya ke Perwakilan Indonesia terdekat.

Melalui registrasi diri ini, Perwakilan Indonesia dapat memberikan pelayanan dokumen konsuler/imigrasi atau bantuan bila para imigran membutuhkan. Kemudian, informasikan pula kepada Perwakilan tempat Anda terdaftar bila Anda pindah alamat, pindah ke negara lain atau pindah ke Indonesia.

Pentingnya Lapor Diri ke KJRI

  • Perjalanan kita di luar negeri bisa jadi tidak semulus yang diharapkan.
  • mempermudah pengurusan birokrasi yang melibatkan pemerintah Indonesia.
  • Dengab lapor diri, kita akan selalalu ter-update berita-berita terbaru dari pemerintah.
  • Dengab lapor diri kita juga otomatis terdaftar sebagai pemlilih saat menjelang pemilu.
  • Warga negara yang taat.

Tempat untuk lapor diri di : Website Lapor Diri di Jerman.

Prosedur Melakukan Lapor Diri untuk Anmeldung di Jerman

  1. Lapor diri harus Anda lakukan secara online.
  2. Unggah semua persyaratan dokumen yang diperlukan.
  3. Bila lapor diri online sudah berhasil, Anda akan mendapatkan konfirmasi melalui E-Mail.
  4. Print konfimasi yang telah Anda dapatkan.
  5. Kirimkan bukti konfirmasi beserta paspor asli Anda ke KJRI yang bersangkutan disertai amplop bertuliskan alamat Anda.
  6. Bila Anda ingin memperpanjang paspor, maka bukti konfirmasi lapor diri dapat dikirimkan bersama dengan persyaratan dokumen untuk memperpanjang paspor dalam satu amplop.

Perwakilan Republik Indonesia di Republik Federal Jerman dan Wilayah Kerja

  • KJRI Frankfurt Am Main (konsulat): Nordrhein-Westfalen, Hessen, Rheinlad-Pfalz, Saarland, Bayern, Baden-Wurttemberg. Website : Kemlu Hamburg (sama dengan di Hamburg).
  • KJRI Berlin : Mecklenburg, Vorpommern. Brandenburg, Berlin, Sachsen-Anhalt, Sachsen Turingen. Website : Kemlu Berlin.
  • KJRI Hamburg (Konsulat) : Schleswig Holstein, Hamburg, Bremen, Niedersachsen. Website : Kemlu Hamburg

Kesimpulan : Tips Anmeldung di Jerman

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat melakukan Anmeldung di Jerman dengan mudah dan juga cepat. Kemudian, jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan selalu menghubungi kantor warga setempat jika Anda mengalami kesulitan. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam menghadapi proses Anmeldung di Jerman.

Sumber Terkait : Info Karina Sudrajat | YouTube

Tertarik Mencari Pengalaman Baru di Jerman?

CVGEN Bekerjasama dengan Mina Mulia. Layanan konsultasi dan coaching, untuk tujuan tour, study, menetap sebagai pasangan atau berkarir ke Jerman. Gratis! (Kunjungi: Mina Mulia).

Yuk! Ikutan dengan program ini :

  • Ausbildung (Sekolah profesi sambil bekerja di Jerman)
  • Relawan (FSJ, BFD)
  • Profesional ( Bekerja di bidang IT, Engineer, Tenaga Medis (Perawat))
  • Ferienjob (Magang 3 bulan di Jerman)

Merasa sulit dengan persiapan bahasa Jerman di Indonesia? Ikuti Asrama Persiapan dan Budaya Bahasa Jerman di Indonesia sampai B2.

Hubungi Silahkan Hubungi +62 852-9864-9951 atau kunjungi website cv-gen.com

Kemudian, jika membutuhkan Jasa membuat CV atau ingin otomatis membuat CV gratis ke PDF dari Website, langsung saja ke Resume CVGEN.

Yuk, Ikutan Grup dan Komunitas Indonesia di Jerman


Kabar gembira untuk Anda yang mungkin ingin mencari koneksi, teman atau informasi-informasi lainnya seputar Jerman, nih. Anda bisa gabung di sini :

Ingin Menikmati Weekend Seru dan Unik di Jerman?

Berikut rekomendasi keren tempat dan pesan tiket transportasi di Jerman :